img_title
Foto : Instagram @shireensungkar

Jakarta – Sempat menjadi artis sinetron kenamaan bertahun-tahun silam, Shireen Sungkar dan sang suami, Teuku Wisnu memilih untuk hijrah dan vakum dari industri hiburan. Pasangan selebritis tersebut fokus berumah tangga sembari menjalankan sejumlah bisnis.

Ada cukup banyak ragam bisnis Shireen Sungkar yang bergerak di berbagai bidang. Dalam hal ini, Shireen sama sekali tidak main-main, lho. Ia bekerja sama dengan sang suami dan sang kakak, Zaskia Sungkar untuk merintis bisnis sebagai kesibukan barunya.

Dengan sederet bisnis yang dijalankan, tidak heran bila Shireen Sungkar dapat menjalani kehidupan yang mewah bersama suami dan ketiga anaknya. Bisnis-bisnis yang dijalankan artis Indonesia berdarah Arab tersebutlah yang menjadi sumber kekayaan Shireen Sungkar untuk menopang kebutuhan hidup bersama ketiga anaknya.

Shireen Sungkar dan sang suami, Teuku Wisnu jugalah yang menjadi pencetus bisnis artis yang bergerak di bidang kue kekinian yang sempat menjamur di Indonesia dan sangat digandrungi banyak orang sebagai oleh-oleh andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke kota tertentu.

Penasaran apa saja bisnis yang dimiliki oleh artis Indonesia yang terkenal dengan perannya di sinetron Cinta Fitri tersebut? Yuk intip deretan sumber kekayaan dan bisnis Shireen Sungkar berikut ini!

1. Zaskia Sungkar Jakarta

Shireen Sungkar bersama dengan kakak kandungnya, Zaskia Sungkar yang merupakan pencetus bisnis fashion hijab artis memiliki brand fashion muslimah yang diberi nama Zaskia Sungkar Jakarta. Mengapa bisnis ini mengambil nama Zaskia Sungkar sebagai brand? Karena dalam hal ini, Zaskia lah yang menjadi desainernya. Kabarnya, bisnis artis yang satu ini telah dikenal hingga mancanegara, lho.

Baru-baru ini bisnis Shireen Sungkar dan sang kakak tersebut merilis koleksi terbaru mereka menjelang Ramadan 2024. Koleksi tersebut bertajuk Journey sebagai cerminan dari perjalanan brand yang dijalankan kakak beradik ini selama 11 tahun.

Shireen dan Zaskia mengangkat tema Empire karena terinspirasi dari kejayaan Islam Turki yang berperan penting dalam pembentukan peradaban, kebudayaan dan sejarah dunia dalam koleksi terbarunya. Selain itu, mereka juga memasukkan tema yang The Empress yang terinspirasi dari kota dataran tinggi Turki, Konya yang sangat cantik dan identik dengan bunga.

2. Shi by Shireen Sungkar

Masih bergerak di bidang fashion, bisnis Shireen Sungkar selanjutnya diberi nama Shi by Shireen. Mulanya, bisnis yang satu ini memiliki label Zashi yang merupakan singkatan nama dari Zaskia dan Shireen.

Tapi, Shireen memutuskan untuk melakukan rebranding nama brand tersebut karena tidak bekerja sama lagi dengan sang kakak. Akhirnya, ia memilih nama Shi by Shireen Sungkar yang diambil dari suku kata pertama namanya.

Nama Shi sendiri dirasa cocok dengan konsep yang selama ini mencerminkan sosok Shireen, yaitu feminin dengan warna-warna yang lebih eksploratif, berbeda dengan ciri khas Zaskia Sungkar yang cenderung gelap dan bold.

Shi by Shireen Sungkar dalam koleksinya menjual aneka macam item fashion, mulai dari blouse, kemeja, dress, celana, rok plisket dengan cuttingan yang loose dan mix fabric.

Berbeda dari brand sebelumnya yang mengandalkan Zaskia Sungkar sebagai desainernya, Shi by Shireen Sungkar didesain langsung oleh Shireen, sehingga kini ia akan lebih banyak bereksplorasi dengan ciri khasnya sendiri.

3. Gerai Hawa

Masih bergerak di bidang fashion, bisnis Shireen selanjutnya diberi nama Gerai Hawa. Nama tersebut dipilih lantaran mengambil dari nama sang putri, Hawa.

Berbeda dari brand-brand sebelumnya, Gerai Hawa menyediakan pakaian muslim keluarga dengan model yang syar’i. Koleksi Gerai Hawa juga mengusung tema yang simpel dan elegan demi mengedepankan tujuan dari pakaian syar’i yang mestinya memudahkan untuk beribadah dan berdakwah.

Namun, belakangan brand ini melakukan rebranding dengan produk-produknya yang menawarkan pakaian muslim dan muslimah syar’i sebagai fokus utamanya.

4. Raincake Bogor

Tak mau kalah dengan sang suami yang memelopori bisnis kue artis yang sempat viral, bisnis Shireen Sungkar berikutnya juga bergerak di bidang yang sama. Bisnis kue kekinian yang berdiri sejak tahun 2017 tersebut ia beri nama Raincake Bogor.

Raincake Bogor menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Bogor yang digemari wisatawan. Toko kue ini menjual aneka macam makanan manis, seperti cake, dessert box, hampers kue, pie, cookies, dan masih banyak lagi varian lainnya.

Seperti halnya bisnis Teuku Wisnu yang diberi nama Strudel Malang, Raincake Bogor juga berhasil bertahan hingga saat ini dengan beberapa outlet yang tersebar di kota Bogor.

5. Swiz Group

Tak hanya dijalankan sendiri, bisnis Shireen Sungkar yang satu ini juga merupakan bentuk kerja sama dengan keluarga Sungkar atau The Sungkar Family, yang terdiri dari Shireen, Zaskia Sungkar, Teuku Wisnu dan Irwansyah.

Swiz Group sendiri merupakan perusahaan keluarga yang menaungi beberapa cabang bisnis yang mereka lakukan, di antaranya ada Sungkars Family (kanal YouTube atau digital), Zaskia Sungkar Jakarta, Shi by Shireen, Jannah Travel, 15 Interior, dan Bara Imaji.

6. Adsense YouTube

Selain dari sederet bisnis yang dijalani, sumber kekayaan Shireen Sungkar juga berasal dari adsense YouTube The Sungkars Family. Kanal YouTube tersebut dijalankan bersama dengan sang kakak, Zaskia Sungkar dan para suami mereka, Teuku Wisnu dan Irwansyah.

Kanal YouTube yang berisi konten-konten keluarga, hiburan, dan dakwah tersebut kini telah memiliki 4,8 juta subscriber dengan lebih dari 1200 video dan 750 juta views.

Dengan angka yang luar biasa tersebut, bisa dibayangkan bukan berapa pendapatan yang Shireen Sungkar dapatkan dari kanal YouTube keluarga ini?

7. Endorsement dan Iklan

Sebagai salah satu artis Indonesia yang berpegaruh, khususnya di kalangan para hijabers, Shireen Sungkar menjadi salah satu panutan yang baik. Hal ini pun dimanfaatkan para brand yang ingin mengiklankan berbagai macam produk untuk meningkatkan penjualan.

Dengan 28, 7 juta followers di akun Instagram pribadinya, bisa dibayangkan kan seberapa banyak penghasilan Shireen Sungkar dalam setiap produk atau campaign yang ia iklankan?

Nah, itulah sederet sumber kekayaan dan bisnis Shireen Sungkar yang ia jalankan dan menjadi pundi-pundi penghidupannya selama ini. Tak heran kan namanya menolak untuk pudar meski sudah tak lagi eksis sebagai pemain sinetron. (by)

Topik Terkait