img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb – Indonesia memiliki beberapa animator yang karyanya mendunia. Beberapa dari mereka berhasil ikut menjadi bagian yang mengerjakan projek-projek film yang namanya sudah terkenal. Salah satu animator asal Indonesia yang karyanya tidak kalah hebat adalah Sashya Subono. Akhir-akhir ini, namanya terdengar ke telinga masyarakat Indonesia setelah ikut ke dalam projek animasi dunia yang luar biasa. Film-film seperti Avatar: The Way of Water, She-Hulk, Hawkeye, Godzilla X Kong, dan beberapa projek Disney lainnya.

Kesempatan emas yang ia dapat saat bekerja di Weta FX, baru-baru ini adalah menjadi bagian dari salah satu animator yang dipercaya mengerjakan film Kingdom of The Planets of The Apes. Film ini menjadi film keempat dari seri reboot Planet of The Apes yang pertama kali pada 2001. Weta FX sendiri merupakan sebuah perusahaan efek visual dan animasi digital yang berbasis di Wellington, Selandia Baru.
Ketika ditanya melalui wawancara eksklusif bersama IntipSeleb, Sashya menjelaskan bahwa ia sudah memiliki keinginan yang tinggi menjadi seorang animator semenjak duduk di bangku kuliah.

Aku tuh pengen banget jadi animator dari jaman kuliah. Awalnya sih aku cuma ngikutin dari film-film yang aku tonton aja, karena kebetulan aku pun mengambil kuliah perfilman. Namun seiring berjalannya waktu, aku sadar bahwa itu bukan ranah yang aku suka. Akhirnya aku ngerasain kalau aku lebih suka duduk di belakang komputer," ungkap Sashya dalam wawancara eksklusif bersama IntipSeleb.

Kesadarannya akan bidang yang ingin ia geluti membuatnya mengambil D3 yang belajar tentang Video Post Production Editing dan Animasi. Ia juga mengungkapkan pada tahun 2008-2009 ketika lulus D3, Sashya jauh lebih tertarik dengan dunia animasi. Dengan segala ilmu yang ia miliki, ia melakukan freelance job dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1 di Middlesex University of London. Di sana, ia mempelajari Animasi jauh lebih dalam dari sebelumnya.

Saat belajar di sana, aku semakin lama semakin suka menganimate karakter, terutama wajah. Tapi, di waktu itu aku juga tetep ngambil kursus-kursus lain juga untuk menyempurnakan kemampuan aku di bagian lainnya. Jadi aku selalu belajar, gak terfokus pada bagian yang aku suka aja,” jelasnya.

Yakin Ingin Jadi Facial Animator

istimewa
Foto : istimewa
Topik Terkait