img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Ternyata tidur tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan secara fisik, tapi menggunakan waktu istirahat dengan tidur juga membantu menjaga kesehatan mental.

Tentunya, hal tersebut juga dibarengi dengan jam tidur yang sesuai dengan anjuran usia. Lantas, bagaimana penjelasan selengkapnya? Cari tahu yuk melalui ulasan di bawah ini.

Ada Hormon Khusus yang Bekerja saat Tidur

freepik.com
Foto : freepik.com

Tubuh secara otimatis memiliki waktu tidur dan bangun yang dipengaruhi karena adanya hormon melatonin dan kortisol.

"Tubuh kita punya siklus bangun dan tidur, itu sangat dipengaruhi beberapa hal, banyak sebenarnya. Tapi yang paling umum diketahui orang-orang itu adalah hormon melatonin dan kortisol," ujar dr. Ryan Rhiveldi Keswani, SpBS yang merupakan spesialis bedah saraf, melansir dari YouTube Kata Dokter, 1 Maret 2024.

Dokter Ryan Rhiveldi Keswani menjelaskan bahwa hormon melatonin dan korsitol memiliki peran berbeda yang berlawanan.

Hormon malatonin berkerja saat mata tidak dapat menerima cahaya lagi, sehingga hormon melaronin perlahan akan meningkat dan membantu untuk bisa tertidur.

Itu sebabnya saat malam hari manusia cenderung mengantuk karena mulai muculnya hormon melatonin, dan akan memudar sekitar jam 3-4 pagi.

Sementara itu jika hormon melaronin sudah memudar, muncul hormin kortisol yang perlahan mulai naik saat bangun tidur dan mempersiapkan tubuh manusia untuk mulai berkegiatan.

Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kesehatan Mental

freepik.com
Foto : freepik.com

Normalnya, manusia tidur 6-8 jam per hari. Jika waktu tidur berkurang maka akan sangat berpengaruh ke kesehatan fisik dan juga mental.

"Apa bila jumlahnya berkurang, kalau sekali-sekali mungkin tidak apa-apa, tapi kalau jumlah ingin berkurang dalam jangka waktu cukup lama, dapat memberikan efek yang cukup besar dan efeknya bisa cukup banyak dan negatif terhadap tubuh," ungkap dr. Ryan Rhiveldi Keswani, SpBS.

Tidur menjadi kegiatan penting yang harus dilakukan anak kecil, remaja, dan orang dewasa setiap harinya. Keajaiban tidur juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak untuk memancing timbulnya growth hormon, yang membantu untuk pertumbuhan organ-organ tubuh.

"Secara fisik, tidur itu penting. Mungkin kalau dalam waktu kita kecil sampai remaja atau dewasa itu penting dalam proses pertumbuhan tubuh. Jadi anak-anak penting tidurnya supaya mereka ada hormon yang disebut growth hormon keluar pada saat kita tidur bersamaan dengan melatonin," ujar dr. Ryan Rhiveldi Keswani, SpBS.

Selain kesehatan fisik, tidur juga berpengaruh pada kesehatan mental karena tidur bisa membantu mengingat memori dengan baik karena proses itu terjadi saat tidur.

"Secara psikis juga tidur sangat penting karena tidur itu memberikan waktu untuk otak kita mengorganize informasi yang kita dapat dari sehari sebelumnya," lanjutnya.

Perlu dicatat, waktu tidur diharuskan sesuai dengan jam tidur yakni pada malam hari, sehingga pada pagi harinya badan segar karena waktu istirahat tidur terpenuhi dan mata mendapat sinar matahari.

Topik Terkait