img_title
Foto : Instagram/zaskiasungkar15

Jakarta – Memilih untuk hengkang dari industri hiburan tanah air, Zaskia Sungkar kini lebih memilih untuk fokus untuk membangun kerajaan bisnis yang menjadi sumber kekayaannya selama ini.

Sebelumnya, Zaskia Sungkar merupakan aktris dan kemudian menjajal ke dunia tarik suara bersama sang adik, Shireen Sungkar, lewat grup The Sisters. Grup musik kakak beradik ini sempat populer lewat lagunya yang rilis pada tahun 2008 berjudul Kamu Kamu Lagi.

Memiliki popularitas yang luar biasa lewat karya-karyanya di dunia entertainment, istri Irwansyah ini memanfaatkan momen tersebut untuk membangun dan melancarkan perjalanan bisnis Zaskia Sungkar.

Bertepatan dengan keputusannya untuk hijrah dan memakai hijab, bisnis Zaskia Sungkar pun bergerak di bidang fashion hijab yang merepresentasikan perempuan muslimah yang menutup aurat tapi tetap bisa stylish.

Menjadi salah satu pelopor bisnis artis di bidang brand fashion hijab, Zaskia Sungkar berhasil membawa fashion hijab ke tingkat yang lebih tinggi serta tak lagi dianggap kuno atau ketinggalan zaman.

Tak main-main dengan bisnisnya, Zaskia Sungkar terus berkarya lewat desain-desain fashionnya yang digemari banyak orang. Tak heran bila bisnisnya berhasil bertahan hingga saat ini di tengah gempuran bisnis fashion artis lainnya yang terus bermunculan.

Tak berhenti hanya di bidang fashion saja, bisnis Zaskia Sungkar juga bergerak di berbagai lini, termasuk travel. Tak sendirian, ia menjalankan bisnis dengan campur tangan suami dan sang adik.

Dengan sederet bisnis yang dijalankan, tak heran bila Zaskia Sungkar dapat menjalani kehidupan yang mewah bersama Irwansyah dan sang putra, Ukkasya meski sempat beberapa kali terjerat masalah bisnis yang merugikan mereka.

Bisnis-bisnis yang dijalankan artis Indonesia berdarah Arab tersebutlah yang menjadi sumber kekayaan Zaskia Sungkar untuk menopang kebutuhan hidup bersama keluarga kecilnya.

Penasaran apa saja bisnis yang dimiliki oleh kakak dari Shireen Sungkar tersebut? Yuk intip deretan sumber kekayaan dan bisnis Zaskia Sungkar berikut ini!

1. Zaskia Sungkar Jakarta

Zaskia Sungkar bersama adik kandungnya, Shireen Sungkar yang merupakan pencetus bisnis fashion hijab artis memiliki brand fashion muslimah yang diberi nama Zaskia Sungkar Jakarta. Meski dijalankan berdua, bisnis ini menggunakan nama Zaskia lantaran ia adalah desainernya. Bisnis artis kakak beradik ini sudah dikenal hingga mancanegara, lho.

Beberapa waktu lalu, brand ini merilis koleksi terbaru mereka menjelang Ramadan 2024. Koleksi tersebut bertajuk Journey sebagai cerminan dari perjalanan brand yang dijalankan kakak beradik ini selama kurang lebih 11 tahun.

Zaskia dan Shireen mengusung tema Empire karena terinspirasi dari kejayaan Islam Turki yang berperan penting dalam pembentukan peradaban, kebudayaan dan sejarah dunia dalam koleksi terbarunya. Selain itu, mereka juga memasukkan tema The Empress yang terinspirasi dari sebuah kota di dataran tinggi Turki, Konya, yang sangat cantik dan identik dengan bunga.

Selain itu, baru-baru ini Zaskia Sungkar Jakarta juga turut serta dalam pagelaran Plaza Indonesia Fashion Week atau PIFW 2024 bersama dengan desainer dan brand fashion lokal lainnya.

2. Gerai Hawa

Masih di bidang fashion, bisnis Zaskia Sungkar selanjutnya diberi nama Gerai Hawa. Bisnis yang satu ini lebih memfokuskan pada busana muslim yang nantinya bisa digunakan oleh semua keluarga. Bekerja sama dengan Irwansyah, Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu, Zaskia Sungkar ditunjuk sebagai kreatif desainer.

Gerai Hawa menyediakan pakaian muslim keluarga dengan model yang syar’i dengan tema yang simpel dan elegan demi mengedepankan tujuan dari pakaian syar’i yang mesti memudahkan untuk beribadah dan berdakwah.

Namun, belakangan brand hijab ini melakukan rebranding dengan mengeluarkan produk-produk pakaian muslim dan muslimah syar’i berupa abaya.

3. Jannah Tour and Travel

Tak hanya di bidang fashion, bisnis Zaskia Sungkar selanjutnya bergerak di bidang tour and travel. Bisnis travel yang dijalankan oleh Zaskia Sungkar diberikan nama Jannah Tour and Travel yang lebih memfokuskan pada perjalanan travel umroh dan haji.

Bahkan, bisnis travel Zaskia Sungkar tersebut saat ini telah memiliki cabang yang tersebar di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Beberapa kota yang sudah ada Jannah Tour and Travel di antaranya Jakarta, Banjarmasin, Medan dan Surabaya.

4. Swiz Group

Tak dijalankan sendiri, bisnis Zaskia Sungkar yang satu ini juga merupakan bentuk kerja sama dengan keluarga Sungkar atau The Sungkar Family, yang terdiri dari Zaskia, Shireen Sungkar, Teuku Wisnu dan Irwansyah.

Swiz Group sendiri merupakan perusahaan keluarga yang menaungi beberapa cabang bisnis yang mereka lakukan, di antaranya ada Sungkars Family (kanal YouTube atau digital), Zaskia Sungkar Jakarta, Shi by Shireen, Jannah Travel, 15 Interior, dan Bara Imaji.

5. Endorsement dan Iklan

Instagram/@zaskiasungkar15
Foto : Instagram/@zaskiasungkar15

Sebagai salah satu artis Indonesia yang berpengaruh, khususnya di kalangan para hijabers, Zaskia Sungkar menjadi salah satu panutan. Hal ini pun dimanfaatkan para brnad yang ingin mengiklankan berbagai macam produk untuk meningkatkan penjualan.

Dengan 28,7 juta followers di akun Instagram pribadinya, bisa dibayangkan kan seberapa banyak penghasilan Zaskia Sungkar dalam setiap produk atau campaign yang ia iklankan?

6. YouTube

Instagram/@shireensungkar
Foto : Instagram/@shireensungkar

Selain dari sederet bisnis yang dijalani, sumber kekayaan Zaskia Sungkar juga berasal dari adsense YouTube The Sungkars Family. Kanal YouTube tersebut dijalankan bersama dengan sang adik, Shireen Sungkar dan para suami mereka, Teuku Wisnu dan Irwansyah.

Kanal YouTube yang berisi konten-konten keluarga, hiburan, dan dakwah tersebut kini telah memiliki 4,8 juta subscriber dengan lebih dari 1200 video dan 750 juta views.

Dengan angka yang luar biasa tersebut, bisa dibayangkan bukan berapa pendapatan yang Zaskia Sungkar dapatkan dari kanal YouTube keluarga ini?

Nah, itulah sederet sumber kekayaan dan bisnis Zaskia Sungkar yang ia jalankan dan menjadi pundi-pundi penghidupannya selama ini. Tak heran kan namanya menolak untuk pudar meski sudah tak lagi eksis di layar kaca.

Topik Terkait