img_title
Foto : Dok. Pribadi

IntipSeleb – Belum lama ini, jagat maya dihebohkan oleh dugaan pencucian uang yang dilaporkan oleh akun @nasionalcorruption. Mereka menduga Raffi Ahmad, sosok terkenal di Tanah Air, menerima sejumlah uang fantastis dari pihak yang diduga terlibat dalam korupsi.

Beberapa pihak turut memberikan tanggapan salah satunya, pengacara Amstrong Sembiring. Seperti apa tanggapannya? Yuk intip di bawah ini.

Tanggapi Kasus Raffi Ahmad

Dok. Pribadi
Foto : Dok. Pribadi

Pengacara Amstrong Sembiring menyampaikan istilah dugaan di sini masih dalam ranah praduga tak bersalah, sebuah prinsip yang diakui dalam sistem hukum. Ini berarti, belum ada bukti otentik yang menguatkan dugaan tersebut.

"Asas praduga tidak bersalah itu diartikan sebagai ketentuan yang menganggap seseorang yang menjalani proses pemidanaan tetap tidak bersalah sehingga harus dihormati hak-haknya sebagai warga negara sampai ada putusan pengadilan negeri yang menyatakan kesalahannya," ucap Amstrong Sembiring kepada awak media baru-baru ini.

Lebih lanjut Amstrong menyampaikan perdebatan antara NCW dan Raffi Ahmad menunjukkan adanya perbedaan pendapat yang cukup mencolok. Jika hanya sebatas dugaan atau hipotesis, maka perlakuan yang bijaksana adalah dengan menempatkannya sebagai hal yang belum pasti.

Topik Terkait