img_title
Foto : Istimewa

Jakarta – Teaser Film Kupu Kupu Kertas rilis di jejaring sosial YouTube. Sejak perilisan teaser tersebut, sudah ditonton 10 ribu penonton.

Selain Chicco Kurniawan dan Amanda Manopo, Kupu Kupu Kertas dibintangi pula oleh Iwa K, Reza Arap, Ayu Laksmi, Fajar Nugra, dan Seroja Hafiedz. Film ini juga disutradarai oleh Emil Heradi. Kupu Kupu Kertas merupakan produksi dari Denny Siregar Production dan Maxima Pictures. Penasaran? Langsung baca artikel di bawah ini.

Cerita Singkat Kupu Kupu Kertas

Istimewa
Foto : Istimewa

Film Kupu-Kupu Kertas merupakan salah satu film Indonesia yang terinspirasi dari peristiwa pemberontakan G30S PKI dan juga pembantaian pada 18 Oktober 1965. Memang, mirip dengan lagu karya Ebiet G. Ade, namun sinopsis Kupu-Kupu Kertas sendiri memang terinspirasi dari peristiwa aslinya, film ini akan mengupas banyak kisah tentang pemberontakan dan pembantaian yang dilakukan oleh salah satu partai di Indonesia pada saat itu.

Film Kupu-Kupu Kertas berlatar pada tahun 1965 di kota Banyuwangi, dimana pada saat itu Partai Komunis Indonesia (PKI) sedang memanas antar kubu saling cekcok berebut lahan. Di antara kebencian, dua remaja malah saling jatuh cinta; mereka adalah NING (Amanda Manopo), perempuan muda yang kuat pendirian dari keluarga kubu PKI, dan IHSAN (Chicco Kurniawan) pemuda berjiwa bebas dari kubu NU.

"Keadaan semakin panas ketika berita penculikan jenderal oleh simpatisan PKI mengudara. REKOSO (Iwa K), ayah Ning yang ketua bromocorah, dan BUSOK (Reza Arap), anak buah kesayangannya yang suka dengan Ning, makin tidak takut pertumpahan darah dalam berebut lahan. RASYID (Samo Rafael), kakak dari Ihsan dan ketua Banser NU, mau tidak mau harus menyerang untuk bertahan. Cekcok berubah adu bacok. Kekerasan berujung maut tidak bisa dihindari. Mampukah Ihsan dan Ning menemukan akhir bahagia di tengah luka yang semakin lama semakin dalam?," tulis dari YouTube CINEMA 21 tersebut, 3 Oktober 2023.

Topik Terkait