img_title
Foto :

IntipSeleb – Bagi pemilik truk, perawatan agar kendaraannya tetap prima memang terbilang susah-susah gampang. Berbeda dengan fungsi kendaraan biasa, truk biasanya banyak digunakan untuk bisnis logistik, konstruksi, perkebunan, dan jenis muatan berat lainnya.

Namun soal perawatan, sama halnya seperti kendaraan bermotor lainnya mesin kendaraan truk pun harus dirawat dengan perlakuan khusus supaya tetap awet dan selalu dalam kondisi prima.

Hanya saja mengingat load pekerjaan truk yang tidak ringan dan cenderung berat, maka perawatan truk merupakan hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kesalahan dalam hal perawatan malah akan mengakibatkan mesin cepat rusak dan pada akhirnya menambah biaya pengeluaran perbaikan yang tak sedikit.

Untuk menghindari kesalahan dalam merawat truk dan kerusakan mesin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa tips merawat mesin truk supaya awet dan tetap memberikan performa terbaiknya, seperti dirangkum dari typestrucks.com.

1. Perhatikan masa perawatan secara periodik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah masa perawatan truk itu sendiri. Semua truk memiliki periode atau masa perawatan. Misalnya, truk yang telah beroperasi dengan jarak 10 ribu kilometer harus ada perawatan berkala dengan mengganti filter udara atau pelumas pada jarak 20 ribu kilometer.

Topik Terkait