img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb – Umat Islam hari ini merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penuh khidmat. Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, dalam kesempatan ini, menggarisbawahi betapa pentingnya momentum Maulid Nabi dalam mengingatkan kita akan nilai-nilai kebaikan dan kemanusiaan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Seperti apa pesan yang disampaikan oleh Menag? Yuk intip di bawah ini.

Menggali Hikmah dari Perjalanan Hidup Nabi

Istimewa
Foto : Istimewa

Menurut Menag Yaqut Cholil Qoumas, Rasulullah adalah contoh teladan dalam tutur kata dan perilaku. Beliau adalah inkarnasi kebaikan dan kemanusiaan yang luar biasa. Perayaan Maulid Nabi bukan hanya sekadar merayakan kelahiran Nabi, tetapi juga saat yang tepat untuk menggali hikmah dari perjalanan hidupnya serta belajar dari nilai-nilai kebaikan dan rasa kemanusiaan yang Rasulullah SAW wariskan kepada umat manusia.

"Rasulullah adalah teladan dalam bicara dan bersikap. Rasulullah menjadi contoh dalam kebaikan dan kemanusiaan. Maulid menjadi momentum kita bersama memahami perjalanan hidup, sekaligus belajar dari kebaikan dan rasa kemanusiaan Rasulullah,” ujar Menag di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Menurut Menag, salah satu contoh nyata dari kebaikan dan kemanusiaan Rasulullah terdokumentasi dalam dialog antara beliau dan istrinya, Siti Khadijah. Dialog ini terekam dalam hadits Sahih Bukhari, yang diwariskan melalui berbagai sumber terpercaya, termasuk Ibnu Syihab dan Urwah bin Az Zubair yang meriwayatkan dari Aisyah.

Topik Terkait