img_title
Foto : Youtube/RGTV

Jakarta – Kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diketahui sedang menurun belakangan ini. Dirinya menjalani sejumlah perawatan di Rumah Sakit Singapura.

Setelah beberapa waktu lalu sempat beredar fotonya sedang terbaring di ICU lengkap dengan alat-alat medis yang melekat di tubuh, Luhut Binsar Pandjaitan kini sudah bisa mengabarkan kondisinya saat ini. Seperti apa? Berikut informasinya.

Beberkan Alasan Berobat ke Singapura

TikTok/keluargabangsawan1
Foto : TikTok/keluargabangsawan1

Setelah dirawat hampir sebulan di Singapura, Menko Luhut Binsar Pandjaitan bisa membagikan kondisi terbarunya melalui media sosial Instagram. Luhut juga menjawab rasa penasaran publik mengapa ia memilih jauh-jauh ke Singapura dariapada mencoba penanganan rumah sakit di Indonesia.

"Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses “recovery” tubuh pasca sakit yang saya alami. Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," tulisnya di Instagram, Sabtu 4 November 2023.

"Karenanya, pada hari-hari pertama di sini, praktis saya hanya ditemani tim dokter, ajudan, serta istri dan anak saya. Tidak ada tamu, tidak ada deringan ponsel yang bisa saya jawab—semua harus lewat tangan para ajudan, sebuah keputusan berlandaskan kasih yang mendalam," katanya lagi.

Topik Terkait