img_title
Foto : Instagram @raffinagita1717

Jakarta – Nama Raffi Ahmad belakang ini kembali ramai diperbincangkan hingga sempat menjadi trending topic di Twitter. Pasalnya, kembali muncul isu yang menudingnya terlibat tindak pencucian uang atau money laundry.

Hal tersebut bermula ketika suami Nagita Slavina membuka Pusat Kuliner di BSD yang diberi nama Rans Nusantara Hebat. Tak sendirian, Raffi Ahmad menggandeng Kaesang Pangarep dalam bisnis tersebut.

Rans Nusantara Hebat sendiri merupakan foodcourt outdoor yang menyediakan aneka produk kuliner UMKM. Kabarnya, terdapat 121 tenant yang buka dari pukul 10.00 WIB hingga malam hari.

Beberapa warganet menilai, kedekatan Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep di bidang bisnis cukup mencurigakan. Menurut warganet, bukan tidak mungkin bahwa bisnis tersebut merupakan salah satu alat untuk money laundry atau pencucian uang.

“Kaesang kenapa lengket banget, dan bahkan ‘identik’ dengan Raffi Ahmad? Disitu aja dah ‘aneh’!” bunyi cuitan akun X @BosPurwa.

Terlepas dari tudingan tersebut, Raffi Ahmad merupakan sosok artis Indonesia dengan nama besar di industri hiburan Indonesia. Tak puas sampai di situ saja, Raffi Ahmad pun melebarkan sayap di bidang bisnis. Dan bisnis Raffi Ahmad bergerak di berbagai lini.

Dengan keaktifannya di industri hiburan serta kerajaan bisnis yang ia miliki selama ini, tak heran bila ia memiliki pundi-pundi kekayaan yang seolah tak ada habisnya. Bahkan, ia mendapatkan julukan sebagai Sultan Andara saking kaya rayanya.

Bisnis Raffi Ahmad

Instagram @raffinagita1717
Foto : Instagram @raffinagita1717

Penasaran nggak sih apa saja sih bisnis Raffi Ahmad yang menjadi sumber pundi-pundi kekayaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina selama ini? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

1. RANS Entertainment

RANS Entertainment merupakan bisnis Raffi Ahmad yang bergerak di bidang media hiburan. Fokus RANS Entertainment adalah platform media sosial, agensi digital, aktivitas komunitas, event offline, serta kerja sama branding dengan berbagai kalangan.

Berdiri sejak tahu 2015 lalu, pasangan artis yang dijuluki Sultan Andara tersebut mengambil langkah besar dengan mengembangkan gurita bisnis RANS Entertainment di berbagai lini, seperti RANS Music, PowerRANSgers, RA Pictures, RANS Animation Studio, RANS Zoo dan RANS E-Sports.

2. Kuliner

Kuliner merupakan lahan bisnis yang sangat menjanjikan, tak heran bila banyak bisnis artis yang bergerak di bidang kuliner atau Food and Beverages, termasuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Raffi dan Nagita telah mengumumkan 4 unit usaha baru di bidang food and beverages (F&B) alias bisnis kuliner. Sederet bisnis Raffi Ahmad di bidang kuliner yang ia gaet antara lain, Haraguchi Kei, restoran karage otentik asli Jepang yang gerai pertamanya ada di Gandaria City Jakarta.

Selain itu, ada pula Ikkudo Ichi yang menjual ramen dan Warung Leko, The Hive Kitchen yang dikenal dengan produk Kebab Queen, yang terakhir adalah Gunawarman Group.

Tak hanya restoran yang ditujukan untuk kaum menengah ke atas, Raffi Ahmad juga menginvestasikan uangnya ke bisnis rumah makan kaki lima seperti Rojo Sambel. Raffi mengaku tergerak untuk mengembangkan UMKM tanah air.

3. Food Court RANS Nusantara Hebat

Bisnis Raffi Ahmad yang terbaru adalah RANS Nusantara Hebat. Food court ini ia jalankan bersama dengan Kaesang Pangarep sebagai CEO GK Hebat dan didukung oleh Sinarmas Land.

Ide awal bisnis ini, menurut Raffi Ahmad, adalah untuk mendukung para pelaku bisnis kuliner dalam segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Raffi ingin membuat UMKM bisa naik kelas dan mendongkrak perekonomian negara.

Selain menjadi pusat kuliner, RANS Nusantara Hebat juga menjadi tempat bagi berbagai komunitas, khususnya komunitas kreatif yang berada di sekitar Jabodetabek. RANS Nusantara Hebat sendiri berdiri di atas lahan 2,1 Km persegi dan memiliki daya tampung untuk 2.100 pengunjung.

4. Properti

Kerajaan bisnis Raffi Ahmad yang dijuluki sebagai Sultan Andara terus merambah ke banyak bidang, termasuk properti. Raffi akan membangun sebuah apartemen yang dekat dengan lokasi tempat tinggalnya di sekitar kawasan Andara, Jakarta Selatan.

Raffi Ahmad menginginkan agar para generasi milenial dan Gen Z memiliki hunian impian, yang tidak hanya jadi tempat tinggal, namun juga memenuhi gaya hidup mereka. Bisnis properti Raffi Ahmad tersebut menggandeng developer apartemen mewah di kawasan Kemang, Asiana Group.

5. Fashion

Sumber kekayaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina selanjutnya berasal dari bisnis Nagita Slavina yang bergerak di bidang fashion, yakni NASL By Nagita Slavina.

NASL sendiri merupakan sebuah brand fashion lokal yang diluncurkan pada Desember 2022 lalu oleh Nagita Slavina. NASL bertujuan untuk menjadi sebuah platform yang dapat merepresentasikan semua perempuan di Indonesia dari berbagai kalangan.

6. Olahraga

Bisnis Raffi Ahmad yang lain bergerak di bidang olahraga. Lewat RANS E-Sport, Raffi mengakusisi tim e-sport pada beberapa platform gamer, seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty.

Ada pun tim divisi Free Fire baru diakusisi oleh RANS E-Sport pada Juli 2021 lalu, dari tim Free Fire NGID Esport. Tim E-sport ini terdiri dari enam orang, yaitu Doom, Marsha, Rhama, Iky, Mervin, dan Qois.

Tak hanya E-sport, bisnis Raffi Ahmad lainnya bergerak di bidang olahraga darat, seperti sepak bola. Raffi mengakusisi klub sepakbola asal Cilegon menjadi RANS Cilegon FC pada Maret 2021 lalu.

Selain itu, Raffi Ahmad juga merambah ke klub bola basket. RANS PIK Basketball didirikan pada 2-21 oleh Raffi Ahmad bersama Rudy Salim dan Dito Ariotedjo.

7. Kecantikan

Bisnis Nagita Slavina dan Raffi Ahmad selanjutnya merambah di bidang kecantikan yang diberi nama RANS Beauty. RANS Beauty diluncurkan pada 2021 lalu lewat kanal YouTube RANS Entertainment. Saat ini, produk kecantikan yang diproduksi antara lain body lotion dan body shower dengan beberapa varian aroma.

8. Vape

Raffi Ahmad juga melebarkan sayap di dunia bisnis dengan menggandeng Budiyanto, selaku Founder dari Jakarta Vapor Shop (JVS). Raffi pun masuk ke industri vape tanah air dan membangun PT. idPods Kreasi Indonesia yang berkomitmen mendukung produk karya anak bangsa agar semakin berkembang dan memajukan ekonomi bangsa Indonesia.

9. Beach Club

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membangun bisnis di Pulau Dewata, yakni beach club yang diberi nama Mari Beach Club Bali yang resmi dibuka pada Maret 2022. Beach Club ini juga menjual aneka makanan dan minuan yang harganya dibanderol mulai dari Rp35 ribu.

Nah, itulah sederet kerajaan bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di berbagai bidang yang menjadi sumber pundi-pundi kekayaan Sultan Andara tersebut.

Topik Terkait