img_title
Foto : Berbagai Sumber

Jogja Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja menjadi salah satu provinsi yang menjadi incaran wisatawan untuk dikunjungi ketika momen liburan tiba. Selain keanekaragaman destinasi wisatanya, Jogja juga memiliki deretan tempat belanja oleh-oleh murah meriah dan lengkap loh.

Dari mulai barang antik hingga makanan khas Jogja bisa kamu ditemukan di deretan tempat belanja oleh-oleh berikut ini, apa saja ya? Intip sama-sama yuk melalui ulasan di bawah ini.

1. Hamzah Batik

Tidak lengkap rasanya jika ke Jogja namun kelewatan mengunjungi pusat oleh-oleh legendaris, Hamzah Batik. Lokasinya yang berada di area Malioboro membuat Hamzah Batik menjadi tempat belanja yang mudah ditemui.

Hamzah Batik menjual berbagai kain batik, baju batik, hingga souvenir antik khas Jogja dengan harga terjangkau. Selain itu tempatnya yang luas juga membuat nyaman untuk berbelanja oleh-oleh. Tidak hanya belanja, pengunjung bisa bisa menghabiskan waktu di restoran Raminten yang tertelak di lantai atas Hamzah Batik.

2. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo masuk ke dalam list tempat belanja oleh-oleh di Jogja yang wajib dikunjungi dan telaknya strategis yakni di area sekitar Malioboro.

Pasar tradisional yang sudah ada sejak tahun 1920-an ini menyediakan berbagai kios pakaian tradisional seperti kebaya serta batik dengan harga yang terjangkau. Pengunjung bisa bisa menikmati berbagai makanan yang dijual di depan Pasar Beringharjo dengan pemandangan Malioboro.

3. Teras Malioboro

Teras Malioboro merupakan tempat relokasi pedagang kaki lima yang sebelumnya berjualan di sepanjang Jalan Malioboro.

Pengunjung bisa dengan nyaman belanja oleh-oleh di Teras Malioboro yang memiliki beberapa lantai, berisikan berbagai kios-kios penjual oleh-oleh seperti baju khas Jogja serta barang-barang antik lainnya.

4. Jalan Wijilan

Jalan Wijilan dikenal sebagai sentra gudeg, makanan khas Jogja. Berbagai kios gudeg tersebar di Jalan Wijilan yang siap untuk memanjakan lidah pengunjung dengan cita rasa manis gurihnya.

Selain makan di tempat, gudeg juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat.

5. Kampung Pathuk

Kampung Pathuk menjadi surganya bagi para pecinta bakpia yang merupakan oleh-oleh khas Jogja. Di sana terdapat banyak penjual bakpia dan juga pabriknya, sehingga pengunjung juga bisa sekaligus melihat cara pembuatan camilan bercita rasa manis tersebut.

Itu tadi deretan tempat belanja oleh-oleh di Jogja yang wajib dikunjungi, jangan kelewatan untuk mampir ya!

Topik Terkait