• Maudy Ayunda dan BJ Habibie

IntipSeleb – BJ Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia, menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 11 September 2019 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Kepergian Habibie untuk selama-lamanya ini memberikan duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk aktris Maudy Ayunda.

Wanita bernama lengkap Ayunda Faza Maudya itu sempat beberapa kali bertemu langsung dengan Habibie. Seperti diketahui, Maudy didaulat untuk menghidupkan tokoh Ainun dalam film Habibie & Ainun 3 yang dijadwalkan tayang Desember 2019 mendatang. Film tersebut akan menceritakan masa-masa remaja Ainun saat menempuh pendidikan kedokterannya.

Ungkapan bela sungkawa disampaikan Maudy melalui sebuah postingan di akun Instagram pribadinya @maudyayunda. Aktris sekaligus penyanyi ini mengunggah potret dirinya yang berdiri di samping Habibie, diikuti dengan video singkat tanpa suara, yang memperlihatkan keakraban keduanya bercengkrama bersama. 

Sosok Kakek yang Diidam-idamkan oleh Maudy

Maudy Ayunda dan BJ Habibie
Sumber Foto: @habibieainunmovie/Instagram

“Aku tidak bisa berkata-kata,” tulis Maudy Ayunda dalam keterangan fotonya menggunakan bahasa Inggris, seperti dilihat IntipSeleb pada Kamis, 12 September 2019.

Bagi pelantun Kamu & Kenangan ini, Habibie adalah sosok yang sangat ia idolakan. Bahkan, ia menyebut Eyang Habibie, sapaan akrabnya, sebagai figur seorang kakek yang diidam-idamkan sejak lama. Meskipun tidak sering tatap muka, Maudy menghargai segala momen yang telah mereka habiskan bersama.

“Dan aku menghargai setiap momen yang kami miliki bersama,” tulisnya melanjutkan. 

Habibie Tidak Bisa Menonton Film Habibie & Ainun 3 

Maudy Ayunda dan Hasri Ainun Besari
Ainun & Maudy Ayunda (Sumber Foto: @habibieainunmovie/Instagram)

Hal lain yang sangat disayangkan atas kepergian putra kebanggaan Indonesia ini adalah beliau tidak bisa menonton langsung film Habibie & Ainun 3, yang mana Maudy menjelma menjadi sosok Ainun. 

Memerankan sosok Ainun tentu menjadi momentum yang sangat membanggakan bagi Maudy. Dalam beberapa kesempatan, Habibie sendiri yang mengakui bahwa Maudy adalah satu-satunya sosok yang cocok memerankan Ainun. Mengingat hal tersebut, membuat wanita 24 tahun itu sangat sedih.

“Sedih banget Eyang belum sempat nonton film Ainun… pengin banget nunjukin usaha aku untuk menjadi ibu Ainun seperti yang selalu Eyang ceritakan,” tulisnya. 

Akan Selalu Mengenang Habibie

Maudy Ayunda dan BJ Habibie
Sumber Foto: @habibieainunmovie/Instagram

Sama seperti semua orang, bagi Maudy sekalipun, cerita inspiratif dari sosok Habibie akan selalu dikenang olehnya, “Selamat jalan Eyang… (aku) tahu bahwa perjalananmu, ceritamu, dan usahamu akan sangat dirindukan dan sangat dihargai oleh saya dan semua orang di Indonesia,” tutupnya.

Maudy Ayunda Sedang di Amerika Serikat

Maudy Ayunda dan BJ Habibie
Sumber Foto: @maudyayunda/Instagram

Kini, Maudy Ayunda tengah berada di Amerika Serikat untuk memulai program S2-nya di Stanford University. Hingga saat ini, masih belum diketahui kapan Maudy akan berkunjung ke makam Habibie yang rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis, 12 September 2019.