img_title
Foto : Instagram/kaesangp

Jakarta Kaesang Pangarep baru-baru ini menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Pasalnya, saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Istana, dia berpakaian baju adat suku Minahasa, Sulawesi Utara.

Bahkan, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu terpilih sebagai juara ke-4 kostum adat terbaik. Usut punya usut, terdapat 3 simbol makna baju adat yang dikenakannya. Hal tersebut diungkap langsung oleh sang istri, Erina Gudono. Yuk intip!

Makna Baju Adat yang Dipakai Kaesang Pangarep

Instagram/erinagudono
Foto : Instagram/erinagudono

Dilansir dari unggahannya, Erina Gudono awalnya menjelaskan makna baju adat tersebut bernama Kawasaran Minahasa. Ditulisnya, Kawasaran Minahasa merupakan tradisi leluhur Suku Minahasa, Sulawesi Utara dan tarian Ksatria Minahasa yang disebut Waraney.

Kawasaran adalah pakaian yang digunakan para penari tarian kabasaran adat Minahasa. Mulanya, Kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau.

"Kawasaran 'Kawak' yang berarti 'melindungi', dan 'asaran' artinya 'sama atau berlaku seperti', artinya Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan," tulis Erina Gudono, dikutip Intipseleb dari akun Instagramnya, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Topik Terkait