img_title
Foto : FFWI

IntipSeleb – Pada pengumuman unggulan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023, nama Vino G. Bastian mencuat kembali sebagai dominator utama, mengulangi suksesnya dua tahun sebelumnya. Para unggulan dari empat genre film, yakni drama, komedi, horor, dan laga, diumumkan melalui saluran Youtube festivalfilmwartawan.id dan media sosial lainnya pada Jumat pagi, 20 Oktober. FFWI masih menjalin kemitraan utama dengan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (PMM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Riset dan Teknologi (Ristek).

Vino G. Bastian mendapat pengakuan dalam tiga genre film sekaligus. Dewan Juri Awal, terdiri dari 21 wartawan seni, budaya, dan film, memberinya penghargaan sebagai Aktor Utama Terbaik dalam film horor Qodrat, film drama Buya Hamka Vol.1, dan film laga Hitmen. Nama Vino G. Bastian sebelumnya juga tercatat dalam kategori terbaik pada tahun 2021 dan 2022, membuktikan kehebatannya di layar lebar.

Instagram/ @vinogbastian__
Foto : Instagram/ @vinogbastian__

Laura Basuki juga mencuri perhatian dengan nominasi dalam tiga dari empat genre film yang dinilai. Akting mengesankan Laura dalam film horor/thriller Sleep Call, film drama Berbalas Kejam, dan film komedi Cek Toko Sebelah 2 membuatnya dianggap sebagai salah satu kandidat kuat pemenang Piala Gunungan oleh sebagian kritikus film.

YouTube/Cinema 21
Foto : YouTube/Cinema 21

Pengumuman unggulan dilakukan oleh Nayla Denny Purnama untuk kategori film horor, Putri Delina untuk film komedi, Luz Victoria untuk film drama, dan Rizky Fachrel untuk film laga. Film-film yang menjadi unggulan akan dinilai oleh lima anggota Dewan Juri Akhir, dengan pemenangnya berhak membawa pulang Piala Gunungan.

Berikut adalah daftar lengkap unggulan FFWI XIII Tahun 2023 berdasarkan masing-masing kategori:

Horor

Aktor Utama Terbaik

  1. Deva Mahendra – Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul
  2. Vino G. Bastian – Qodrat
  3. Teuku Rifnu Wikana – Di Ambang Kematian
  4. Sudjiwo Tejo – Mangkujiwo 2
  5. Ali Fikry – Waktu Maghrib

Aktris Utama Terbaik

  1. Laura Basuki – Sleep Call
  2. Mikha Tambayong – Sewu Dino
  3. Luna Maya Suzzanna – Malam Jumat Kliwon
  4. Yasamin Jasem – Khanzab
  5. Marsha Timothy – Qodrat

Aktor Pendukung Terbaik

  1. Iwa K. – Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul
  2. Kristo Immanuel – Sleep Call
  3. Tio Pakusadewo – Malam Jumat Kliwon
  4. Bima Sena – Waktu Maghrib
  5. Wafda Saifan – Di Ambang Kematian

Aktris Pendukung Terbaik

Topik Terkait