Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

IntipSeleb Lokal– Tepat hari ini, pada 15 November 2022. Oki Setiana Dewi menjalani wisuda di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Kakak YouTuber Ria Ricis ini mengambil program studi doktor Ilmu Al-qur'an dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan berbasis Al-qur'an di Institut PTIQ Jakarta. Dibalik keberhasilannya, Oki Setiana Dewi sempat mengalami beberapa kendala. Penasaran? Simak ulasan berikut ini!

Kendala

Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Untuk menempuh gelar Doktor, menurut Oki Setiana Dewi bukanlah hal yang mudah. Pasalnya ada beberapa kendala yang ia alami.

"Dalam menjalani perkuliahan, tentu orang-orang hanya melihat ujung, hanya melihat hasil terus terang sama ini mengambil S2 (Sarjana) dari 2016, dengan punya empat anak tentu tidak mudah. perkuliahan S3 (doktor) yang pertama itu saya ambil di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, saya ngambil pengkajian islam jurusan dakwah itu menempuh waktu 4 tahun," cerita Oki Setiana Dewi saat jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 15 November 2022.



Dalam keterangannya. Hal utama menjadi kendalanya yakni soal putra-putrinya yang masih harus ia urusi.

"Nah kendala-kendalanya paling ini ya, gak mudah ya punya empat orang anak. Dan menyelesaikan perkuliahan itu bukan sesuatu yang mudah," papar Oki Setia Dewi.

Meski menyelesaikan S3 selama 6 tahun. Kendati demikian ia tak mempermasalahkannya, pasalnya Oki Setiana Dewi mengingat pesan dari almarhum ayahnya soal pendidikan.

"Kemudian S3 (doktor) ini tidak sebentar, karena fokus dengan kampus yang satu, kemudian banyak pekerjaan, banyak dakwah, ada anak -anak, ada pesantren jadi agak molor, jadi 6 tahun selesainya," ucap pemain film "Ketika Cinta Bertasbih" tersebut.

"Tapi yang saya ingat dari pesan almarhum papah, menyelesaikan apa yang kita mulai, walaupun waktunya agak lebih lama, tapi ya gapapa yang penting diselesaikan," lanjutnya.

Belajar di Malam Hari

Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati
Topik Terkait