Foto : Jejakpiknik.com

IntipSeleb Gaya HidupPasar Sukawati merupakan tempat membeli oleh-oleh khas Bali yang populer di kalangan wisatawan Pulau Dewata. Tempat yang juga dikenal sebagai pasar seni ini terletak di Kabupaten Gianyar.

Jika memiliki kesempatan untuk berlibur ke Bali, memang tidak lengkap rasanya apabila belum berburu buah tangan untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dan oleh-oleh untuk orang terdekat.

Tak hanya dikenal di kalangan wisatawan lokal, tempat ini juga menjadi favorit para wisatawan mancanegara. Tidak mengherankan karena di sini Anda akan menemukan berbagai suvenir dan oleh-oleh yang sangat menarik.

Nah, untuk Anda yang sedang berencana untuk berlibur ke Bali, maka wajib mengetahui tentang Pasar Sukawati. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Taman Ayun, Mengintip Pesona Pura Peninggalan Kerajaan Mengwi

Mengenal Pasar Sukawati Bali

Foto : Ayojelajah.com

1. Daya Tarik Pasar Sukawati

Pasar Sukawati memiliki daya tarik yang kuat untuk para wisatawan, terutama bagi Anda yang punya hobi berbelanja dan suka dengan pernak-pernik khas Pulau Dewata.

Pasar ini menyediakan pilihan barang-barang yang sangat beragam. Ditambah lagi, harga yang ditawarkan juga terkenal murah.

Tak hanya untuk wisatawan yang senang berbelanja, jika hanya ingin cuci mata dan melihat-lihat pun tidak menjadi masalah karena ada banyak hal menarik yang dijajakan di pasar ini.

Beberapa oleh-oleh khas pulau Bali yang bisa ditemui di tempat ini di antaranya seperti layangan tradisional yang punya aneka corak dan warna, lukisan khas Bali, dan juga tas anyaman.

Ada pula berbagai pilihan baju, celana, dan kain sarung, perlengkapan upacara umat Hindu di Bali, bed cover dengan beragam desain, hingga sederet aksesoris untuk wanita.

Semua barang-barang itu terkenal dijual dengan harga yang murah. Namun, semua tetap bergantung pada seberapa bagus kualitas dari barang-barang tersebut. Semakin berkualitas tentu akan semakin mahal pula.

Karena Bali terkenal akan wisata baharinya yang banyak dan indah, di Pasar Sukawati pun Anda akan dapat menemukan banyak sekali baju, celana, hingga aksesoris tambahan lainnya untuk bermain ke pantai.

Tak hanya terkenal menjual berbagai pakaian dan aksesoris, Anda juga bisa menemukan deretan karya seni seperti lukisan di tampat ini.

Berbagai lukisan yang dijual pun terdiri dari beberapa jenis aliran seperti naturalis hingga abstrak. Harga yang ditawarkan pun beragam, biasanya sesuai dengan ukuran lukisan yang tersedia.

Saat membeli lukisan, Anda bisa memilih ingin membeli dengan bingkai atau tanpa bingkai. Namun, sebaiknya Anda membeli tanpa bingkai karena bingkai lukisan memiliki berat yang lumayan.

Terlebih lagi jika Anda datang ke Bali menggunakan pesawat terbang, maka berat barang bawaan yang bertambah mungkin akan cukup menyulitkan.

Sementara itu di area belakang Pasar Seni Sukawati, Anda dapat menemukan barang-barang tradisional lainnya seperti kipas tangan, dupa, hingga minyak alami khas Bali.

2. Tips Untuk Menawar Harga

Meski harga yang ditawarkan di Pasar Sukawati sudah termasuk terjangkau, namun Anda tetap boleh menawar harga jika dirasa nominal yang ditawarkan masih terlalu mahal.

Memang jika membandingkan harga barang-barang di Pasar Seni Sukawati dengan pasar lainnya seperti Pasar Seni Ubud dan Pasar Seni Kuta, harga yang Anda temukan di Pasar Sukawati jelas lebih murah.

Namun, tawar menawar saat berbelanja di pasar ini pun sudah jadi hal yang lumrah. Jika berhasil menawar dengan harga yang tepat, total harga barang yang Anda beli akan menjadi jauh lebih murah dibanding jika membeli di tempat lain.

Meski begitu, untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah, tentunya kemampuan menawar Anda juga harus baik dan trik untuk melakukan penawaran pun harus tepat. Selain itu, butuh kesabaran dan jangan mudah tersinggung saat menawar.

Salah satu tips yang bisa diterapkan agar sukses dalam melakukan penawaran harga adalah dengan datang di pagi hari saat pasar ini baru dibuka.

Orang Bali memiliki kepercayaan jika saat baru membuka tempat berjualan kemudian dagangan langsung dapat terjual, maka hal tersebut akan membuat dagangan mereka seluruhnya menjadi lebih mudah laris.

Jika Anda mampu datang di pagi hari sekitar pukul 06.30 WITA, maka aktivitas tawar menawar akan menjadi lebih mudah. Anda juga bisa menawar dengan lebih berani jika berhasil tiba saat Pasar Sukawati baru dibuka.

Alamat dan Jam Operasional Pasar Sukawati

Foto : Intiwhiz.com

1. Alamat dan Jam Operasional

Alamat dari Pasar Seni Sukawati terletak di Jalan raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Untuk jam operasionalnya sendiri, pasar ini buka mulai dari 6.00 hingga 18.00. Pasar Seni Sukawati buka setiap hari, sehingga tak masalah jika Anda datang di hari kerja atau hari libur.

2. Waktu Tempuh ke Pasar Sukawati

Waktu tempuh untuk menuju ke pasar ini berbeda-beda tergantung dari mana Anda berangkat. Apabila berangkat dari area Bandara Internasional Ngurah Rai, maka akan memakan waktu sekitar 50 menit dengan jarak kurang lebih 29 kilometer.

Jika berangkat dari tempat wisata Kuta Bali yakni dari Pantai Kuta, Anda akan menempuh jarak sekitar 28 kilometer dengan jaarak waktu tempuh kurang lebih 46 menit.

Kemudian bagi wisatawan yang berangkat dari kawasan tempat wisata Seminyak, jarak tempuhnya adalah sekitar 29 kilometer dan butuh waktu hingga 50 menit.

Sementara itu, jika Anda menginap di kawasan tempat wisata Ubud yang berdekatan dengan Monkey Forest Ubud, jarak tempuhnya adalah kurang lebih 14 kilometer dan waktu di perjalanan sekitar 25 menit.

Daftar Transportasi ke Pasar Sukawati

Foto : mytrip123.com

Transportasi paling ideal untuk menuju Pasar Sukawati adalah menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Akan tetapi jika tidak memiliki kendaraan pribadi, masih ada pilihan transportasi lainnya yang bisa dimanfaatkan, di antaranya seperti:

1. Sewa Sepeda Motor

Ada banyak tempat untuk menyewa sepeda motor di Bali sehingga Anda tak perlu khawatir akan kesulitan. Harga untuk penyewaan sepeda motor pun termasuk terjangkau, yakni sekitar Rp75.000/24 jam tanpa BBM.

2. Rental Mobil

Jika lebih suka menggunakan kendaraan roda empat, banyak tersedia juga rental yang menyewakan mobil kepada wisatawan. Menyewa mobil menjadi pilihan yang tepat jika Anda berlibur ke Bali bersama keluarga dan anak-anak.

Untuk penyewaan mobil sendiri pun ada dua jenis, yakni sewa mobil tanpa supir atau sewa mobil sekaligus dengan layanan supir. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

hanya saja, salah satu kelebihan menyewa mobil yang sudah termasuk supir adalah Anda tidak perlu lelah menyetir, tak perlu merasakan susahnya mencari parkir, dan mobil akan selalu dalam keadaan bersih.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai Pasar Sukawati Bali yang menjual berbagai suvenir dan buah tangan yang beraneka ragam. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menerapkan tips yang ada agar mendapat barang dengan harga lebih murah. Selamat berbelanja! (bbi)

Topik Terkait