img_title
Foto : Istimewa

Jakarta – Bagi sebagian orang, memasak tanpa menambahkan Monosodium Glutamate (MSG) rasanya akan hambar dan kurang lezat. Tapi tahukah Anda tentang glutamate? Glutamate adalah bahan alami yang dapat membuat makanan lebih lezat.

Karenanya masih tetap dipilih untuk menjadi penyedap rasa makanan. Penggunaan yang tepat dapat meningkatkan cita rasa makanan. Penasaran lebih lengkapnya? berikut ini.

Dukungan P2MI

Istimewa
Foto : Istimewa

Pentingnya pemahaman fungsi glutamate dalam masakan mendorong P2MI dan pakar kuliner Indonesia untuk memberikan edukasi masak sehat dengan glutamate, agar tidak bias informasi dan terjebak dalam persepsi yang belum tentu kebenarannya.

Ketua P2MI Satria Gentur Pinandita mengatakan bahwa P2MI (Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia) didirikan sejak 15 September 1971 dengan didasari atas kepentingan untuk memajukan dunia usaha pangan khususnya bahan tambahan pangan MSG (Monosodium Glutamate) dan turunannya di Indonesia.

"MSG sudah terkategorikan sebagai GRAS (Generally Recognized as Safe) di Amerika. Artinya secara umum diakui aman dengan dikonsumsi secukupnya. Selain itu juga mendapatkan persetujuan dari JECFA agar penggunaannya secukupnya. BPOM DepKes RI juga sudah menyebutkan penggunaan MSG adalah secukupnya," tegas Satria.

Topik Terkait