img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb Lokal – Selain memiliki kisah yang menarik mengenai sepak terjang di dunia bisnis, keluarga Tanoto juga dikenal memiliki track record yang panjang dalam dunia filantropi.

Melalui Tanoto Foundation, keluarga Tanoto memiliki banyak program dalam upaya membantu pemerintah menangani Covid-19 di Indonesia. Simak selengkapnya berikut ini.

Keluarga Tanoto Melalui Tanoto Foundation Sewa Private Jet

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Dikutip dari buku “COVID-19, Merekam Jejak Perjalanan Indonesia Bangkit dari Serangan COVID-19”, yang diterbitkan Penerbit Buku KOMPAS (Januari 2023), pada awal serangan COVID-19, terjadi kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, maupun baju pelindung, khususnya untuk tenaga kesehatan (nakes). Akibatnya, pada saat itu, banyak nakes yang tertular dan ikut menjadi korban saat merawat pasien COVID-19.

Minimnya pasokan APD produksi lokal membuat banyak negara kemudian berebut membeli APD ke Tiongkok (China) yang merupakan produsen terbesar APD di dunia. Tingginya permintaan APD saat itu membuat harga melonjak hingga 7 kali lipat. Apalagi, di Tiongkok sendiri, kebutuhan APD juga sedang tinggi-tingginya. Sehingga, selain harganya yang melonjak, APD juga susah didapat karena harus berebut dengan berbagai lembaga lain.

Berkat kegigihan akhirnya mampu mendapatkam 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 100 ribu baju pelindung, dan 3.000 kacamata pelindung. Namun, masalah muncul karena pada saat itu penerbangan internasional dari China ke Indonesia sudah ditutup untuk meredam penyebaran COVID-19. Padahal, APD itu harus dikirim secepatnya ke Indonesia agar bisa digunakan nakes untuk melindungi diri saat merawat pasien COVID-19.

Topik Terkait