img_title
Foto : Freepik.com

IntipSelebRadiasi hp atau ponsel seluler telah menjadi topik kontroversial selama bertahun-tahun. Beberapa orang merasa khawatir tentang dampak kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh radiasi ponsel, sementara yang lain menganggapnya sebagai hoaks.

Melansir dari tayangan YouTube Kata Dokter, artikel ini akan membahas fakta-fakta seputar radiasi hp dan membedakannya dari hoaks yang sering kali tersebar di masyarakat.

1. Main HP saat Isi Bensin Bisa Sebabkan Ledakan

main hp
Source: Viva

Selain karena adanya isu dari mulut ke mulut, informasi soal hp bisa menyebabkan ledakan juga diketahui dari adanya rambu-rambu larangan di setiap pom bensin. Namun faktanya, informasi ini tidak bisa dipercaya alias hoaks.

Menurut pakar dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), radiasi hp itu bakal memuai dan tecampur dengan udara, lalu hilang.

Faktanya, yang akan terjadi adalah gelombang elektromagnetik yang ada di hp hanya akan mempengaruhi akurasi takaran mesin pompa BBM. Contohnya, kamu membeli bensin 10 liter dan di mesin tercatat hal yang sama. Akan tetapi, yang keluar hanya 8 liter.

Topik Terkait