img_title
Foto : Instagram/@sandradewi88

JakartaHarvey Moeis, suami artis cantik Sandra Dewi baru-baru ini tengah menjadi sorotan publik lantaran telah ditetapkan oleh Kejaksaan Agung sebagai tersangka baru dalam kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Penetapan ini diambil setelah Kejagung melakukan serangkaian penyidikan yang intensif. Harvey Moeis, sebagai pemegang saham PT Refined Bangka Tin (RBT), tak hanya menjadi saksi, melainkan juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Kejagung menduga peran suami Sandra dewi tersebut sebagai penghubung dari duaa tersangka yang merupakan pejabat di RBT. Harvey diduga telah terlibat dalam upaya untuk mengakomodir kegiatan pertambangan yang tidak sah di wilayah yang seharusnya dikelola oleh PT Timah. Dengan demikian, tersangka dalam kasus ini pun bertambah menjadi 16 orang.

Perlu diketahui, Harvey Moeis sendiri merupakan seorang pengusaha batu bara. Melansir dari situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey merupakan presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU).

Pria kelahiran 30 November 1985 tersebut juga dikabarkan memiliki lima saham di perusahaan batubara, yaitu CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Refined Bangka Tin, PT Sariwiguna Bina Sentosa, dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Meski menikah dengan seorang publik figur sekelas Sandra Dewi, Harvey Moeis selama ini cenderung tertutup dalam hal kehidupan pribadinya. Ia bahkan tak menggunakan media sosial. Kabarnya, orangtua Harvey Moeis pun bukan orang sembarangan, yaitu pasangan konglomerat Irma Silviani dan mendiang Hayong Moeis.

Sebelumnya, Harvey Moeis sempat mencuri perhatian lantaran menghadiahkan jet pribadi untuk sang putra, Raphael Moeis. Bisa terbayang kan Inselicious seberapa besar kekayaan Harvey Moeis?

Lantas, dari mana saja sebenarnya sumber kekayaan Harvey Moeis dan apa saja bisnis Harvey Moeis yang menjadi penghasil pundi-pundi kekayaannya selama ini? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

1. Bisnis Batubara

Instagram/sandradewi88
Foto : Instagram/sandradewi88

Bisnis Harvey Moeis yang pertama adalah di sektor batubara. Seperti dilansir dari situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesua (APBI-ICMA), ia menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Multi Harapan Utama.

Perusahaan pertambangan batubara tersebut beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Di pasar domestik, batu bara MHU banyak digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik dan perusahaan manufaktur. Sebagian besar batubara MHU juga diekspor ke sejumlah negara seperti Korea Selatan, india China, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

Hervey juga tercatat sebagai salah satu pemegang saham dari perusahaan pertambangan batubara PT ABM Investama Tbk. (ABMM) sebesar US$185,6 juta yang berkisar Rp2 triliun dengan besaran 18,17 persen dari seluruh kontrak.

Tak hanya itu, Harvey Moeis kabarnya juga memiliki saham di 5 perusahaan batubara yakni PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa dan PT Stanindo Inti Perkasa.

2. Duta Ferrari Roma

Instagram/@sandradewi88
Foto : Instagram/@sandradewi88

Harvey Moeis dan Raphael Moeis, sang putra, sempat menjadi duta produk atau brand ambassador Ferrari Roma. Video iklan mereka sebagai BA juga sempat diunggah oleh Sandra Dewi di akun Instagram pribadinya.

Didapuknya Harvey Moeis sebagai Brand Ambassador Ferrari Roma disebabkan ia dirasa cocok sebagai representasi ayah-ayah di Indonesia yang turut campur dalam pengasuhan anak. Digambarkan bahwa ia bermain dan mengurus sang putra sebelum berangkat bekerja. Harvey dan Raphael ditampilkan kompak saat mengendarai mobil mewah dalam iklan tersebut.

Harvey Moeis dan Raphael Moeis bahkan disandingkan dengan Aadam Levine dan Behati Prinsloo yang merupakan Brand Ambassador untuk Amerika Serikat. Selain itu, Harvey juga bersanding dengan Jung Hae In yang menjadi Brand Ambassador untuk wilayah Korea Selatan.

Rupanya, kemauan Harvey Moeis untuk syuting iklan tersebut tidak berjalan mudah. Sebab, Sandra Dewi mengaku harus merayu sang suami selama satu tahun dan tak memungkiri adanya unsur paksaan hingga akhirnya sang suami bersedia.

Nah, itulah sederet sumber kekayaan dan bisnis Harvey Moeis yang menjadi sumber penghasil pundi-pundi kekayaannya selama ini. Sebagai seorang yang kaya raya, Harvey Moeis dikenal sebagai sosok yang dermawan hingga membuat Sandra Dewi was-was. Sandra Dewi membayangkan sang suami bangkrut karena selalu totalitas dalam memberikan bantuan kepada orang lain, bahkan di tengah pandemi sekalipun.

Namun, Harvey membuktikan bahwa harta kekayaan yang diberikan dengan ikhlas tak akan pernah habis dan justru kembali padanya dalam jumlah yang berkali-kali lipat.

Topik Terkait