• Yuqi SNH48, SUPERJUNIOR

IntipSeleb – Salah satu anggota idol grup SNH48 (Sanghai), Li Yuqi terjerat skandal plagiarisme lagu milik Super Junior berjudul Islands. Berawal dari unggahan video saat Yuqi menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa mandarin di salah satu platform digital. Wah, fatal banget nih!

Dinyanyikan saat ulang tahun​

Sumber foto: 38jiejie

Yuqi yang merayakan ulang tahunnya di bulan Maret lalu menyanyikan lagu Islands di pestanya. Namun sayang, cewek 26 tahun ini tidak mengisi kolom composer atau pencipta lagu di platform tersebut. Sementara pada kolom lirik ia menuliskan namanya sendiri. Tidak ada keterangan referensi sama sekali yang merujuk pada Super Junior sebagai pemilik lagu.

Alhasil, Elf, atau penggemar Super Junior lagngsung menyebut Yuqi sebagai plagiat. Banyak yang mengungkapkan kemarahan karena lagu grup idola kesayangan mereka dijiplak seperti itu.

Yuqi SNH48 Meminta maaf

Sumber foto: 38jiejie

Yuqi baru menyadari lagu yang diunggahnya menuai kecaman belum lama ini. Ia menjelaskan tidak ada niat plagiat sama sekali karena tidak menarik keuntungan atau mengambil nilai komersil dari video tersebut. Pelantun lagu Heavy Rotation tersebut mengaku senang saat menyanyikan lagu Super Junior sehingga membuat cover lagu Islands.

“Pertama-tama aku minta maaf karena itu kesalahanku. Aku tidak berhati-hati, seharusnya aku menulis nama penyanyi aslinya. Aku tidak terlalu bisa menggunakan platform digital ini, saat aku mengupload videonya aku melabeli sebagai cover. Sekali lagi ini kesalahanku, maaf,” tutur Yuqi dilansir dari 38jiejie pada Rabu, 6 November 2019.

Yuqi SNH48 lagi kuliah di luar negeri

Sumber foto: 38jiejie

Anggota tim SII SNH48 ini mengaku sangat kurang memahami urusan hak cipta. Saat ini Yuqi sedang kuliah di luar negeri dan tidak berniat untuk menjadi populer karena skandal ini. Dalam permintaan maafnya, Yuqi juga mengunggah tangkapan layar percakapan bersama temannya.

Dalam percakapan itu terlihat Yuqi tidak berniat untuk melakukan plagiarisme dan sangat menghargai karya Super Junior. Inilah mengapa Yuqi SNH48 menyanyikan kembali lagu Islands dalam bahasa Mandarin.