img_title
Foto : Freepik/pch.vector

IntipSeleb – ‘Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia’ adalah tema dalam Riset Institute for Development of Economic and Finance (INDEF).

Hasilnya, aplikasi e-commerce sampai media sosial menjadi lokasi utama UMKM berjualan secara daring. Seperti apa informasi selengkapnya? Yuk, scroll terus!

UMKM Indonesia Pilih Aplikasi Digital untuk Berjualan

Istimewa
Foto : Istimewa

Riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) bertajuk ‘Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia’ pekan lalu mengungkapkan bahwa sebanyak 34,25% pelaku UMKM memilih aplikasi digital seperti aplikasi e-commerce dan media sosial sebagai tempat utama untuk mereka berjualan secara online.

Riset ini menemukan, 50% UMKM atau lebih dari setengah total responden memilih Shopee sebagai platform utama yang mereka gunakan untuk berjualan online dalam satu tahun terakhir. Selain aplikasi e-commerce, para pelaku UMKM juga aktif menggunakan media sosial seperti Facebook Marketplace dan Instagram Marketplace sebagai platform berjualan online.

Digitalisasi UMKM mendorong ekonomi digital di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun. Google, Temasek, dan Bain memproyeksikan nilai ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi USD 109 miliar pada 2025. Bahkan pada 2030, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan menyentuh angka USD 210 miliar hingga USD 360 miliar.

Topik Terkait