X

IntipSeleb – Donnie Yen begitu sukses memerankan karakter Ip Man, guru besar bela diri khususnya wing chun. Keberhasilannya ini membuat Donnie identik dengan nama Ip Man. Sehingga terkadang banyak orang yang hanya mengenalnya sebagai pemain Ip Man.

Namun siapa sangka, ayah tiga orang anak ini juga berhasil memerankan karakter dalam banyak film lainnya. Penasaran film Donnie Yen lainnya selain Ip Man. Berikut beberapa film Donnie Yen yang IntipSeleb rekomendasikan untuk kalian tonton.

Flash Point (2007)

Sumber foto: Wikipedia

Flash Point merupakan film yang memadukan kombinasi bela diri taekwondo, parkour, dan muay thai. Di sini, Donnie Yen bukan hanya berperan sebagai aktor namun aktor 56 tahun ini juga yang memproduseri dan menciptakan koreografi bela dirinya.

Film ini menceritakan tentang dua orang polisi bernama Jun Ma yang dimaikan Donnie Yen dan Wilson yang diperankan, Louis Koo. Mereka berusaha untuk menghancurkan pengedar narkoba yang dipimpin oleh tiga bersaudara Tony (Collin Chou), Tiger (Yu eXing) dan Archer (Ray Lui).

Atas aktingnya yang terbilang matang, Donnie Yen pun berhasil menyabet penghargaan di Hong Kong Film Awards dalam kategori Best Action Choreography

Dragon (2011)

Sumber foto: Pinterest

Film yang memiliki judul asli Wu Xia ini pertama kali diputar dalam pergelaran Cannes Film Festival. Sambutan hangat diterima dari penonton karena film tersebut dianggap memiliki kombinasi alur cerita yang rapih, akting yang mumpuni, serta adegan yang menegangkan.

Di film Dragon ini, Donnie Yen berperan sebagai Liu Jin Xi, seorang pembunuh kejam yang berusaha menyembunyikan diri dari masa lalu yang kelam ke sebuah desa kecil.  Akan tetapi, ia malah diincar oleh detektif bernama Xu Bai Jiu (Takeshi Kaneshiro) serta mantan guru bela dirinya.

Chasing the Dragon (2017)

Sumber foto: imdb

Chasing the Dragon merupakan film yang dibintangi Donnie Yen dengan Andy Lau. Di film ini, Donnie Yen berperan sebagai tokoh antagonis bernama Crippled Ho, seorang gembong narkoba yang sadis. Di mana awalnya, dia hanyalah imigran gelap dari Cina yang masuk ke Hong Kong di tengah banyaknya polisi yang korup.

Karakternya menjadi tokoh yang menonjol dengan keberaniaan serta kesetiaan pada persaudaraan. Poin tambahannya, dia adalah petarung yang tangguh dengan level tingkat tinggi di bidang kung fu. Lewat film ini, Yen mencoba membuktikan diri akan peningkatan kualitas aktingnya dalam sebuah film drama.

Big Brother (2018)

Sumber foto: imdb

Dalam film ini, Donnie Yen kembali menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai guru. Tapi bukan guru Bruce Lee, melainkan guru anak-anak yang memiliki metode pengajaran yang tidak biasa.

Film ini menceritakan Donnie Yen sebagai guru bernama Henry Chen Xia yang merupakan seorang mantan tentara. Dia pulang ke kampung halamannya di Hong Kong dan memilih mengajar di sekolah Tak Chi. 

Dia bukanlah guru biasa. Ini karena dia dapat melakukan apapun demi menjaga murid-muridnya yang sering melakukan kenakalan remaja. Suatu hari, muridnya disekap oleh kawanan geng jahat. Tidak tinggal diam, Henry melakukan perlawanan untuk mendapatkan muridnya.

Iceman: The Time Traveller (2018)

Sumber foto: imdb

Iceman: The Time Traveller mengusung genre action, comedy dan history. Melanjutkan cerita dari pedahulunya, film dibuka dengan set setelah peristiwa di Jembatan Tsing Ma. Di mana, He Ying yang diperankan oleh Donnie Yen dan Sao yang dimainkan Wang Baoqiang menghilang saat terjatuh ke laut.

Peristiwa itu langsung menarik perhatian banyak orang. Hal ini bahkan membuat May diikuti oleh paparazi. Dia pun menghindari wartawan dengan bersembunyi di rumah temannya. Di sisi lain, Yuanlong mengerahkan para polisi untuk mencari tahu keberadaan He Ying dan Sao.

Sleeping Dogs (Segera)

Setelah Ip Man, Donnie Yen akan disibukkan dengan promosi film yang diproduksi oleh Neal Moritz berjudul Sleeping Dogs. Film ini diangkat berdasarkan video game terlaris dari Square Enix dengan judul yang sama.

Donnie Yen akan berperan sebagai seorang polisi yang menyamar untuk membongkar salah satu organisasi kriminal terkuat dan berbahaya di dunia bernama Triads. Sayangnya, film ini belum menentukan tanggal resmi penayangannya. Namun dari sinopsisnya saja, film ini sudah menarik perhatian untuk ditonton.

Baca juga: Ip Man 4: The Finale Diboikot Demonstran Hong Kong