img_title
Foto : Instagram @rharyantoracing

Jakarta – Kabar bahagia datang dari Rio Haryanto. Sang pembalap akhirnya resmi melamar sang kekasih, Athina Papadimitrou pada hari Minggu, 26 Mei 2024 lalu. Momen lamaran Rio Haryanto dan Athina Papadimitrou dibagikan oleh Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Usut punya usut, ternyata Athina Papadimitrou merupakan keponakan dari istri Menparekraf RI Sandiaga Uno, Nur Asia Uno.

Lewat akun Instagramnya, Sandiaga Uno menyampaikan kabar gembira tentang keponakannya. Ternyata, Athina Papadimitrou resmi dilamar oleh Rio Haryanto, pembalap muda Indonesia.

Dalam acara lamaran yang bernuansa serba biru, keluarga besar Rio Haryanto datang berhadapan dengan keluarga besar Athina Papadimitrou untuk melamarnya. Lamaran tersebut pun diterima, yang membuat kedua calon pengantin tampak berbahagia.

Sandiaga Uno pun turut mendoakan Rio Haryanto dan Athina Papadimitrou agar proses pernikahan mereka ke depannya berjalan dengan lancar. Menparekraf RI tersebut berharap agar Rio dan Athina berbahagia.

Rio Haryanto sendiri terkenal sebagai seorang pembalap yang berprestasi. Bersama dengan tim Manor Racing, Rio berhasil tampil di kancah tertinggi dunia balap mobil Formula 1 (F1) pada tahun 2016. Rio Haryanto sendiri mengenal dunia balap sejak usia 6 tahun dan menjadi pembalap Indonesia pertama yang pernah beraksi di F1.

Tak hanya itu, sebelumnya Rio Haryanto juga meraih kemenangan di ajang GP2 Series di Sirkuit Sakhir, Bahrain, pada tahun 2015.

Di luar dari profesinya sebagai pembalap, Rio Haryanto sendiri juga merupakan seorang pengusaha muda. Ia merupakan seorang pewaris dari perusahaan stationery atau alat tulis terkenal yakni Kiky alias direktur dari PT Solo Murni (KYKY Creative Product). Tentu posisinya tersebut mendulang pundi-pundi kekayaan yang tidak main-main.

Penasaran nggak sih apa saja sumber kekayaan Rio Haryanto dan bisnis Rio Haryanto? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Sumber Kekayaan dan Bisnis Rio Haryanto

Sumber kekayaan Rio Haryanto selain berasal dari profesinya sebagai pembalap juga berasal dari sederet bisnisnya yang bergerak di beberapa bidang. Berikut ini deretan bisnis Rio Haryanto yang menjadi sumber penghasilannya selama ini.

1. Gaji Rio Haryanto Sebagai Pembalap

Sudah barang tentu sumber kekayaan Rio Haryanto yang pertama adalah dari profesinya sebagai pembalap. Status Rio Haryanto memang pay driver ketika membalap bersama Manor Racing pada paruh pertama Formula 1 musim 2016.

Walau demikian, selama setengah musim, pembalap Indonesia ini mampu mengantongi 150 ribu Euro atau sekitar Rp2 miliar.

Dari data yang dihimpun Business Book GP dan dilaporkan Sportune.fr tertera bahwa gaji Rio Haryanto selama di Manor adalah 150 ribu Euro. Angka tersebut merupakan paling rendah di antara pembalap lain yang berpartisipasi. Namun, tidak termasuk pengganti Rio di kursi Manor, Esteban Ocon, yang tidak masuk daftar penerima gaji yang dilaporkan Sportune.fr.

2. Bisnis Stationery PT Solo Murni/ Kiky

Siapa sih yang nggak tahu alat tulis dengan merek KIKY? Tentu brand ini sudah sangat terkenal di dunia stationery. Tapi, siapa sangka bahwa Rio Haryanto menjadi salah satu sosok di belakang brand Kiky?

Alat tulis yang diproduksi oleh PT Solo Murni ini dimiliki oleh Sinyo Hartanto, yang tidak lain adalah ayah dari Rio Haryanto. Sebagai anak bungsu, Rio memiliki andil dalam mengurusi perusahaan keluarga tersebut.

Ditilik dari akun LinkedIn-nya, Rio Haryanto kini menjabat sebagai Direktur di PT Solo Murni (KIKY Creative Product). Ia sudah menjabat sejak 2017 hingga saat ini.

Menjabat di posisi yang penting, tentu Rio mendapatkan pundi-pundi yang tidak sedikit. Ia bahkan berupaya untuk mengembangkan perusahaan milik keluarganya ini agar sukses di pasar global. Semangatnya tersebut tertuang ke dalam video perusahaan KIKY di kanal YouTube KIKY Stationery.

3. Bisnis Kuliner Grandis Barn

Selain mengurusi bisnis keluarganya yang bergerak di bidang stationery atau alat tulis, Rio Haryanto juga menekuni bidang kuliner. Bisnis Rio Haryanto selanjutnya merupakan restoran bernama Grandis Barn yang berlokasi di Colomadu, Karanganyar.

Restoran Rio Haryanto tersebut menyajikan suasana alam yang asri dengan permainan outdoor yang cocok untuk anak-anak. Restoran ini pertama kali dibuka pada tanggal 16 Juli 2019 dan diresmikan langsung oleh Rio Haryanto.

4. Bisnis Kuliner Teakyard

Masih bergerak di bidang kuliner, bisnis Rio Haryanto selanjutnya juga berupa restoran dengan suasana alam di tengah hutan. Setelah Grandis Barn, pembalap tersebut juga membuka mediterranean restaurant yang diberi nama Teakyard.

Restoran Rio Haryanto yang satu ini masih berlokasi di sekitar Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya, di area halaman belakang Grandis Barn.

Memutuskan banting setir ke bidang kuliner, Rio Haryanto mengakui bahwa bisnis ini memang sangat menjanjikan karena makanan adalah kebutuhan primer manusia.

Nah, demikianlah sederet informasi terkait sumber kekayaan Rio Haryanto yang meliputi sederet bisnisnya di beberapa bidang.

Topik Terkait