img_title
Foto : Berbagai sumber

Jakarta – Bisnis kos-kosan dan kontrakan adalah salah satu bentuk usaha properti yang cukup diminati oleh para pelaku usaha. Bagaimana tidak, bisnis yang satu ini terbilang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Bisnis kos-kosan dan kontrakan cocok untuk pelaku bisnis yang ingin menambah pundi-pundi penghasilan atau bahkan tengah mempersiapkan tabungan masa depan. Selain itu, bisnis kos-kosan atau kontrakan bisa jadi sumber passive income yang hasilnya nggak main-main.

Sebagai informasi, passive income adalah pendapatan yang bisa diperoleh tanpa perlu terlibat secara aktif dan terus-menerus pada suatu hal. Dalam hal ini, ketika seseorang menjalankan bisnis kos-kosan dan kontrakan, ia akan menerima uang sewa tanpa harus bekerja atau merawat properti tersebut setiap hari.

Melihat potensi yang bisa dihasilkan dari situ, tak heran bila bisnis kos-kosan dan kontrakan sangat diminati oleh para pelaku usaha yang ingin mendapatkan tambahan pendapatan yang tiap bulannya menghasilkan, termasuk para artis tanah air.

Ada beberapa artis yang punya bisnis kos-kosan dan kontrakan sementara masih aktif berkarya di industri hiburan. Lumayan kan buat penghasilan sampingan?

Penasaran nggak sih siapa saja artis yang punya bisnis kos-kosan dan kontrakan? Yuk simak daftar selengkapnya berikut ini!

Ria Ricis

Instagram @riaricis1795
Foto : Instagram @riaricis1795

YouTuber sukses Ria Ricis merupakan salah satu artis yang punya bisnis kos-kosan dan kontrakan. Bisnis tersebut ia jalankan sejak tahun 2019 lalu. Berlokasi di kawasan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, kos-kosan khusus perempuan ini sangat strategis bagi para mahasiswi lantaran lokasinya yang dekat dengan tiga perguruan tinggi.

Mulanya, Ria Ricis mengubah sebuah rumah menjadi kos-kosan mewah berisi delapan kamar seluas 3,8 x 5 meter. Lewat video di kanal YouTube Ricis Official, Ria Ricis menceritakan niatnya mempunyai kos-kosan yang nyaman seperti hotel dengan harga yang lebih terjangkau.

Fasilitas yang disediakan oleh kos-kosan Ria Ricis juga terbilang lengkap, mulai dari tempat tidur, lemari pakaian, AC, WiFi, dan tempat parkir. Selain itu, ada kamar mandi dalam yang mewah dengan tembok dan lantai dilapisi marmer.

Kamar mandi yang terbilang cukup mewah tersebut dilengkapi dengan wastafel, kloset duduk, dan water heater. Dengan kamar kos yang nyaman dan mewah ini, anak kos cukup membayar sewa sebesar Rp1,4 juta saja menurut keterangan penjaganya. Cukup terjangkau kan?

Tantri Kotak

instagram/tantrisyalindri
Foto : instagram/tantrisyalindri

Artis yang punya bisnis kos-kosan selanjutnya adalah Tantri Kotak. Vokalis band Kotak tersebut bersama sang suami memulai bisnis kos sejak tahun 2021 lalu di kawasan Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Kos-kosan yang diberi nama Kost Bobok Manis tersebut berlokasi strategis, yaitu berada dekat dengan sejumlah perguruan tinggi, bandara, rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Pada mulanya, pasangan ini membeli bangunan kos-kosan, lalu mereka merenovasi bangunan tersebuut dengan desain yang lebih kekinian. Kos Tantri Kotak desainnya didominasi dengan warna hitam, dengan elemen batu-bata berwarna coklat dan kayu.

Kos-kosan ini terdiri dari dua tingkat dengan delapan kamar seluas 3,5 x 5 meter. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti tempat tidur, lemari pakaian, AC, TV, dan WiFi.

Selain itu, terdapat kamar mandi di dalam kamar yang menggunakan kloset duduk, wastafel, shower, dan air panas. Sementara fasilitas pelengkap yang tersedia, antara lain dapur umum, parkiran, ruang jemur dan taman.

Dari keterangan situs Mamikos, anak kos yang hendak menyewa kamar di sini cukup merogoh kocek sebesar Rp1.895.000 per bulan. Kos-kosan ini cocok untuk digunakan oleh mahasiswa dan pasangan suami istri.

Samuel Zylgwyn

Instagram/samuel_zylgwyn
Foto : Instagram/samuel_zylgwyn

Samuel Zylgwyn merupakan salah satu artis yang punya bisnis kos-kosan. Dalam video di kanal YouTube Samuel Franda VLOG, ia menceritakan tentang kos-kosan miliknya yang dibeli sekitar tahun 2014-2015 lalu.

Pada lahan seluas kurang lebih 590 meter persegi tersebut, ia membangun kos-kosan tiga lantai di dekat sebuah universitas swasta di Bandung. Samuel sangat memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan alami agar anak kos bisa tinggal dengan nyaman.

Terlihat ada banyak tanaman pot hias, kolam ikan, tempat nongkrong, area parkir, ruang jemur, dan warung di lingkungan kos-kosan. Selain itu, dari segi keamanan juga terdapat CCTV, alat pemadam kebakaran serta akses dua tangga yang memadai untuk kondisi darurat.

Fasilitas yang ditawarkan di kos-kosan artis ini juga sangat lengkap dan nyaman, seperti tempat tidur, lemari pakaian, AC, WiFi, kamar mandi dalam, toilet duduk, dan water heater. Untuk penyewaannya, Samuel menerapkan pembayaran untuk jangka waktu setahun.

Tya Ariestya

tya_ariestya/tiktok
Foto : tya_ariestya/tiktok

Tya Ariestya yang kerap disapa Ibu Kos di media sosial ini telah lama menjalankan bisnis kos-kosan, yaitu lebih dari 12 tahun lamanya. Ia mempunyai kos mewah berkonsep homestay yang terdiri dari empat tingkat di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kos-kosan ini biasanya dihuni oleh karyawan dan pasangan suami istri. Tentunya kos mewah artis ini sudah menyediakan fasiitas yang lengkap, ditambah lagi tersedia dapur bersama, cleaning service, dan laundry. Selain itu, ada pula hotel untuk penitipan kucing di lantai dasar kos-kosan.

Marini Zumarnis

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Aktris sinetron Marini Zumarnis memiliki bisnis kos-kosan eksklusif bak vila di kawasan Dago, Bandung. Kos-kosan bernama Mazuliving ini dikhususkan untuk para perempuan, terutama mahasiswi.

Kos-kosan artis yang sangat estetik ini memiliki interior bergaya scandinavian dengan warna mustard, sunset, dan biru. Setiap kamar kos juga sudah tersedia tempat tidur, TV, AC, WiFi, dan kamar mandi dalam dengan water heater.

Selain kamar yang estetik, kos-kosan ini menyediakan fasilitas bersama di antaranya ada rooftop garden, ruang tamu, mesin cuci, area parkir, seating corner, dining room, musala, dapur bersama, dan ruang belajar mahasiswa. Lalu, tersedia cleaning service gratis, keamanan, 24 jam serta alat pemadam kebakaran.

Arief Muhammad

Youtube.com/Arief Muhammad
Foto : Youtube.com/Arief Muhammad

Influencer dan pengusaha Arief Muhammad mempunyai bisnis kos-kosan mewah di Yogyakarta yang dekat dengan perguruan tinggi. Kos-kosan yang dinamakan Ternak Kostan ini terdiri dari 12 kamar seluas kurang lebih 4 x 4 meter.

Kos-kosan artis ini terbagi menjadi tiga tipe dengan furnitur berbeda, yaitu standar, double dan VIP. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti tempat tidur, AC, WiFi, TV, meja rias, rak sepatu, lemari pakaian, kamar mandi dalam, dan water heater.

Untuk fasilitas bersama, tersedia area parkir, ruang tamu, dapur, kulkas, dan meja makan. Keamanan kosan ini juga terjamin dengan adanya CCTV dan pintu kamar kos yang menggunakan teknologi smartlock.

Tukul Arwana

Youtube.com/AH
Foto : Youtube.com/AH

Komedia Tukul Arwana merupakan artis yang punya bisnis kontrakan. Ia mempunyai kontrakan sebanyak 200 pintu di beberapa tempat. Dalam video di kanal YouTube Atta Halilintar, ia menceritakan kontrakan tersebut merupakan ide dan peninggalan almarhumah istri.

Mulanya, Tukul tinggal di sebuah kontrakan seharga Rp150 ribu per bulan, lalu seiring dengan waktu ia mulai membeli kontrakan tersebut. Kemudian, perlahan membeli properti di kawasan sekitar untuk dijadikan kontrakan.

Kontrakan Tukul Arwana tersebut didominasi dengan nuansa warna biru. Selain itu, dekat kontrakan juga terdapat studio yang digunakan untuk shooting sinetron.

Nah, itulah sederet artis yang punya bisnis kos-kosan dan kontrakan sebagai sumber penghasilan sampingan di luar industri hiburan.

Topik Terkait