img_title
Foto : Tangkap Layar tvOne

IntipSeleb – Tim Kedokteran Forensik mengungkap hasil autopsi jenazah Dante (6) yang tewas di kolam renang kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, menyimpulkan bahwa anak artis Tamara Tyasmara tersebut meninggal karena tenggelam.

Dokter Forensik, Farah Kaurow, mengatakan bahwa posisi jenazah saat diserahkan untuk ekshumasi telah dimakamkan selama 10 hari sehingga kondisi jenazah sudah mengalami pembusukan.

"Hasil temuan kami secara kesimpulan, jenazah sudah dekomposisi lanjut, sudah pembusukan lanjut. Di mana kulit di daerah wajah, dada, leher tampak sudah menghilang karena pembusukan," kata Farah kepada wartawan, Senin (12/2/2024).

Farah menyatakan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jasad korban. Dokter forensik juga tidak menemukan adanya patah tulang pada jenazah.

"Untuk membantu proses penyidikan, adanya indikasi tenggelam atau tidak, biasanya di kedokteran forensik itu kami akan menilai apakah untuk jenazah yang masih segar apakah kondisinya basah, kemudian kalau terendam lama dalam air itu ada tanda-tanda terendam seperti keriput di telapak tangan atau telapak kakinya, anggota tubuhnya dingin, itu biasanya dinilai awal beberapa saat korban dinyatakan tenggelam," jelasnya.

Tanda-tanda tersebut tidak ditemukan karena kondisi jenazah sudah 10 hari meninggal saat diautopsi. Namun, pemeriksaan dokter di dua rumah sakit yang menangani jenazah korban di awal menemukan adanya tanda-tanda korban terendam air.

Lantas apa itu tenggelam dan mengapa menyebabkan kematian?

Tenggelam adalah kematian yang disebabkan mati lemas (kekurangan napas) ketika cairan menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen dari udara hingga menyebabkan asfiksia.

Seperti dikutip dari wikipedia.com, penyebab utama kematian adalah hipoksia dan asidosis yang mengakibatkan henti jantung.

Nyaris tenggelam adalah kondisi bertahan hidup dari peristiwa tenggelam hingga menyebabkan ketidaksadaran atau paru-paru terisi air yang bisa mengakibatkan komplikasi sekunder yang serius, termasuk kematian setelah terjadinya insiden.

Kasus hampir tenggelam umumnya ditangani oleh profesional di bidang kedokteran.

Topik Terkait