img_title
Foto : Instagram @king_uyakuya

Jakarta – Siapa sih yang tidak mengenal Uya Kuya? Artis Indonesia yang juga merupakan seorang pesulap tersebut belakangan ini memang turut serta dalam kontestasi politik di Pemilu 2024 untuk mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI.

Uya Kuya yang merupakan calon legislatif di dapil DKI Jakarta II (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Luar Negeri) dari Partai Amanat Nasional (PAN). Selebritis tersebut bersaing dengan Once Mekel dari partai PDIP, Bedu dari partai Gerindra, Lula Kamal dari partai PAN, hingga Liliana Tanoesoedibjo dari partai Perindo.

Uya Kuya sendiri mengaku memang memiliki ketertarikan untuk terjun ke dunia politik lantaran memiliki latar belakang jurusan Ilmu Politik ketika kuliah.

Tak sendirian, keputusannya terjun ke dunia politik juga diikuti oleh sang istri, Astrid Kuya, yang terdaftar sebagai Caleg DPRD Jakarta Selatan (Cilandak, Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Setiabudi) dari partai yang sama, PAN.

Lama berkarier di industri hiburan, Uya Kuya tak berpuas diri meski telah mencapai popularitas yang luar biasa di tanah air. Ia memiliki sederet bisnis yang menjadi sumber kekayaan Uya Kuya dan keluarganya.

Lantas, apa saja sih bisnis artis kenamaan tersebut? Berikut ini sederet gurita bisnis Uya Kuya yang menjadi sumber kekayaannya selama ini.

Dudu Jib

Bisnis Uya Kuya yang pertama bergerak di bidang kuliner, yang diberi nama brand Dudu Jib. Pada tahun 2013, Dudu Jib membuka kedai pertamanya di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Namun, menilik dari timeline Instagram kedai tersebut, baru pada tahun 2017 lalu restoran Korea tersebut berpindah kepemilikan di tangan Uya Kuya.

Bisnis kuliner artis yang satu ini menyajikan berbagai macam menu makanan khas Korea, seperti kimbap, ramyeon, spicy fried chicken, dan omu rice. Sejak pandemi, Dudu Jib juga menyediakan menu bento yang dapat dipesan secara online.

J-Steak

Bisnis Uya Kuya yang kedua masih bergerak di bidang kuliner, yang diberi nama J-Steak. Restoran ala Jepang tersebut membuka lokasi pertamanya di Jalan Mahakam, Jakarta Selatan pada Agustus 2019 lalu.

J-Steak menjual menu sate khas Jepang yang berbeda dengan steak western. Selama pandemi, J-Steak tak hanya menjual steak saja, tapi juga rice bowl dengan harga yang ekonomis.

Yuyuantang

Selain kuliner, bisnis Uya Kuya selanjutnya juga memiliki bisnis di bidang spa, yang diberi nama Yuyuantang. Tempat spa tersebut sudah memiliki banyak cabang, lho. Cabang spa ini tersebar di beberapa wilayah, di antaranya Pantai Indah Kapuk, Pluit, Bandung hingga Pekanbaru.

Bell & Ross

Sumber kekayaan Uya Kuya selanjutnya merupakan bisnis jam tangan mewah yang diberi nama Bell & Ross. Brand jam tangan asal Prancis tersebut berhasil dibawa ke Indonesia oleh artis Indonesia kenamaan tersebut dan dipasarkan melalui jaringan toko jam tangan mewah INTime.

Reality Show

Selain berbisnis, sumber kekayaan Uya Kuya selanjutnya berasal dari profesi hosting-nya di reality show. Sejak taun 2009, Uya Kuya telah memproduseri banyak acara reality show di Indonesia.

Meski acara reality shownya mengalami pasang surut, tak dapat dipungkiri bahwa ia sangat berinivasi dan menghadirkan acara baru yang mampu mendongkrak rating stasiun televisi.

YouTube

Meski kini cenderung jarang aktif di layar kaca, Uya Kuya fokus berkarya di channel YouTube-nya sendiri. Kanal YouTube Uya Kuya saat ini memiliki 4,5 juta subscriber. Dengan jutaan subscriber yang ia miliki, penghasilan Uya Kuya perbulan dari YouTube melampaui 22,7 USD atau sekitar Rp315 juta.

Endorsement

Selain bisnis dan YouTube, sumber kekayaan Uya Kuya selanjutnya berasal dari endorsement yang ia lakukan di media sosial Instagram.

Memiliki 2 juta followers aktif di Instagram, Uya Kuya membuka jasa endorse dengan fee yang luar biasa besar untuk setiap kali unggahan di media sosial.

Nah, itulah sederet bisnis Uya Kuya yang menjadi sumber kekayaannya selama ini. Lewat bisnis di atas, Uya Kuya mendapatkan pundi-pundi yang luar biasa besar. Tak jarang bila ia menjalani hidup yang mewah selama ini.

Topik Terkait