• Awkarin, Chandra Liow, Revina VT

IntipSeleb – Beberapa artis Tanah Air turut bergabung dalam demo mahasiswa di depan gedung DPR/MPR RI Selasa, 24 September 2019. Unjuk rasa untuk menolak RUU kontroversial, UU KPK dan RKUHP ini digagas oleh mahasiswa dari Jakarta dan sekitarnya. 

Tak hanya menyampaikan aspirasi agar pemerintah membatalkan sejumlah Revisi Undang-Undang, tapi juga telah mengeluarkan mosi tidak percaya terhadap DPR. Aksi ini menarik semua kalangan, mulai dari laki-laki hingga perempuan, berusia muda hingga tua, dari mahasiswa bahkan artis pun terjun langsung demi nama demokrasi. Berikut ulasan beberapa artis yang terjun langsung dalam aksi #tolakRUUKUHP.

Karin Novilda

Awkarin
Sumber: Instagram/@awkarin

Terkenal dengan kerendahan hati, Awkarin kembali menunjukkan rasa pedulinya terhadap negara ini. Ia membagikan 3000 kotak nasi kepada mahasiswa yang sedang berjuang menyampaikan aspirasi masyarakat. Ia juga meminta doa kepada warganet agar kegiatannya tersebut berjalan lancar.

Perjuangan banget mau nganterin 3000 nasi kotak buat kakak2 yg lg demo :”) Hari ini sepertinya semua kerjaanku harus dipost-pone (tunda) demi mengantarkan makanan untuk mereka yang sudah hebat dan lelah seharian dijalan. Doakan kami!” tulis @awkarin di akun twitter.

Tak hanya berbagi makanan kepada mahasiswa di DPR, Awkarin juga mendukung mereka yang sedang berjuang untuk hak wanita. Ia mengatakan bahwa seharusnya tidak hanya sekedar tunda RKUHP, hak wanita juga harus diperjuangkan. Dalam keterangan foto Instagram, Awkarin merasa hak-hak masyarakat diperkosa Negara.

Agenda hari ini di depan gedung DPR. Jangan sekedar tunda RKUHP, TOLAK DAN BATALKAN RKUHP. JANGAN BATASI RUANG GERAK WANITA. Tolong representasikan namamu itu wahai pejabat Dewan PERWAKILAN Rakyat. Mau jadi apa negara ini kalau YANG KAYA MAKIN KAYA, YANG MISKIN MAKIN MISKIN?
Buat yang cuma koar koar aksi demonstrasi tidak merubah keadaan, lalu kita harus bagaimana? Duduk manis dan diam ketika hak hak kita DIPERKOSA NEGARA?
” ujar Awkarin.

Baca Juga: Merasa Diperkosa, Awkarin Lakukan Aksi Heroik Saat Demo Mahasiwa

Chandra Liow

Chandra Liow
Sumber: Instagram/@chandraliow

Chandra Liow, seorang YouTuber dan aktor juga turut aksi dalam demo mahasiswa di depan gedung DPR/MPR RI. Sama halnya dengan Awkarin, Chandra mengenakan pakaian bernuansa hitam dilengkapi dengan syal merah putih. Momen demo bersama mahasiswa tersebut diabadikan cowok 25 tahun itu dalam Instagram stories @chandraliow. Ia juga berpesan kepada semua pihak yang terlibat untuk tetap kondusif. Dengan berlatar belakang mahasiswa, Chandra mengunggah foto bersama El profesor. 

"Line El Professor dari Money Heist: The Red Jumpsuit dan The Dali Mask akan jadi simbol "Resistance" di seluruh dunia. Dan hari ini gua menyaksikannya secara langsung. BELLA CIAO, BELLA CIAO, BELLA CIAO CIAO CIAO," tulis Chandra, Selasa, 24 September 2019.

Bersama dengan Andovi Da Lopez dan beberapa rekan lainnya, ia mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa atas perjuangannya. 

Terima kasih Mahasiswa atas perjuangan kalian. Kita mencoba yang terbaik untuk membantu sebisa mungkin. Semuanya, mohon lakukan apa yang kamu bisa sesuai jalanmu. #SemangatSemuanya #ReformasiDiKorupsi,” tuturnya dalam Instagram.

Andovi Da Lopez

Seorang aktor, komedian sekaligus personalia YouTube Andovi Da Lopez juga turut mengawal mahasiswa dalam demo Selasa kemarin. Ikut berjuang demi menolak RUU RKUHP tersebut, Andovi terlihat sangat bersemangat menyanyikan jargon #HatiHatiProvokasi dalam instagram stories @andovidalopez. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan rasa pedulinya dengan mengunggah informasi terkait posko evakuasi korban dalam instastory-nya. Ia juga mengunggah foto bersama mahasiswa lain dan meyarankan agar anak muda harus kreatif.

“Salah satu poster ter-JENIUS di aksi damai mahasiswa hari ini depan gedung DPR. Kita anak muda harus kreatif,” tulis Andovi dalam postingan instagram Selasa, 24 September 2019.

Jovial Da Lopez

Kalau ada Andovi, Jovial Da Lopez pasti terlihat juga disebelahnya. Merekam momen runtuhnya gerbang DPR dan penambakan gas air mata pertama, Jovi meminta mahasiswa untuk berhati-hati. Ia juga mengungkapkan perasaannya saat melakukan protest atas RUU KUHP dalam instagram pribadinya.

Jovi mengaku suka terhadap aksi mahasiswa kali ini. Seperti diketahui, ia tengah menjadi narasumber salah satu mahasiswa dan mengungkapkan pandangannya terhadap demo mahasiswa kali ini. Menurutnya, negara ini membutuhkan mahasiswa, kaum terpalajar untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Suka banget (aksi kali ini), karena jujur negara kita tuh berubah dari mahasiswanya, harus dari mahasiswanya. Siapa lagi, kaum terpelajar itu kalo kita lagi ditindas kaum terpelajar harus ngomong,” tuturnya dalam instagram stories @jovialdalopez.

Revina VT

Revita VT
Sumber: Instagram/@revinavt

Selebgram cantik @revinavt juga turut mengungkapkan pendapatnya atas apa yang tengah terjadi di negara ini. Mengenakan pakaian serba hitam dengan gaya rambut diikat satu, Revina menarik perhatian publik. Dari foto yang diunggahnya, cewek asal Surabaya ini mengungkapkan ambisinya bahwa foto tentang aksi #TundaRKUHP #HapusPasalNgawur juga bisa mendapatkan likes ratusan ribu.

Ia mengungkapkan rasa kecewa terhadap DPR atas tindakannya tersebut. Berpose sambil memegang poster, ia berpesan agar anak muda bisa mengkritik pemerintah dan tidak diam.

Gelandangan dipindana dena 1juta, YA KALO PUNYA SEJUTA MENDING MAKAN SAMA BAYAR SEKOLAH ANAK, BUNG! Sebar berita ini, baca draft RKUHP terburu. Kritik pemerintah sebentar lagi bisa dipidana, jangan mau diam,” tutur Revina VT.