img_title
Foto : Instagram

Jakarta – Artis identik dengan gaya hidupnya yang mewah dan bergelimang harta. Tapi, tak sedikit pula yang tak gengsi memamerkan sisi lain kehidupannya yang sederhana. Bahkan, ada beberapa artis yang jualan makanan kaki lima untuk menambah sumber pemasukan.

Beberapa dari artis yang jualan makanan kaki lima tersebut sudah tak lagi aktif muncul di layar. Selain itu, mereka melihat adanya peluang bisnis yang menjanjikan untuk menambah pundi-pundi demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Beberapa orang mungkin akan merasa aneh melihat artis yang biasa mereka saksikan di layar kaca tiba-tiba banting setir dan menjual makanan kaki lima yang tidak fancy sama sekali. Hebatnya, artis-artis berikut ini tidak merasa gengsi, lho.

Penasaran siapa saja artis yang jualan makanan kaki lima setelah jarang muncul di layar kaca? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

1. Alessia Cestaro

Bintang FTV populer pada masanya, Alessia Cestaro kini banting setir menjadi salah satu artis yang jualan makanan kaki lima. Bisnis artis yang satu ini bermula saat pandemi Covid19 menghantam dunia pada awal tahun 2020 lalu.

Aktris yang satu ini merasakan dampak dari PSBB lantaran semua kegiatan syuting dibatasi secara ketat. Tak menyerah dengan keadaan, ia dan sang suami lantas membuka warung makan sederhana dengan nama Raja Bugis 77.

Bisnis kuliner artis FTV ini menjual aneka macam makanan Bugis atau khas Sulawesi Selatan, seperti coto Makassar, sop konro, hingga es pisang ijo.

2. Epy Kusnandar

Bagi para penonton setia sinetron Preman Pensiun tentu sudah tidak asing lagi dengan pemeran Kang Mus, siapa lagi kalau bukan Epy Kusnandar. Selain berkecimpung di industri hiburan, ia juga memiliki usaha sampingan makanan kaki lima.

Aktor berdarah Sunda ini menjual makanan berupa ayam, lele, dan seafood yang diberi nama Ayam Keramas Kang Mus atau kini dikenal dengan nama Sambal Dadak Ayam Keramas Kang Mus.

3. Norman Kamaru

instagram/normankamaru1925
Foto : instagram/normankamaru1925

Mantan anggota kepolisian asal Gorontalo, Norman Kamaru, dulu sempat viral lantaran aksi jogetnya dengan latar musik dari film India yang diperankan oleh Shah Rukh Khan, yakni Chaiyya Chaiyya.

Dikenal meluas sebagai publik figur yang viral dadakan, Norman Kamaru lantas memilih untuk meninggalkan kariernya sebagai polisi dan terjun ke dunia entertainment. Sayangnya, popularitasnya tak bertahan lama.

Enggan menyerah dengan keadaan, Norman Kamaru lantas membuka usaha warung sederhana yang menyajikan bubur manado. Ia lantas mengembangkan bisnisnya dengan berjualan oleh-oleh khas Gorontalo.

4. Veri AFI

Instagram
Foto : Instagram

Veri AFI pernah menduduki popularitas di dunia tarik suara berkat menjuarai kompetisi bernyanyi Akademi Fantasi atau AFI. Lama tak terdengar kabarnya, Veri AFI dikabarkan membuka bisnis kuliner yang menjual menu makanan berupa mie.

5. Aldi Taher

IntipSeleb/ Wahyu Firmansyah
Foto : IntipSeleb/ Wahyu Firmansyah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Aldi Taher merupakan salah satu artis yang jualan makanan kaki lima. Saat vakum dari entertain, ia mengelola warung mie ayam sederhana di kawasan Cempaka Putih Raya, Jakarta Pusat.

Kini, berkat tingkah uniknya yang mengundang kontroversi, mantan suami Dewi Perssik ini kembali ke dunia hiburan dengan persona barunya yang nyeleneh dan kocak.

6. Jenita Janet

Penyanyi dangdut Jenita Janet agaknya semakin serius menggeluti dunia bisnis setelah menikah dengan pengusaha bernama Danu Sofwan. Salah satu bisnis makanan kaki lima yang ia jalankan adalah Basreng Gonjreng.

Bakso goreng dengan konsep street food atau kaki lima tersebut dikelola oleh Jenita Janet dengan sistem franchise dan sudah memiliki ratusan cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

7. Ihsan Tarore

Salah satu artis yang jualan makanan kaki lima selanjutnya adalah Ihsan Tarore. Saat pandemi pada tahun 2020 lalu, ia memutuskan untuk berjualan donat kentang. Hal tersebut bermula dari kegemarannya makan donat kentang.

Yang terbaru, bisnis artis yang satu ini berkembang ke masakan rumahan yang diberi nama Masakan Mamak Endang. Ihsan menjual aneka makanan, seperti soto Medan, cumi cabe ijo, sambel goreng paru, dan tumis bunga pepaya.

8. Ricky Harun

Aktor sekaligus putra dari Donna Harun, Ricky Harun juga sukses berjualan makanan kaki lima. Salah satu artis yang memutuskan untuk hijrah tersebut membuka gerai pecel ayam di pinggir jalan yang diberi nama Pecel Ayam Go. Bisnis Ricky Harun ini telah membuka beberapa cabang di beberapa daerah, lho.

9. Yama Carlos

Artis yang jualan makanan kaki lima selanjutnya adalah Yama Carlos. Ketika pandemi melanda dunia pada tahun 2020 lalu, Yama Carlos banting setir untuk berjualan dimsum demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Ketagihan berbisnis kuliner, Yama Carlos juga memiliki bisnis minuman yang diberi nama Dawet Kemayu Yama Carlos. Meski bisnisnya kaki lima, Yama Carlos mengemas es dawetnya dengan premium. Bahkan ia mengklaim bahwa produk es dawetnya merupakan es dawet non santan pertama di Indonesia, lho.

10. Ririn Ekawati

Instagram/ririnekawati
Foto : Instagram/ririnekawati

Ririn Ekawati juga merupakan salah satu artis yang jualan makanan kaki lima dan tak gengsi sama sekali. Ririn membuka bisnis dengan berjualan kopi dan batagor pinggir jalan yang diberi nama Batagor Riri di Bandung. Tak hanya membuka kedai, bisnis artis yang satu ini juga menerima pemesanan online, lho.

11. Tantri Syalindri

Instagram/@tantrisyalindri
Foto : Instagram/@tantrisyalindri

Tantri Syalindri atau yang biasa dikenal sebagai Tantri Kotak diketahui memiliki bisnis kuliner ayam bakar utuh yang diberi nama Ayam Kencot. Bahkan, musisi kenamaan yang terkenal dengan suara khasnya tersebut tak malu ke pasar demi membeli bahan untuk kebutuhan jualannya sendiri, lho. Keren kan?

Nah, itulah sederet artis yang jualan makanan kaki lima tanpa rasa gengsi sama sekali meskipun mereka dikenal sebagai sosok yang kerap muncul di layar kaca atau sempat populer pada masanya.

Topik Terkait