img_title
Foto : Instagram/ @benangjarum_id

Jakarta – Dalam era digital, pintu keberhasilan terbuka lebar bagi brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berkembang pesat dan membangun fondasi yang kokoh, mencatat prestasi yang memukau di ranah bisnis digital. Peran utama dalam percepatan pertumbuhan brand lokal dan UMKM adalah platform e-commerce yang memegang peran krusial. Faktor ini terlihat dari kemudahan pembuatan dan pengelolaan toko online, fasilitas yang aman dalam pengiriman dan transaksi jual-beli, serta berbagai fitur, inisiatif, kampanye menarik, dan program edukasi. Semua ini membantu para penjual beradaptasi dengan teknologi terkini serta tren yang tengah berkembang.

Melalui analisis pasar dalam beberapa bulan terakhir, konsistensi serta dukungan dari platform e-commerce, terutama Shopee, telah menjadi pendorong utama dalam mengubah warna serta memberikan kontribusi berarti dalam sejarah perkembangan bisnis lokal di Indonesia. Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah untuk memperkuat ekonomi digital UMKM. Program dan fitur yang ditawarkan oleh Shopee menjadi bukti nyata bahwa selama berlangsungnya kampanye, mereka memberikan peluang serta kesempatan bagi brand lokal dan UMKM untuk berkembang.

Cara Shopee Perkuat Potensi Pertumbuhan Bisnis Brand Lokal & UMKM

Instagram/ @rounnofficial
Foto : Instagram/ @rounnofficial

Indonesia dipenuhi oleh para pengusaha lokal yang penuh kreativitas, menghasilkan beragam produk dengan ciri khasnya masing-masing. Penghargaan terhadap segala bentuk kreativitas, termasuk brand buatan anak bangsa, sangatlah penting. Shopee meyakini bahwa memberikan bantuan serta pembinaan kepada UMKM adalah tugas bersama bagi semua pihak. Sepanjang tahun ini, Shopee telah meluncurkan berbagai program dan inisiatif terbaru untuk mendukung perkembangan bisnis para pengusaha lokal, baik yang telah resmi bergabung sebagai penjual di platform tersebut maupun yang baru saja memulai bisnis online di Shopee.

Dalam membangun fondasi yang solid untuk memperkuat potensi pertumbuhan ekosistem bisnis Shopee, festival belanja 11.11 Big Sale yang baru saja berlalu mencatat pencapaian luar biasa bagi brand lokal dan UMKM. Transaksi dari brand lokal dan UMKM meningkat hingga 7 kali lipat saat kampanye mencapai puncaknya dibandingkan dengan hari-hari biasa. Ini menunjukkan bagaimana para pengusaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan merambah pasar digital secara inklusif.

Partisipasi yang penuh antusiasme dari brand lokal dan UMKM turut mendukung serangkaian kampanye bulanan Shopee dalam menyajikan beragam produk dari berbagai kategori. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat untuk semakin bersemangat dalam mencari produk-produk dari pengusaha lokal dan UMKM. Khususnya dalam kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang mendapat perhatian spesial dari konsumen sepanjang kampanye 11.11.

Topik Terkait