img_title
Foto : Dreamstime

IntipSeleb –Doa massuk rumah serta doa keluar rumah hendaknya senantiasa diamalkan oleh seorang muslim. Karena Allah memerintahkan kita untuk senantiasa membaca doa setiap saat, agar kegiatan kita senantiasa diberkahi oleh Allah SWT.

Berdasarkan anjuran dari Rasullulah SAW, muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dalam setiap memulai aktivitas. Selain memohon perlindungan dan keselamatan, juga agar aktivitas yang dilakukan diridhai Allah SWT. Nabi SAW bersabda:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ.

,“Doa itu senjata orang mukmin, tiang agama, serta cahaya langit-langit dan bumi.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Abu Ya’la dan imam Al-Hakim dari sahabat Ali. R.A.

Manusia tak pernah lepas dari perkara bahaya, di manapun ia berada. Bahkan di rumah sekalipun. Sehingga dianjurkan bagi seorang mukmin untuk membaca doa dalam kegiatan apapun termasuk ketika hendak memasuki rumah. Hal ini dianjurkan karena memiliki beberapa keutamaan dan hikmah.

Selain itu, memasuki rumah juga ada adabnya. Berikut beberapa adab yang baik dilakukan ketika hendak masuk rumah, diantaranya yaitu:

  1. Mengetuk pintu terlebih dahulu
  2. Mengucapkan salam
  3. Membaca doa masuk rumah
  4. Masuk dengan mendahulukan kaki kanan

Sama hal nya dengan keluar rumah, Allah juga menganjurkan kita memakai adab. Berikut beberapa adab keluar rumah, yakni:

  1. Sholat dua rakaat sebelum keluar rumah
  2. Membaca doa keluar rumah
  3. Mengangkat pandangan ke atas ketika membaca doa keluar rumah
  4. Keluar rumah dengan kaki kanan lebih dahulu

Barang siapa yang mengikuti adab tersebut, niscaya Allah akan senantiasa melindungi dan memberikan barokah di setiap aktifitasnya. Tanpa berlama-lama lagi ini dia keutamaan dan doa ketika memasuki rumah serta keluar rumah.

Keutamaan Doa Masuk Rumah

Pinterest
Foto : Pinterest

Sesuai dengan ajaran islam, seorang mukmin dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Hal ini dimaksudkan agar memancarkan kebaikan dan manfaat bagi seorang mukmin. Ada banyak sekali keutamaan dan hikmah membaca doa memasuki rumah, yakni sebagai berikut:

.1. Terhindar dari gangguan setan

Membaca doa masuk rumah bisa menghindarkan kita dari gangguan setan, dari yang kita bawa selama perjalanan menuju rumah. Melalui Jabir bin ‘Abdillah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya : “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim no. 2018).

2. Perlindungan dari Allah atas Segala Bahaya

Memasuki rumah dengn membaca doa akan menghindarkan kita atas bahaya yang mengancam. Dalam suatu hadits diriwayatkan sebagai berikut:

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِى بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Artinya : “Dari Abu Malik Al Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR. Abu Daud no. 5096. Al Hafizh Abu Thohir).

3. Mendapatkan Keberkahan

Kita akan senantiasa mendapatkan berkah dalam berdoa. Allah menganjurkan kita untuk senantiasa memohon dan berdoa kepadaNya. Seperti yang Allah firmankan dalam surat An-Nur ayat 61:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Artinya : “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur: 61).

Selain dalam Al-Qur’an, diriwayatkan keberkahan doa memasuki rumah pada suatu hadits yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu-, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padanya,

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Artinya : “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” (HR. Tirmidzi no. 2698. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Namun Syaikh Al Albani merujuk pendapatnya dan menshahihkan hadits ini dalam Shohih Al Kalim 47).

Doa Masuk Rumah

Pinterest
Foto : Pinterest

Ketika masuk rumah, Rasulullah telah mengajarkan kita untuk senantiasa membaca doa serta mengucap salam. Tujuannya agar kita masuk ke rumah dalam hati yang lapang dan tidak membawa kotoran atau apapun dari luar ketika masuk ke rumah.

Doa dibacakan ketika kita mulai memasuki pagar atau sebelum membuka pintu rumah kita. Berikut doanya:

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Alloohumma Innii As-Aluka Khoirol Mauliji Wa Khoirol Makhroji Bismillaahi Wa Lajnaa Wa Bismillaahi Khorojnaa Wa ‘Alallohi Robbinaa Tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Ketika rumah sedang kosong, kita juga wajib memberi salam dan membaca doa. Salam ini ditunjukan untuk makhluk Allah yang lain yang juga tinggal di sana.

Sebab kita tidak bisa memungkiri jika kita hidup secara berdampingan dengan makhluk Allah lainnya. Berikut doanya:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“Assalaamu’alainaa Wa ‘Alaa ‘Ibaadillaahish Shoolihiina,”

Artinya: “Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang saleh.”

Doa Keluar Rumah

Freepik
Foto : Freepik

Doa keluar rumah dimaksudkan agar kita terhindar dari segala bahaya dengan meminta perlindungan Allah SWT. Kita tidak pernah tahu bahaya apa di luar sana, maka dari itu penting untuk kita bertawakal dan berdoa meminta perlindungan.

Berdoa memohon perlindungan baik berupa godaan setan, bencana, kejahatan manusia dan sebagainya Berikut doanya:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Itu dia doa masuk serta keluar rumah. Semoga sebagai umat muslim, kita semua dapat mengamalkannya sehingga senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Topik Terkait