• Jackson Wang

IntipSeleb – Kelakuan sasaeng atau penggemar fanatik membuat gerah selebriti. Tak hanya Korea, aktor tampan Xiao Zhan belum lama ini hingga harus minta maaf atas keterlambatan pesawat akibat ulah berlebihan penggemar.

Mereka biasanya memiliki karakter yang sama, menunggu di luar rumah, membuntuti mobil, menggunakan pesawat yang sama dengan idola mereka. Budaya idol China, hampir sama dengan di Korea Selatan dan Jepang. 

Sumber: Koreaboo

Penggemar penguntit atau sisheng (bahasa China) ini tak hanya jadi musuh bagi para idol, tapi juga penggemar waras lainnya. Sikap yang berlebihan akhirnya membuat idol semakin membatasi interaksi dengan penggemar, seperti Xiao Zhan yang akhirnya melarang ada penggemar di bandara baik untuk menjemput ataupun mengantar dirinya. Sebenarnya apa sih yang mereka pikirkan, apa yang memicu mereka melakukan tindakan nekat yang tentu saja membutuhkan biaya dan tenaga. 

Sebelumnya, kejadian tak menyenangkan juga menimpa Jackson Wang. Anggota boyband GOT7 ini bertanya pada penggemar yang sembunyi di belakang kamera. 

"Apa kamu yang membocorkan alamat rumahku?," sepertinya Jackson mengenali penggemar itu karena sudah mengikutinya cukup lama. 

Jatuh cinta berujung obsesi

BTS

Fenomena idol di Korea Selatan, penggemar hanyut dalam musik yang indah, wajah menarik dari para idol. Awalnya hanya jatuh cinta dengan idol, sementara lainnya jatuh pada obsesi. Seorang mantan sasaeng mengungkap semuanya. 

Seorang mantan sasaeng ini mengaku awalnya sama sekali tak tertarik pada musik K-Pop, tapi kemudian dia melihat video idol terkenal yang diambil oleh seorang penggemar, dan membuatnya jatuh cinta pada idol tersebut. 

Dia mulai berkutat dalam dunia penggemar penguntit ketika mendengar lagu saja tidak bisa memuaskan dia, dan dia mulai ingin adanya interaksi. Sampai suatu saat dia bertemu penggemar lain yang akan mengikuti idol di restoran, kafe, konser kemanapun mereka akan pergi. 

Jadwal sehari-hari mereka termasuk menunggu di luar kafe di seberang agensi para idol dan menemukan informasi tentang dimana para selebriti ini akan syuting, hanya agar bisa melihat sekilas mereka. Mantan sasaeng ini juga menyebutkan bahwa dia hidup seperti ini selama satu setengah tahun, bahkan berhenti sekolah agar bisa fokus menguntit. 

Tindakan tegas agensi

Sumber:Koreatimes

Skandal kencan idol yang bisa membuat penggemar kembali ke akal sehat mereka. Sementara penggemar seperti sasaeng ini bisa menyadari kesalahan mereka, agensi hiburan terpaksa melakukan tindakan tegas untuk menghalangi sasaeng, seperti membuat daftar hitam mereka yang tidak mau berhenti. 

Sayangnya, ini hanya bisa dilakukan ketika penggemar melakukan tindakan kriminal dimana polisi harus ikut andil. Belum lama ini, SM Entertainment mengumumkan sepasang sasaeng yang ditahan karena mencoba masuk ke studio Chanyeol. 

Mantan sasaeng ini juga menyebut bahwa sebenarnya hati mereka juga berat karena melakukan ini. Dan dia memberi peringatan pada semuanya yang menjadi penggemar sasaeng. 

"Tak peduli berapa banyak uang yang kalian habiskan, mengikuti orang itu, tidak akan ada yang berubah. Apa yang tidak berhasil, tidak akan pernah berhasil," ujarnya dilansir Asia One