• Nadin Amizah

IntipSeleb – Nadin Amizah baru saja mengalami penipuan transaksi jual beli secara online. Penyanyi yang juga mantan pacar Julian Jacob ini membagikan pengalamannya lewat akun Instagram @cakecaine pada Jumat, 13 September 2019.

Nadin memberitahu kepada followers-nya agar berhati-hati dengan pemilik akun @braga.street di Instagram. Pemilik akun tersebut menjual kamera seolah-olah memang punya toko fisik di Bandung. Nadin Amizah baru sadar telah ditipu setelah si penjual mengirimkan nomor resi palsu. Bahkan akun Instagramnya juga di-block!

Berikut kronologinya agar kita semua hati-hati agar tidak mengalami hal serupa.

Beli kamera Leica Minilux Zoom

Nadin membeli kamera Leica Minilux Zoom seharga Rp6 juta. Ia awalnya merasa yakin karena si penjual sangat terlihat profesional baik dari akun Instagram maupun pelayanan. Apalagi, kondisi kamera yang dijual juga dijanjikan mulus 100%, sebagai pecinta fotografi Nadin langsung beli tanpa pikir panjang.

“Saya sebagai orang yang dari lama nyari kamera ini luluh dengan embel embel 100% mulus, ditambah buru-buru untuk kepentingan ulang tahun orang lain, jadi saat si aa bilang barang ready dan bisa dikirim sore itu juga, saya langsung tanpa ba bi bu dan bertanya banyak,” ujarnya.

Nadin sempat kepikiran karena belum pernah mengunjungi toko fisiknya di Bandung. Meski begitu, ia tetap mentransfer uang beserta biaya kirim dan berdoa agar si penjual memang serius.

Dikirimi resi palsu

Penjual terlihat sangat meyakinkan bahkan sampai mengirimkan foto packaging beserta nomor resi jasa pengiriman barang. “Kalau sudah sampai tolong dicek dan diinfokan ke saya yah,” ujar penjual beserta foto packaging yang begitu meyakinkan.

Barang yang seharusnya diterima maksimal Kamis, 12 September 2019 belum datang juga. Hingga akhirnya Jumat subuh Nadin baru mengecek nomor resi untuk mengetahui status pengiriman barang. Sialnya, resi tersebut ternyata palsu.

“Saya bolak balik masttin resi yang saya cek ke website cekresi benar, enggak salah ketik, tapi nihil. Di semua system tertulis bahwa resi saya not found. Saya masih nenangin diri dengan bilang enggak apa-apa, kita tanya aja yuk ke aa nya, minta dibantu. Dan ternyata Aing di block!”

Ada korban lain

Ternyata bukan cuma Nadin Amizah yang kena tipu oleh penjual tersebut. Shenina Cinnamon, aktris dan juga mantan pacar Jefri Nichol mengaku mengalami hal yang sama. Diketahui, Shenina dan Jefri Nichol memang sama-sama pecinta fotografi.

“Aku juga ditipu sama dia!” ungkap Shenina dalam kolom komentar.

Banyak yang menyarankan agar Nadin melapor ke bank agar nomor rekening si penjual dibekukan. Adapun nomor rekening tersebut menggunakan bank BCA 8691538486 atas nama Nana Yudiana. Nadin berharap tidak ada korban lainnya.