img_title
Foto : Istimewa

IntipSelebKi Hadjar Dewantara, sosok pahlawan nasional yang begitu berjasa dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, kini akan diabadikan dalam sebuah karya sinematik. Rumah produksi sinema Wahana Kreator tengah menggarap film yang mengisahkan perjalanan hidup, pemikiran, dan cita-cita Ki Hadjar Dewantara. Diharapkan, film ini akan selesai dan tayang pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2026.

Tidak hanya sekadar wacana, produksi film ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Keluarga Ki Hadjar Dewantara juga turut hadir sebagai tamu kehormatan pada perayaan Hardiknas 2024 dan memberikan restu untuk pembuatan film ini. Seperti apa informasi tentang film ini? Yuk kita intip di bawah ini.

Film Ki Hadjar Dewantara

istimewa
Foto : istimewa

Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, film ini tidak hanya sekadar hiburan, namun juga menjadi medium untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan. Semangat Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan yang merdeka dan berbudaya menjadi landasan utama dalam pembuatan film ini.

Sebagai generasi penerus bangsa, semangat Ki Hadjar Dewantara dalam dunia pendidikan patut kita pegang teguh dan ditanamkan kepada setiap generasi, salah satu caranya adalah melalui film sebagai medium pemajuan kebudayaan," ucap Hilmar kepada awak media.

Film Ki Hadjar Dewantara juga diharapkan dapat menjadi alat pembelajaran yang menyenangkan bagi masyarakat. Ahmad Mahendra dari Direktorat Jenderal Kebudayaan menambahkan bahwa film ini dapat menjadi contoh baik bagi karya-karya film nasional lainnya yang juga mengangkat nilai-nilai moral dan kesenian.

Topik Terkait