img_title
Foto : Instagram/yayuunru

Jakarta – Aktor senior Indonesia Yayu Unru meninggal di usianya yang ke-61 tahun. Semasa hidupnya, Yayu Unru tidak hanya menitih karier sebagai seorang aktor, namun juga menjadi pengajar di bidang akting.

Yayu Unru menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat, 8 Desember 2023 pukul 07.05 WIB. Almarhum sempat mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Telah Berpulang ke Rahmatullah Jum’at jam 07:05 Almarhum Andi Wahyuddin Unru Bin Andi Unru .. Saya selaku keluarga Mohon Maaf Lahir Batin jika Almarhum ada kesalahan. Semoga Almarhum Husnul Khotimah .. Diampuni segala Dosa2nya.. Diterima Amal Ibadahnya & di tempatkan di Syurganya Allah SWT,” tutur pihak keluarga dalam pesannya yang diterima IntipSeleb, 8 Desember 2023.

Untuk mengenang kepergian almarhum Yayu Unru, simak perjalanan karier seorang Yayu Unru di industri hiburan Tanah Air melalui ulasan berikut.

Hampir 40 Tahun di Industri Seni Peran

Instagram/lukmansrd
Foto : Instagram/lukmansrd

Andi Wahyuddin Unru atau yang akrab disapa Yayu Unru merupakan pria keturunan Bugis yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 4 Juni 1962.

Memiliki ketertarikan di bidang seni peran, bapak tiga anak ini menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta dan mulai terjun di industri hiburan Indonesia lewat film Demam Tari pada tahun 1985.

Sepanjang kariernya, Yayu Unru banyak membintangi film layar lebar dari berbagai genre, diantaranya Sang Pemimpi (2009), Lovely Man (2011), Tabula Rasa (2014), Posesif (2017) hingga Keluarga Cemara 2 (2022).

Aksinya dalam film Tabula Rasa membuat Yayu Unru dianugerahi penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Pria terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2014. Dari ajang penghargaan tersebut, Yayu Unru kembali membawa pulang piala penghargaan kategori serupa untuk aktingnya dalam film Posesif.

Di tahun 2023 ini, Yayu Unru turut terlibat dalam proyek serial televisi drama pasca-apokaliptik Amerika bertajuk The Last of Us sebagai Letnan Jenderal Agus Hidayat. Selain itu, Yayu Unru juga bermain di sejumlah judul serial web dan FTV Tanah Air.

Jadi Pengajar Akting

Instagram/@yayuunru
Foto : Instagram/@yayuunru

Sepak terjang Yayu Unru di dunia seni peran membuatnya dipercaya untuk memberikan pempelajaran terkait akting.

Yayu Unru merupakan sosok di balik pelatih akting para pemain film Di Balik 98 (2015), A Man Called Ahok (2018), Sobat Ambyar (2021), Mencuri Raden Saleh (2022), hingga Noktah Merah Perkawinan (2022).

Itu tadi cerita perjalanan karier seorang Yayu Unru, aktor Tanah Air yang telah terlibat dalam berbagai karya besar.

Selamat jalan Yayu Unru.

Topik Terkait