img_title
Foto : Instagram

Jakarta – Menjadi artis dengan popularitas dan kemewahan membuat orang mengira bahwa mereka mempunyai segalanya hingga lupa daratan. Tapi jangan salah, beberapa selebritis memiliki kepedulian di bidang pendidikan hingga tergerak untuk memberikan beasiswa bagi masyarakat Indonesia.

Sederet artis yang memberikan beasiswa ini menjadi bukti bahwa tidak semua selebritis apatis terhadap dunia di luar tempurung mereka. Aksi mereka memberikan bantuan biaya pendidikan menjadi bukti bahwa mereka sangat peduli pada generasi penerus bangsa dan memiliki empati yang tinggi.

Alih-alih memberikan bantuan berupa uang tunai yang bisa ludes dalam waktu sekejap mata, mereka memilih untuk memberikan bantuan yang berguna bagi masa depan generasi muda dan bermanfaat secara jangka panjang.

Bahkan, beberapa artis yang memberikan beasiswa ini menyampaikan bantuan biaya pendidikan hingga ke jenjang kuliah. Luar biasa sekali kan kontribusi mereka untuk bangsa ini?

Penasaran nggak sih siapa saja mereka? Yuk simak sederet nama artis yang memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat!

1. Dian Sastrowardoyo

Youtube.com/TS Media
Foto : Youtube.com/TS Media

Artis yang memberikan beasiswa salah satunya adalah Dian Sastrowardoyo. Tak hanya sibuk berkarier dan memperkaya diri saja, Dian Sastro ternyata juga sangat menginspirasi generasi muda, lho. Terkenal sebagai sosok yang multitalenta dan berpendidikan, tak heran bila ia kerap dijadikan sebagai panutan.

Dian Sastro juga konsisten memberikan beasiswa untuk anak-anak di Indonesia. Bersama dengan Maudy Ayunda, Dian Sastro membuat program ‘Mentorship & Scholarship’ yang ditujukan bagi mahasiswa jenjang S1.

Pada tahun 2020 lalu, Dian Sastro dikabarkan telah berhasil meluluskan empat orang penerima Beasiswa Dian Sastrowardoyo batch 1 dari Universitas mereka. Keseriusan Dian di bidang pendidikan juga terlihat jelas dalam aksinya membangun sebuah yayasan bernama Yayasan Dian Sastrowardoyo yang berdiri sejak 2009.

2. Maudy Ayunda

YouTube/Curhat Bang Denny Sumargo
Foto : YouTube/Curhat Bang Denny Sumargo

Sama seperti halnya Dian Sastro, Maudy Ayunda memang terkenal sebagai sosok artis yang peduli pendidikan anak-anak Indonesia. Maudy Ayunda membuat program ‘Mentorship & Scholarship’ yang ditujukan untuk mahasiswa di jenjang S1. Ada pula program ‘Perempuan Inovasi’ yang terbuka bagi para perempuan dari jenjang SMP hingga tingkat profesional.

3. Rieke Diah Pitaloka

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Artis yang memberikan beasiswa selannjutnya adalah Rieke Diah Pitaloka. Selebritis sekaligus politisi ini memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang tidak mampu namun memiliki prestasi yang membanggakan.

Program beasiswa tersebut merupakan agenda rutin yang ia laksanakan lewat yayasannya yang bernama Pitaloka Foundation. Yayasan Pitaloka Foundation ini juga pernah memberikan program beasiswa untuk tujuh orang mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia.

4. Anang Hermansyah

YouTube/Eko Patrio TV
Foto : YouTube/Eko Patrio TV

Bersama dengan Rieke Diah Pitaloka, musisi tanah air Anang Hermansyah juga menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Suami dari Ashanty ini memiliki pemikiran praktis terutama soal pembukaan lapangan pekerjaan dan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Selain itu, ia juga kerap membiayai anak-anak yang tidak mampu untuk bersekolah. Bersama sang istri, Anang cukup memiliki rasa empati terkait kesempatan belajar yang mestinya inklusif. Hal ini dapat diketahui dari video di kanal YouTube-nya yang sempat menyebutkan soal anak didik yang ia biayai sekolah.

5. Cinta Laura

Instagram @claurakiehl
Foto : Instagram @claurakiehl

Jika berbicara soal artis yang peduli pendidikan, maka nama Cinta Laura tentu tidak bisa luput. Cinta Laura merupakan salah satu artis yang memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu namun berkeinginan tinggi untuk sekolah.

Ia bersama dengan Yayasan Soekarseno Peduli milik sang ibu mendirikan SMP Pangerasan di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat pada Februari 2007 silam. Ia juga terlibat aktif dalam merenovasi bangunan sekolah hingga kembali layak pakai.

6. Oki Setiana Dewi

Instagram @okisetianadewi
Foto : Instagram @okisetianadewi

Oki Setiana Dewi merupakan salah satu artis yang peduli dengan dunia pendidikan khususnya yang berbasis agama. Ia membangun pondok pesantren Maskanul Huffadz yang berarti tempat tenang bagi penghafal Al-Quran, pada September 2016 lalu.

Pesantren tersebut menyediakan tempat tinggal dan beasiswa bagi perempuan berstatus yatim piatu, mualaf dan kaum dhuafa.

7. Celine Evangelista

Instagram/celine_evangelista
Foto : Instagram/celine_evangelista

Celine Evangelista diketahui mendirikan Yayasan Pendidikan Bunga Kasih di kota Sdoarjo, Jawa Timur pada 10 Mei 2016 silam. Dalam operasionalnya, yayasan tersebut memberikan bantuan sekolah gratis atau beasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu.

8. Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez

Instagram/@andovidalopez
Foto : Instagram/@andovidalopez

Terbilang memiliki kepedulian yang tinggi di bidang pendidikan, mantan YouTuber Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez memberikan beasiswa pendidikan yang diberi nama Beasiswa Da Lopez.

Mereka melihat ada banyak anak muda yang bersusah payah mengejar beasiswa untuk meningkatkan kualitas ilmu dan meraih kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Merasa mempunyai tanggung jawab untuk melakukan aksi yang bermanfaat, keduanya konsisten memberikan beasiswa bagi mahasiswa.

9. Ferry Irwandi dan Malaka Project

Instagram.com/irwandiferry
Foto : Instagram.com/irwandiferry

Ferry Irwandi, penggagas Malaka Project, bersama rekan-rekan di dalamnya berupaya untuk memfasilitasi pendidikan terjangkau bagi mahasiswa Indonesia lewat beasiswa yang mereka sediakan.

Melansir dari kanal YouTube Malaka Project, Ferry Irwandi cs memberikan beasiswa pendidikan penuh bagi mahasiswa yang kesulitan membayar taguhan UKT. Ia berharap tidak ada lagi mahasiswa yang terkendala biaya untuk menyelesaikan pendidikannya hingga selesai.

Nah, itulah sederet nama artis yang memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Meski cakupannya mungkin belum sebesar itu, setidaknya mereka memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan dan tidak bersikap apatis atas apa yang terjadi di masyarakat.

Topik Terkait