img_title
Foto : Instagram @teukuwisnu

Jakarta – Memutuskan hijrah dan hengkang dari dunia akting, Teuku Wisnu dan sang istri, Shireen Sungkar memilih untuk fokus berkeluarga dan menjalankan sederet bisnis yang menjadi sumber penghasilan mereka.

Bisnis Teuku Wisnu bergerak di berbagai bidang, mulai dari kuliner, emas, properti, hiburan dan media, hingga peternakan. Dengan sederet bisnis tersebut, terbukti bahwa Teuku Wisnu sangat berkomitmen.

Dengan sederet bisnis Teuku Wisnu yang dijalankan hingga saat ini, tidak mengherankan bila mantan aktor sinetron yang membintangi Cinta Fitri tersebut dapat menjalani kehidupan yang makmur dan sangat berkecukupan bersama istri dan ketiga anaknya.

Bisnis artis Indonesia berdarah Aceh tersebutlah yang menjadi sumber kekayaan Teuku Wisnu untuk menopang kebutuhan hidupnya sampai hari ini.

Insting dan skill bisnis Teuku Wisnu juga sangat tajam. Perlu diketahui, ia adalah sosok yang menjadi pencetus bisnis kue artis kekinian yang menjamur di Indonesia pada masanya dan sangat digandrungi banyak orang sebagai oleh-oleh andalan bagi wisatawan yang berkunjung di kota tertentu.

Penasaran apa saja bisnis yang dimiliki oleh Teuku Wisnu dan masih berjalan hingga saat ini? Yuk intip sederet sumber kekayaan dan bisnis Teuku Wisnu berikut ini.

1. Strudel Malang

Sebagai pelopor bisnis artis di bidang kue kekinian yang sempat viral, bisnis Teuku Wisnu yang pertama adalah brand kue artis yang diberi nama Strudel Malang. Strudel Malang didirikan pada Desember 2014 silam dan berhasil bertahan hingga saat ini.

Bisnis tersebut bermula saat Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar jalan-jalan ke Eropa dan keduanya sangat menyukai kue Strudel. Sampai-sampai, pasangan artis ini membawakan oleh-oleh strudel untuk keluarga dan teman-temannya.

Beberapa tahun kemudian, Teuku Wisnu kerap mengunjungi kota Malang dan terbersit di benaknya untuk mengawinkan konsep strudel dengan apel sebagai ciri khas kota Malang yang produk akhirnya bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Malang.

Keseriusan Teuku Wisnu di bisnis kulinernya yang satu ini terlihat dari bagaimana ia berhasil mempertahankan dan bahkan mengembangkan Strudel Malang ketika bisnis kue artis lainnya surut dan bangkrut.

2. HF Gold Puzzle

HF Gold Puzzle merupakan bisnis Teuku Wisnu yang bergerak di bidang emas. Sebagai pembeda dari yang lainnya, HF Gold Puzzle merupakan pelopor COD emas syar’i. Dengan berlandaskan syariat Islam, HF Gold Puzzle menghadirkan solusi muamalah emas kepada masyarakat.

HF Gold Puzzle memfasilitasi orang-orang yang berkeinginan menabung emas dengan sistem akad yang disesuaikan dengan ajaran Islam, seperti pertukaran emas dan emas, emas dengan rupiah atau sebaliknya tanpa ada tenggang waktu pembayaran dengan emas yang diserahkan.

HF Gold Puzzle juga berusaha mengedukasi masyarakat, khususnya umat Islam, untuk mengedukasi masyarakat tentang cara menabung dengan benar dan dengan menyimpan emas.

3. Tasnim Property

Selanjutnya, bisnis Teuku Wisnu bergerak di bidang properti syariah yang diberi nama Tasnim Property. Tasnim Property sendiri merupakan developer perumahan syariah tanpa riba.

Berdiri sejak tahun 2016, Tasnim Propertu telah membangun lebih dari 10 proyek kawasan perkavlingan dan perumahan. Mengusung konsep Islami dan alami, Tasnim Property menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat, khususnya yang beragama Islam, yang menginginkan lingkungan perumahan yang tak hanya asri tapi juga Islami.

Untuk tipe Tasnim Hills Vintara di Bandung Barat, Teuku Wisnu memasang harga mulai Rp300 jutaan dengan booking fee mulai Rp1 jutaan saja, lho.

4. Garis Sepuluh

Bergerak di bidang hiburan dan wahana animasi, bisnis Teuku Wisnu selanjutnya diberi nama Garis Sepuluh. Bisnis yang dijalankan bersama Arie Untung selaku founder ini berkomitmen untuk menjadi mitra orang tua serta tenaga didik dalam mempersiapkan generasi terbaik bangsa.

Garis Sepuluh telah memproduksi animasi Riko The Series di KidZania, Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta Selatan yang wahananya diberi nama Riko Animation Studio.

Sebab, Wisnu dan Arie merasa bahwa KidZania merupakan salah satu wahana edukasi nyata yang bisa menjadi alternatif bagi orang tua dan tenaga pendidik dalam membantu menumbuhkan mimpi dan cita-cita anak berdasarkan minat dan kompetensi yang mereka miliki.

Riko The Series juga merupakan pioneer animasi asal Indonesia terlengkap pertama yang sudah memiliki semua elemen dari sebuah Intellectual Property (IP) Product yang dimiliki oleh IP-IP kelas dunia, di antaranya konten video, lisensi produk, lisensi karakter, official merchandise dan wahana offline.

5. Etawa Dairy

Bergerak di bidang peternakan, bisnis Teuku Wisnu selanjutnya adalah Etawa Dairy. Bersama dengan partnernya, Teuku Wisnu mengembangkan Etawa Dairy Industry untuk membangun ekosistem industri susu kambing yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Visi utama dari bisnis ini adalah memberikan sumber protein susu alternatif yang sehat, bergizi, terjangkau dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

Etawa Dairy juga mendirikan pabrik dan memproduksi beberapa brand susu kambing, seperti Etawa New, Daymilk dan Urra. Selain itu, Etawa Dairy Industry juga membina ratusan kandang milik peternak kambing perah di berbagai daerah di Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur.

Industri susu kambing yang satu ini juga mengusung konsep sustainable farming yang mengedepankan pengelolaan peternakan kambing dengan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Etawa Dairy juga hanya menggunakan breed kambing perah impor yang tersertifikasi untuk menjamin kualitas susu yang dihasilkan. Selain itu, proses produksi juga menggunakan konsep gentle processing yang aman dan sesuai dengan standar kesehatan yang teruji.

Tak berhenti di situ, Etawa Dairy juga memprioritaskan kebutuhan konsumen dengan terus-menerus melakukan riset dan inovasi produk untuk memberikan kualitas yang terbaik. Susu yang diproduksi juga merupakan A2-type milk yang memiliki khasiat khusus yang berbeda dibanding susu sapi, yaitu rendah A1 beta-casein, kaya mineral dan vitamin, serta mengandung asam amino.

6. Nabawi Herbal Indonesia

Dan bisnis artis tersebut yang terakhir bergerak di bidang produk herbal bernama Nabawi Herbal. Bisnis tersebut menjual berbagai produk herbal mulai dari madu hingga obat-obatan yang aman untuk tubuh dan kesehatan.

7. YouTube

Instagram/@teukuwisnu
Foto : Instagram/@teukuwisnu

Selain sederet bisnis yang dijalani, sumber kekayaan Teuku Wisnu juga berasal dari adsense YouTube The Sungkars Family. Kanal YouTube keluarga tersebut dijalankan bersama dengan sang istri, Shireen Sungkar dan iparnya, Zaskia Sungkar serta Irwansyah.

Kanal YouTube yang berisi konten-konten keluarga, hiburan dan dakwah tersebut kini telah memiliki 4,8 subscriber dengan lebih dari 1200 video dan 750 juta views.

Dengan angka yang luar biasa tersebut, bisa dibayangkan bukan berapa pendapatan yang Shireen Sungkar dapatkan dari kanal YouTube keluarga ini?

8. Endorsement dan Iklan

Instagram/teukuwisnu
Foto : Instagram/teukuwisnu

Sebagai salah satu artis Indonesia yang berpengaruh, khususnya di kalangan penganut agama Islam yang orang yang tengah berhijrah, Teuku Wisnu adalah salah satu panutan yang baik. Hal tersebut pun dimanfaatkan para brand untuk mengiklankan produk atau campaign lewat jasa dan engagement yang dimiliki Wisnu.

Dengan 28,7 juta followers di akun Instagram pribadinya, bisa dibayangkan bukan seberapa banyak penghasilan Teuku Wisnu untuk setiap produk atau campaign yang ia iklankan?

Nah, itulah sederet sumber kekayaan dan bisnis Teuku Wisnu yang ia jalankan dan menjadi pundi-pundi penghidupannya selama ini. tak heran kan namanya tidak pernah menghilang meski sudah tidak lagi eksis di televisi dan dunia akting.

Topik Terkait