img_title
Foto : Freepik/pikisuperstar

IntipSeleb – Sejak pertama kali muncul di tengah masyarakat, metode pembayaran Cash On Delivery (COD) telah menjadi topik pembicaraan yang ramai, dengan cepat meningkat dalam popularitasnya dan menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia ketika berbelanja online.

Pada suatu waktu, baik pelaku e-commerce maupun platform belanja online lainnya mengadopsi metode pembayaran ini sebagai bagian dari strategi mereka untuk meningkatkan daya tarik. Yuk intip selengkapnya!

Kelebihan dan Kemudahan Pembayaran COD

Istimewa
Foto : Istimewa

Kelebihan yang ditawarkan melalui metode pembayaran ini utamanya adalah fleksibilitas dan kemudahan. Bagi sebagian besar masyarakat, metode dengan sistem membayar di tempat setelah paket diterima dipandang sebagai jawaban bagi individu yang masih khawatir untuk berbelanja online dan masih menjadikan uang tunai sebagai preferensi utama untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, COD juga menunjukkan pengaruhnya untuk mengatasi kelemahan dan menjangkau konsumen-konsumen yang ada di daerah pelosok dan jauh dari akses bank.

Hingga tahun 2023 pun metode pembayaran COD masih mempertahankan posisinya sebagai salah satu metode pembayaran utama favorit masyarakat. Mengacu pada paparan hasil survei Snapcart bertajuk ‘Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023’ dikatakan bahwa Menyediakan Metode Pembayaran COD merupakan 1 dari 4 faktor pertimbangan responden untuk memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadan, di mana setelah Gratis Ongkir (71%), Menyediakan Metode Pembayaran COD (37%) mengambil pengaruh cukup signifikan dalam pengalaman belanja online. Dari riset ini pun dinyatakan bahwa Shopee merupakan platform belanja online dengan metode pembayaran COD terbaik (60%), memimpin jauh dari pesaing platform e-commerce lainnya, Tokopedia (17%), TikTok Shop (12%) dan Lazada (9%).

Topik Terkait