img_title
Foto : News-medical.net

IntipSelebDarah rendah atau hipotensi adalah satu kondisi di mana tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik berada di bawah angka normal, yaitu di bawah 90/60 mm/Hg. Hipotensi bisa terjadi baik sebagai suatu kondisi sendiri atau sebagai gejala dari berbagai kondisi.

Tekanan darah normal sendiri berkisar antara 90/60 mm/Hg dan 120/80 mm/Hg. Seseorang dikatakan hipotensi jika memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mm/Hg.

Tekanan sistolik di bawah 90 artinya pada saat darah dipompa oleh jantung dan tekanan diastolik di bawah 60 artinya pada saat jantung melepaskan pompaannya namun berada di bawah angka 90/60 mm/Hg/. Kondisi tersebut bisa dipengaruhi karena beberapa faktor.

Penasaran dengan seluk-beluk penyakit darah rendah? Yuk simak penyebab, gejala dan cara penanganan darah rendah menurut Kata Dokter berikut ini.

Penyebab Darah Rendah

news-medical.net
Foto : news-medical.net

Tekanan darah rendah atau hipotensi biasanya dipengaruhi oleh curah jantung atau pompa jantung. Selain itu, penyebab darah rendah juga bisa dipengaruhi oleh faktor posisi. Contohnya pada hipotensi ortostatik atau kondisi perubahan posisi mendadak yang membuat tekanan darahnya menjadi rendah.

Topik Terkait