X

IntipSeleb – Setelah memutuskan untuk mengganti jenis kelamin menjadi wanita. Kini Oscar Lawalata turut memilih nama baru yang ia gunakan sebagai identitas barunya.

Perubahan nama baru ini pun ia ungkapkan langsung oleh Kakak Mario Lawalata tersebut di kanal YouTube keluarga The Lawalatas yang diunggah pada Minggu, 30 Agustus 2020. Penasaran dengan identitas baru Oscar Lawalata? Yuk simak artikel ini!

Baca Juga : 5 Fakta Oscar Lawalata Ganti Gender Jadi Wanita, Dikira Agama Sesat

Ganti Nama

img_title
Foto : Youtube/TheLawalatas

Oscar Lawalata memilih untuk menjadi wanita seutuhnya. Tak sampai di situ, designer kondang ini pun memilih nama baru dari Oscar Lawalata menjadi Asha Smara Darra sebagai identitas barunya,

“Nama baru saya Asha, Asha Smara Darra, Asha itu artinya hope, Smara itu artinya cinta dan Darra itu artinya pohon yang kuat," ungkap Oscar dalam video YouTube THE UNTOLD STORY OSCAR LAWALATA - Panggil Aku Asha yang diunggah pada Minggu, 30 Agustus 2020.

Meski memiliki nama baru sebagai identitas barunya. Kakak Mario Lawalata ini pun tak mempermasalahkan jika dirinya tetap dipanggil Oscar. Menurutnya, dirinya memang tetap seorang Oscar yang berubah hanyalah nama semata.

"Kalau ada orang yang manggil saya Asha saya senang, tapi mereka sudah terlanjur mengenal saya dengan nama Oscar it's okay, karena in the end kan sayanya gak berubah it's only a name gitu," ujar Oscar.

Menunggu Hingga Usia 40 Tahun

img_title
Foto : YouTube/The Lawalatas

Oscar Lawalata terlahir sebagai pria pada 1 September 1977. Sejak kecil, desainer 42 tahun ini tumbuh menjadi sosok yang feminin. Hal itu ia rasakan sejak usia 17 tahun, ia mengakui bahwa dirinya unik. 

“Dari saya usia 17 tahun sampai 35 tahun, itu saya hanya berpikir bahwa yaudah saya unik, and I feel i’m more woman in my heart. Tapi itu nggak terlalu saya selami karena yaudah saya sibuk sama diri saya. Sampai di 5 tahun itu saya mulai berpikir bahwa oke apa sih itu transgender? Baru saya mengerti dan saya lebih tenang, so this is me,” katanya.

Oscar Lawata pun mengungkapkan alasan mengapa menunggu hingga usia 40 tahun menyatakan diri sebagai transgender. Menurutnya, banyak di luaran sana yang mengalami pengalaman hidup sama seperti dirinya yang masih dianggap tabu bagi sebagian orang.

“Ya salah satu tujuan saya juga lebih kepada, sebenarnya saya berbicara sama diri sendiri itu poin satu. Bahwa saya juga seorang public figure tidak ada yang ditutup-tutupi dan banyak teman-teman di Indonesia yang mengalami perjalanan hidup seperti saya, nah itu yang mungkin saya mau berbagai di usia saya yang sudah umur ini. Intinya saya ingin berbagi, setidaknya bersumbangsih dalam, pikiran, pengalaman, terhadap hal yang dilihat tabu,” ujar Oscar.

Tanggapi Stigma Negatif

img_title
Foto : Youtube/TheLawalatas

Meski stigma negatif terhadap transgender di Indonesia masih sangat kuat, Namun Oscar menanggapinya dengan santai, menurutnya sangat wajar jika tidak semua orang suka dan sepaham dengan dirinya.

“Saya menanggapinya justru kalau yang kontra ataupun ada kata-kata yang sinis, saya justru menghadapinya dengan senyuman saya gitu ya karena tidak semua orang mengerti apa yang kita bicarakan dan wawasan setiap orang juga punya batasan,” tutupnya. 

Nama Oscar Lawalata menjadi sorotan publik beberapa waktu belakangan, Oscar Lawalata sempat menjadi sorotan publik usai video curhatan sang ibunda, Reggy Lawalata yang diunggah di kanal YouTube The Lawalatas, tentang keputusan Oscar menjadi transgender

Baca juga: Transformasi Oscar Lawalata Jadi Wanita, Makin Cantik Punya Pacar Bule

Berita Terkait :

Saksikan Juga