img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSelebFestival Angklung 2023 akan digelar pada Sabtu, 2 Desember 2023, pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai, di Hotel Santika Premier Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat. Acara ini akan dimeriahkan oleh musisi lokal dan nasional.

Seperti yang kita ketahui Angklung merupakan salah satu kekayaan seni budaya tradisional Indonesia dan menjadi ciri khas identitas Bangsa Indonesia. Yuk intip seperti apa sejarah dari Angklung di bawah ini.

Alat Musik Tradisional

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Angklung merupakan salah satu warisan seni budaya tradisional Indonesia yang menjadi identitas khas bangsa ini. Sebagai alat musik tradisional yang unik, Angklung memiliki akar sejarahnya yang dapat ditelusuri kembali hingga abad ke-7, berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Nama "angkleung-angkleungan" sendiri merujuk pada suara getaran yang dihasilkan oleh alat musik ini.

Pada awalnya, penggunaan Angklung terbatas pada kegiatan ritual keagamaan dan upacara tradisional. Namun, seiring berjalannya waktu, perannya meluas dan menjadi bagian tak terpisahkan dari seni pertunjukan tradisional Jawa Barat.

Sejak tahun 1938, Angklung di Kuningan telah mengalami perkembangan pesat. Pengakuan Angklung sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tanggal 16 November 2010 menandai peristiwa penting dalam sejarahnya. Selain itu, Kabupaten Kuningan juga dikenal sebagai Kabupaten Angklung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Topik Terkait