img_title
Foto : Instagram/@kimbabfamily.official

IntipSeleb – Ada berbagai manfaat dan nilai-nilai positif yang perlu diketahui para orang tua ketika mengajak anak-anak pergi liburan.

Ternyata pergi liburan tidak hanya untuk sedekar memenuhi kebutuhan entertain saja, namun orang tua juga mendapatkan feedback positif dari tindakan tersebut.

Kira-kira apa saja ya manfaat anak anak pergi liburan? Intil yuk selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

1. Penghilang Stress

freepik
Foto : freepik

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa dilanda stress, namun anak-anak juga bisa merasakan stress terlebih ketika harus melakukan rutinitas yang monoton. Ada baiknya orang tua mengajak anak untuk pergi berlibur melihat lingkungan baru agar kembali membuat suasana hati dan pikiran anak menjadi fresh lagi.

2. Jadi Pengalaman Baru

Very Well Family
Foto : Very Well Family

Dengan mengajak anak pergi berlibur akan menjadi pengalaman baru bagi mereka, serta menghadirkan experience yang sebelumnya mungkin saja tidak pernah dirasakan ketika ada di rumah ataupun sekolah.

3. Mengukir Memori Indah

thesasonosfam/instagram
Foto : thesasonosfam/instagram

Jika mendengar kata liburan tentu kental dengan momen bahagia. Hal ini juga akan selalu diingat sebagai memori indah pada ingatan anak.

4. Momen Bonding dengan Orang Tua

Freepik/tirachardz
Foto : Freepik/tirachardz

Liburan bersama anak-anak bisa menjadi momen bonding antara orang tua dengan sang buah hati, terlebih ketika berlibur dengan kurun waktu yang lama, maka ikatan emosional akan terbangun dan membuat semakin akrab dengan anak serta mengetahui lebih dalam tentang wataknya.

5. Bersosialisasi

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Biasanya ketika berlibur ke suatu tempat kita banyak bertemu orang baru dengan tujuan serupa. Momen ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengajarkan secara langsung cara bersosialisasi atau berkomunikasi dengan orang selain keluarga.

6. Sarana Edukasi

Pinterest
Foto : Pinterest

Liburan bisa menjadi sarana belajar sambil bermain yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh orang tua, salah satu caranya adalah dengan memilih tempat liburan yang kids friendly.

7. Melatih Sensorik

freepik
Foto : freepik

Melatih sensorik anak bisa dengan mengajaknya berlibur mendatangi tempat baru. Hal ini membuat anak merasakan suara-suara berbeda, aroma, hingga kondisi lingkungan yang sebelumnya tidak pernah dikunjunginya.

Itu tadi deretan manfaat mengajak anak untuk liburan, yang tentunya banyak nilai positif untuk kehidupannya kelak.

Topik Terkait