img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb Film Fim horror Indonesia di tahun 2023 tampaknya tengah subur dengan banyaknya judul-judul baru. Tak dapat dipungkiri, genre film yang satu ini masih banyak digemari dan membuat para sineas film berlomba-lomba mempersembahkan film horror terbaik mereka.

Di sepanjang tahun 2023 ke belakang, tercatat beberapa film horor Indonesia yang tayang di bioskop Tanah Air dan beberapa menayangkan perdana secara online di Netflix. Apa saja? Yuk intip satu per satu!

1. Puisi Cinta yang Membunuh

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Di awal tahun, Starvision menayangkan secara perdana film horror mereka berjudul Puisi Cinta yang Membunuh. Lalu pada Mei 2023, mereka memutarkan juga di Netflix.

- Tanggal rilis: 5 Januari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Adriyanto Dewo
- Produser: Perlita Desiani
- Pemeran: Mawar Eva de Jongh, Baskara Mahendra, Raihaanun, Morgan Oey, Ayu Laksmi, Messi Gusti, Kelly Tandiono, Unique Priscilla, Imelda Therinne dan masih banyak lagi.
- Sinopsis:
Film horror ini menceritakan tentang seseorang yang bernama Ranum, ia tipikal orang sangat mudah tertipu oleh rayuan dan kata-kata manis dari setiap lelaki. Parahnya, laki-laki tersebut kebanyakan mengkhianati Ranum dengan kejam.

Awalnya film initerlihat seperti genre drama romantis, namun faktanya ada cerita yang cukup mengerikan dibalik film ini. Misalnya terbunuhnya banyak pria yang telah mengkhianati Ranum dengan cara tidak wajar dan sadis.

- Rating IMDb: 5/10

2. Alena Anak Ratu Iblis

Istimewa
Foto : Istimewa

Rumah produksi Arjuna Mega Film meluncurkan film perdananya yang berjudul Alena Anak Ratu Iblis di awal tahun 2023.

- Tanggal rilis: 5 Januari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Sonu S.
- Produser: Sonu S. Sonya S. Tony Ramesh Shalu T.
- Pemeran: Ciara Brosnan Ririn Ekawati Karenina Wulan Guritno Temmy Rahadi Ali Zainal Jerico Gawtama Elise Brosnan.
- Sinopsis:
Film horror yang satu ini bercerita mengenai sepasang suami istri yang sudah lama menikah tetapi sulit untuk mendapatkan buah hati. Hingga suatu hari, kedua pasangan ini menemukan seorang anak kecil dan memilih mengadopsi.

Mereka berdua awalnya bahagia setelah mengadopsi anak kecil tersebut dengan semakin suksesnya usaha yang mereka jalankan hingga dikaruniai seorang anak. Namun, kebahagiaan yang mereka dapatkan tidaklah lama, sampai seketika kejadian misterius justru datang menghantui dan membuat pasangan suami istri ini terganggu.

- Rating IMDb: 3.9/10

3. Anak Titipan Setan

Instagram/@anaktitipansetan.movie
Foto : Instagram/@anaktitipansetan.movie

Film horror yang menyajikan Gisella Anastasia sebagai salah satu pemerannya diproduksi dengan dibiayai oleh negara melalui Perum Produksi Film Negara (PFN).

- Tanggal rilis: 12 Januari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Erwin Arnada
- Produser: Erwin Arnada
- Pemeran: Gisella Anastasia, Ingrid Widjanarko, Annisa Hertami, Nano Asmorodono, ErnantoKusumo, Ibnu Gundul.
- Sinopsis:
Film berlatar 1980 hingga 1990-an ini bercerita tentang seorang juragan batik yang ingin sekali sukses dengan cara yang salah melalui pesugihan atau bersekutu dengan setan. Eyang Susana membuat perjanjian pemberian dengan setan bernama 'Jaran Penoleh' dan membuatnya harus menyiapkan tumbal berupa anak berusia 10 tahun kepada setan.

- Rating IMDb: 5.5/10

4. Hidayah

Instagram/filmhidayah
Foto : Instagram/filmhidayah

Film produksi Pichouse Films mempersembahkan kisah horror yang diangkat dari sinetron ternama yakni Hidayah.

- Tanggal rilis: 12 Januari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Monty Tiwa
- Produser: Gope T. Samtani
- Pemeran: Ajil Ditto, Givina Lukita, Alif Joerg, Khiva Iskak, Unique Priscilla, Dewi Yull, dan Joshua Pandelaki.
- Sinopsis:
Film horror ini bercerita tentang Bahri, pemuda yang tinggal di Desa Mekarsari. Suatu hari, Bahri menyadari ada yang tidak beres di Desa Mekarsari. Karena penasaran, ia pun mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di desa tempat tinggalnya.

Bahri menemukan Ratna, yang kesakitan akibat suatu penyakit parah tapi tak juga menemui ajalnya. Karena itu Ratna selalu merasakan kesakitan hingga berteriak. Teriakan Ratna itu selalu menghantui keheningan desa setiap malam.

Desa itu juga diganggu dengan makhluk gaib yang menghantui warga. Sampai akhirnya, Ratna ditemukan meninggal dunia akibat kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Namun, Bahri dituntut untuk bertanggung jawab atas semua masalah yang terjadi.

- Rating IMDb: 6.9/10

5. Bayi Ajaib

YouTube/ Falcon
Foto : YouTube/ Falcon

Rumah produksi Falcon Black sudah merilis teaser trailer film Bayi Ajaib sejak Desember 2022. Film ini merupakan remake dari Legenda film horor Indonesia, Bayi Ajaib. Film ini sudah tayang di Netflix sejak Mei 2023.

- Tanggal rilis: 19 Januari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Rako Prijanto
- Produser: Frederica
- Pemeran: Vino G. Bastian, Adipati Dolken, Desy Ratnasari, Teuku Rifnu Wikana, Sara Fajira.
- Sinopsis:
Film Bayi Ajaib bercerita soal berkisah tentang kuburan keramat yang dijadikan tempat ritual pesugihan oleh warga desa. Kosim, menjadi kaya mendadak setelah menemukan emas di sungai desa Hirupbagja. Dia segera menikahi Sumi dan hidup makmur sebagai juragan tanah.

Namun, saat anak mereka lahir, Didi, jiwanya sudah dirasuki arwah Albert Dominique, yang haus darah dan meneror warga desa. Kosim berusaha menutupi kenyataan ini karena dia sedang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa yang baru. Dia harus bisa mengalahkan Soleh yang sudah mendapatkan simpati dari warga desa.

Sayang, arwah tersebut justru mengancam kehidupan keluarganya, Kosim memutuskan untuk membebaskan Didi dari jeratan pengaruh Albert Dominique.

- Rating IMDb: 5.2/10

6. Mangkujiwo 2

Istimewa
Foto : Istimewa

Selang dua tahun dari film pertamanya yang diproduksi tahun 2020, Rumah Produksi MVP Pictures kembali lagi menayangkan sekuelnya, Mangkujiwo 2.

- Tanggal rilis: 26 Januari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Azhar Kinoi Lubis
- Produser: Raam Punjabi
- Pemeran: Sujiwo Tejo, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, dan Djenar Maesa Ayu.
- Sinopsis:
Film ini berkisah tentang Asha seorang perawat baru saja kehilangan ibunya yang meninggal dunia. Ia lantas mengambil tugas sebagai perawat di rumah pasien lanjut usia bernama Ismail, yang menderita penyakit misterius. Namun semenjak menjalani pekerjaan itu, Asha perlahan terusik dengan teror gaib dan kerap mendengar suara bisikan arwah ibunya.

Demi mengungkap misteri yang dihadapi, Asha meminta bantuan temannya, Rama. Tanpa disadari, nasib Asha dan Rama berada di ujung tanduk karena terjebak dalam ritual sesat pengikut Kajiman, sosok iblis terkejam yang disembah dengan mantra Jawa melalui pesugihan.

- Rating IMDb: 7.3/10

7. Waktu Maghrib

Ist
Foto : Ist

Film horror Waktu Maghrib sudah menyajikan suasana mencekam sejak menayangkan secara perdana trailernya pada Januari 2023.

- Tanggal rilis: 9 Februari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Sidharta Tata
- Produser: Gope T. Samtani
- Pemeran: Ali Fikry, Bima Sena, Nafiza Fatia Rani Ayu, Andri Mashadi, Aulia Sarah, Taskya Namya, Sadana Agung, Muhammad Abe, Sulis Kusuma, Nasarius, Bambang Paningron, dan Bebe Gracia.
- Sinopsis:
Film Waktu Magrib bercerita tentang Adi dan Saman yang sering dihukum oleh Bu Woro, guru mereka yang disiplin dan galak. Suatu hari, kekesalan Adi dan Saman terhadap Bu Woro memuncak.

Mereka menyumpahi guru itu bersamaan dengan berkumandangnya adzan Magrib. Sejak itu, Adi dan Saman mengalami teror supernatural yang mengerikan. Ayu menduga ada kekuatan jahat yang lebih menakutkan di balik rentetan kejadian ini.

- Rating IMDb: 6/10

8. Para Betina Pengikut Iblis

Falcon Black
Foto : Falcon Black

Film ini menyajikan banyak sekali adegan sadis dan kejam hingga mengeluarkan banyak darah sehingga mendapat rating tontonan 21+. Falcon Black menayangkan perdana secara online di Netflix sejak Juni 2023.

- Tanggal rilis: 16 Februari 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Rako Prijanto
- Produser: Frederica
- Pemeran: Mawar Eva de Jongh, Hanggini, Sara Fajira, Adipati Dolken, Hans De Kraker, Gusti Rayhan.
- Sinopsis:
Film horror yang satu ini menceritakan tentang 3 sosok perempuan yang rela menggadaikan dirinya bersekutu dengan iblis. Hal itu dilakukan oleh ketiganya hanya sekedar untuk membalaskan dendam.

Sumi yang tinggal seorang diri, harus mengurus ayahnya yang sakit. Untuk membiayai hidupnya, ia berjualan Gulai dari daging manusia.

Sementara itu, Sari kembali menjadi dukun santet karena adiknya dibunuh dan mayatnya hilang dari kuburan. Dengan penuh dendam, Sari meneror warga kampung. Demi bertahan, para wanita ini pun bersekutu dengan iblis.

- Rating IMDb: 4.2/10

9. Iblis dalam Darah

Vidio.com
Foto : Vidio.com

Selain di Indonesia, Helroad Production juga memutarkan film horror ini di Malaysia, Brunei, dan Singapura pada 20 April 2023, serta di Kamboja dan Vietnam 24 April 2023.

- Tanggal rilis: 16 Maret 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Yannie Sukarya
- Produser: Helfi Kardit, Roberto Rodríguez
- Pemeran: Michelle Joan, Ryaas Randa, Cut Ashifa Al’ar, Soraya Rasyid
- Sinopsis:
Film ini bercerita tentang Haruni yang tubuhnya dirasuki Iblis. Seperti ada yang menyerang dan menggerakan dari dalam, selain kesakitan Haruni juga cenderung menyakiti dirinya.

Seorang dokter muda ahli mata dan religius bernama Ahmad mendengar cerita mengerikan ini dari orang tua Haruni. Adik Haruni bernama Hanum sedang menjalani pengobatan mata dengan dokter Ahmad. Ahmad mulai melakukan pengobatan pada Haruni, hingga Ahmad mempunyai kesimpulan hubungan Haruni dengan sebuah kasus orang bunuh diri.

Ahmad dengan seorang temannya polisi membantu masalah yang di hadapi Haruni, mencari data orang bunuh diri dan mengusir roh jahat itu dari tubuh Haruni.

- Rating IMDb: 6/10

10. Khanzab

Istimewa
Foto : Istimewa

Di bulan Ramadan kemarin, rumah produksi Dee Company menayangkan perdana film Khanzab. Khanzab sendiri memiliki arti sentan yang menganggu manusia ketika sedang solat. Berangkat dari masalah kehidupan sehari-hari, film ini menyajikan sentuhan mencekam.

- Tanggal rilis: 19 April 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Anggy Umbara
- Produser: Dheeraj Kalwani
- Pemeran: Yassamin Jasem, Tika Bravani, dan Arswendy Beningswara Nasution.
- Sinopsis:
Film Khanzab menceritakan kisah Rahayu yang secara tidak sengaja menyaksikan ayahnya dipenggal dan menjadi salah satu korban pembantaian dukun santet pada tahun 1998 oleh para ninja. Bersama Ibu tiri dan adiknya, Rahayu meninggalkan Banyuwangi dan kembali ke rumah masa kecilnya di Jetis.

Namun, karena latar belakang keluarganya dan profesi sang ayah membuat Rahayu dikucilkan. Dia dianggap sebagai keluarga dari dukun santet. Tidak menanggapi hal itu, Rahayu berusaha rajin solat untuk meringankan beban hatinya. Namun, ketika solat di sebuah musolah, ia justru diganggu oleh sosok astral Khanzab. Bisakah Rahayu tetap mempertahankan keimanannya?

- Rating IMDb: 4.9/10

11. Sewu Dino

Instagram.com
Foto : Instagram.com

Film Sewu Dino diadaptasi dari cerita viral karya @Simpleman. MD Pictures secara resmi menayangkan perdana film ini jelang lebaran 2023.

- Tanggal rilis: 19 April 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Kimo Stamboel
- Produser: Manoj Punjabi
- Pemeran: Marthino Lio, Karina Suwandhi, Rio Dewanto, Pritt Timothy.
- Sinopsis:
Film horor ini menceritakan Karsa Atmojo yang berusaha menyelamatkan cucu perempuannya, Della Atmojo, yang terkena santet bernama sewu dino. Jenis santet kuno ini sangat berbahaya, di mana selama 1000 hari korbannya akan disiksa dan jika di hari ke-1000 ia tidak bisa diselamatkan, maka nyawanya akan melayang.

Tinggal beberapa hari lagi sebelum Della kehilangan nyawanya, untuk menyelamatkan sang cucu, Karsa mencari beberapa gadis kliwon yang nantinya akan berbagi rasa sakit dengan cucunya. Ada tiga gadis yang dipekerjakan oleh Karsa, Erna, Dini dan Sri.

Sri berbeda dengan gadis lainnya, ia satu-satunya gadis yang bisa masuk ke alam sukma tempat sukma Della dikurung. Tapi usaha Sri untuk menyelamatkan Della tidak semudah itu. Ia hampir meregang nyawa, karena berhadapan dengan si pengirim santet.

- Rating IMDb: 4.9/10

12. Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji

Ist
Foto : Ist

Film horror Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji menyajikan sebuah cerita pesugihan yang cukup banyak ditemukan dalam budaya Jawa.

- Tanggal rilis: 18 Mei 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Adriyanto Dewo
- Produser: Perlita Desiani
- Pemeran: Aghniny Haque, Jourdy Pranata, Ully Triani, aktor asal Malaysia Dzuhrie Alaudin, Mina Tiara hingga Tio Pakusadewo.
- Sinopsis:
Film ini berkisah tentang Asha seorang perawat baru saja kehilangan ibunya yang meninggal dunia. Ia lantas mengambil tugas sebagai perawat di rumah pasien lanjut usia bernama Ismail, yang menderita penyakit misterius. Namun semenjak menjalani pekerjaan itu, Asha perlahan terusik dengan teror gaib dan kerap mendengar suara bisikan arwah ibunya.

Demi mengungkap misteri yang dihadapi, Asha meminta bantuan temannya, Rama. Tanpa disadari, nasib Asha dan Rama berada di ujung tanduk karena terjebak dalam ritual sesat pengikut Kajiman, sosok iblis terkejam yang disembah dengan mantra Jawa melalui pesugihan.

- Rating IMDb: 6.9/10

13. Kutukan Sembilan Setan

Istimewa
Foto : Istimewa

Film Kutukan Sembilan Setan menampilkan alur menarik karena diangkat dari kisah nyata.

- Tanggal rilis: 8 Juni 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Arie Azis
- Produser: Agustinus Sitorus
- Pemeran: Fandy Christian, Joshua Suherman, Ajil Ditto, Frislly Herlind, Denira Wiraguna, Karenina Anderson, Egi Fedly, Geraldy Kreckhoff, Eric Van Loon, Brooklyn Alif Rea.
- Sinopsis:
Film horor ini menceritakan tentang lima orang sahabat yang tengah menjalani liburan bersama. Kelimanya antara lain Verdy, Lia, Devon, Miko, dan Sarah. Mereka sepakat untuk berlibur menuju Gunung Bromo. Liburan yang beberapa kali sempat tertunda akhirnya terlaksana juga. Namun naas, saat tiba di lokasi penginapan, ada diganggu oleh makhluk tak kasat mata. Beberapa adegan mencekam pun muncul.

- Rating IMDb: 4.8/10

14. Sosok Ketiga

Istimewa
Foto : Istimewa

Saat memutarkan khusus film Sosok Ketiga pada 12 Juni 2023, para pemain sempat mengatakan bahwa dalam proses syuting, film ini diwarnai dengan aksi-aksi mistis dan menegangkan. Bahkan, salah satu pemain, Erika Carlina mengaku sempat ‘ketempelan’ makhluk halus.

- Tanggal rilis: 22 Juni 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Dedy Mercy
- Produser: Agung Saputra
- Pemeran: Celine Evangelista, Erika Carlina, Samuel Rizal, Marshel Widianto, Donny Alamsyah, Doni Roewina Umboh, Dewi Irawan, Nunu Datau.
- Sinopsis:
Sosok Ketiga menceritakan kejadian mistis yang terjadi dalam sebuah rumah tangga yang menjalankan sebuah hubungan pernikahan poligami. Yuni dan Nuri, dua orang sahabat yang telah bertukar janji untuk tidak merebut pasangan sahabatnya.

Namun Yuni mengingkari janji itu dengan melakukan ritual pelet untuk mendapatkan hati Anton, suami Nuri. Akibatnya, Anton pun jatuh hati, karena sering keguguran, akhirnya Nuri memberi izin kepada Anton untuk menikahi Yuni asalkan Anton bersikap adil.

Sayangnya, Anton justru tak mampu bersikap adil hingga membuat hati dan mental Yuni sakit. Ditambah lagi, adanya gangguan dari hal ghaib yang membuat hidupnya menjadi penuh terror.

- Rating IMDb: 7.5/10

15. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

Instagram.com
Foto : Instagram.com

Soraya Intercine Films resmi meluncurkan Pre Release trailer film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon pada 27 Juli 2023 kemarin. Film ini menayangkan akting terbaik seorang Luna Maya, yang diakui sendiri oleh Tiyo Pakusadewo selaku lawan mainnya.

- Tanggal rilis: 3 Agustus 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Guntur Soeharjanto
- Produser: Sunil Soraya
- Pemeran: Luna Maya, Achmad Megantara, Tio Pakusadewo, Sally Marcellina, Taskya Namya, Adi Bing Slamet, Opie Kumis, Ence Bagus, Clift Sangra.
- Sinopsis:
Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon bercerita tentang perjodohan Suzzanna dengan penguasa desa bernama Raden Aryo. Hal ini terjadi karena kedua orang tua Suzzanna terlilit utang dalam jumlah yang sangat besar hingga ia menjadi tumbalnya.

Padahal, saat itu Suzzanna masih memiliki kekasih bernama Surya dan Raden Aryo pun memiliki istri bernama Minarti. Diam-diam rupanya Minarti bermain licik dengan cara pergi ke dukun. Akibatnya, di malam Jumat Kliwon, hari di mana Suzzanna melahirkan, sesuatu mengerikan terjadi. Bayi yang dikandungnya harus lahir dengan cara menembus punggungnya.

Kematian Suzzanna ini membuatnya menjadi sundel bolong yang mengerikan. Suzzanna jadi hantu yang mencekam musuh-musuhnya dengan ketakutan dan mengambil kembali anaknya.

- Rating IMDb: 6.10/10

16. Primbon

Istimewa
Foto : Istimewa

Rumah produksi Cakra Film, Maxima Pictures, dan Rudi Soedjarwo mempersembahkan film horor yang mengangkat tema klasik khas masayarakat Jawa yakni Primbon.

- Tanggal rilis: 10 Agustus 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Rudi Soedjarwo
- Produser: Enden Kartawijaya dan Yoen K.
- Pemeran: Happy Salma, Nugie, Flavio Zaviera, Chicco Kurniawan, Azela Putri, Jajang C Noer, Oppie Andaresta, Septian Dwi Cahyo, Seroja Hafiedz.
- Sinopsis:
Film ini menceritakan Rana dan sahabatnya Janu yang melakukan pendakian gunung di tengah cuaca tidak baik. Di tengah hutan lebat, mereka terpisah dan tersesat. Janu beruntung dapat kembali ke rumah akhirnya. Tapi tidak dengan Rana.

Pencarian besar-besaran pun dilakukan. Rana tidak ditemukan. Seminggu sudah berlalu. Keluarga besar Rana memutuskan untuk mengadakan tahlilan. Rana dianggap tidak mungkin selamat dan sudah pasti tewas di tengah hutan yang rimbun.

Dini tidak bisa menerima itu. Sebagai seorang Ibu, Dini tidak mau begitu saja menyerah dan tetap percaya putrinya Rana masih hidup. Benar saja. Seusai tahlilan, Rana pulang di tengah deras hujan. Dini, suaminya Banyu (Nugie) dan si bungsu Tari (Azela Putri) menyambut gembira kepulangan Rana. Tapi tidak dengan keluarga besarnya.

Mereka yang hidup dengan mengandalkan primbon sebagai pegangan, percaya bahwa Rana yang kembali ini bukanlah manusia. Konflik pun tidak terhindarkan dengan Dini yang percaya bahwa yang pulang ini memang putrinya Rana. Hanya ada satu cara membuktikannya, dengan diruwat.

- Rating IMDb: 6.6/10

17. Lantai 4

IntipSeleb/@lantai4_movie
Foto : IntipSeleb/@lantai4_movie

Fim horror Indonesia, Lantai 4 menjadi salah satu yang cukup dinantikan karena menyajikan cerita yang menarik dan menampilkan banyak aktor aktris ternama.

- Tanggal rilis: 17 Agustus 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: FX. Purnomo, Wahyu Nugroho
- Produser: Mohammad Galih Nur Alam, F. X. Purnomo
- Pemeran: Yuki Kato, Tyo Pakoesadewo, Ingrid Widjanarko, Ruth Marini, Aqila Nathaya, Nyimas Faza
- Sinopsis:
Film 'Lantai 4' mengisahkan tentang keluarga Jonathan yang diharuskan pindah rumah karena masalah ekonomi. Ia mengajak istri beserta kedua anaknya untuk tinggal di lantai empat apartemen Flamboyan yang pernah dihuni oleh wanita tua bernama Oma Lie.

Sang istri Julia dan kedua putrinya Laura dan Citra tak setuju pindah ke apartemen tersebut. Namun, mereka harus tinggal di sana karena tidak ada pilihan lain. Segera setelah Jonathan dan keluarganya pindah ke sana, hal-hal aneh mulai terjadi.

- Rating IMDb: 4.3/10

18. Susuk: Kutukan Kecantikan

Youtube.com
Foto : Youtube.com

Visinema Pictures berkolaborasi dengan rumah produksi GoodWork mempersembahkan film horor terbaru mereka, 'Susuk: Kutukan Kecantikan’. Pada 28 Juli 2023, rumah produksi itu merilis trailer penuh yang ditayangkan di akun sosial media instagram @filmsusuk_ dan kanal youtube Goodwork Indonesia.

- Tanggal rilis: 31 Agustus 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Ginanti Rona
- Produser: Ridla An-Nuur S, Novi Hanabi
- Pemeran: Ersya Aurelia, Hanna Malasan, Jourdy Pranata, Elang El Gibran, Muhammad Khan, Izabel Jahja, Whani Dharmawan
- Sinopsis:
Film Susuk : Kutukan Kecantikan mengangkat kisah Laras, seorang PSK yang seharusnya tewas terbunuh oleh pelanggan yang tergila-gila padanya, ditolak oleh kematian, karena susuk yang tertanam di tubuhnya.

Kini nasib PSK tersebut ditentukan oleh kedua orang terdekatnya untuk mencari cara untuk menyembuhkan sang pemakai susuk dengan tubuh yang terus membusuk dan mulai menciptakan teror bagi orang di sekitarnya.

19. Siksa Neraka

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Film Siksa Neraka ini akan menyajikan kengerian dan keseraman suasana di dalamnya melalui efek CGI. Kira-kira, seperti apakah kisahnya?

- Tanggal rilis: 2023 (belum dirilis tanggal resminya)
- Genre: Horror
- Sutradara: Anggy Umbara
- Produser: Dheraaj Kalwani
- Pemeran: Ratu Sofya, Astri Nurdin, Ariyo Wahab, Ricky Fachrel, Nayla D Purnama, Kiesha Alvaro, hingga aktor senior Slamet Raharjo.
- Sinopsis:
Film ini menceritakan kisah orang-orang yang mendapatkan balasan penyiksaan di akhirat karena telah berperilaku buruk selama hidup di dunia. Semua dosa yang selama ini mereka tumpuk dan abaikan, pada akhirnya akan menjadi bumerang di neraka.

Di dalam neraka, orang-orang dengan berbagai macam sifat dan keburukan itu akan disiksa dengan api yang panas. Tingkatan penyiksaan juga berbeda-beda sesuai dengan perbuatan yang mereka lakukan.

20. Si Manis Jembatan Ancol 2

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Film horror yang diangkat dari legenda si Manis Jembatan Ancol dijanjikan sudah bisa tayang beberapa bulan mendatang, tepatnya Desember 2023.

- Tanggal rilis: Desember 2023
- Genre: Horror
- Sutradara: Anggy Umbara
- Produser: Raam Punjabi
- Pemeran: Indah Permatasarii, Ozi Syahputra, Jameelah Saleem, Arief Didu, Siti Dewi Rahmawati, Cornelio Sunny.
- Sinopsis:
Di sekuel yang kedua, Maryam akan berada di panti asuhan Kampung Bahari Ancol. Panti asuhan milik Harun dan Rima tersebut tertimpa musibah yakni salah satu anak panti asuhan bernama Mira meninggal dunia.

Kematian Mira yang mendadak membuat sahabatnya yang bernama Nirmala syok dan terpukul. Kepergian Mira diduga ada kaitannya dengan teror hantu Maryam hingga Nirmala menyelediki hal tersebut.

Nirmala yang berhasil berkomunikasi dengan hantu Maryam menilai bukan Maryam pelakunya, justru ada kekuatan besar dan jahat yang ingin menguasai Kampung Bahari Ancol.

Itulah dia sejumlah menonton film horror Indonesia 2023 yang tayang di bioskop dan Netflix. Kamu mau nonton yang mana dulu nih? (rgs)

Topik Terkait