img_title
Foto : Instagram/ @cakiminow

IntipSeleb – Dr. (H.C.) H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si., atau yang lebih akrab disapa Cak Imin merupakan salah satu sosok yang berpengaruh dalam dunia politik. Dia kini menjabat sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak tahun 2005.

Dia juga telah terdaftar sebagai Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 1 berpasangan dengan Anies Baswedan. Yuk intip seperti apa sosok dari Cak Imin di bawah ini.

Profil Cak Imin

Instagram/ @cakiminow
Foto : Instagram/ @cakiminow

Cak Imin lahir pada 24 September 1966 di Jombang, Jawa Timur, masa kecilnya diwarnai oleh ajaran ayahnya, Muhammad Iskandar, seorang pendidik terkemuka di Pesantren Mamba'ul Ma'arif, dan ibunya, Muhasonah Iskandar, yang kemudian menjadi tokoh penting di lembaga yang sama. Masa kecilnya juga terkait erat dengan tokoh masa depan, Presiden Abdurrahman Wahid, yang akrab disapa Gus Dur. Bagi Muhaimin, Gus Dur bukan hanya seorang pemimpin, tetapi juga seorang mentor yang, di antara hal lain, mengajarkannya bermain sepak bola.

Pendidikan menjadi landasan penting bagi perjalanan Cak Imin. Dari masa kecilnya di Madrasah Ibtidaiyah Jombang hingga pendidikan tingkat tinggi di institusi bergengsi seperti Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia, perjuangan akademisnya membentuk pandangan dan persiapan menghadapi tantangan di kancah politik. Prestasi akademisnya memuncak dengan menerima gelar doktor kehormatan dalam Ilmu Politik dari Universitas Airlangga pada tahun 2017.

Karier Politik

Topik Terkait