img_title
Foto : IMDb

IntipSeleb Asia – Film produksi India, karya sineasSushmit Ghosh dan Rintu Thomas berjudul Writing with Fire berhasil masuk dalam nominasi Oscar 2022. Film ini masuk nominasi kategori Film Dokumenter Terbaik. 

Sayangnya, film Writing with Fire ini belum bisa membawa piala karena film berjudul Summer of Soul yang berhasil membawa pulang Piala Oscar 2022 untuk kategori itu. Seperti apa kisah dari film Writing with Fire ini? Berikut artikelnya. 

Sulitnya Jurnalis Wanita di India

IMDb
Foto : IMDb

Film ini memuat gambaran kompleks soal susahnya jadi wanita di India. Masalahnya, India memuat banyak ketimpangan. Masih banyak jurnalis yang rumahnya belum dialiri listrik. Ketimpangan status antara pria dan wanita juga diperlihatkan pada film ini. 

Hal-hal seperti wanita karir pulang malam digunjing tetangga. Bahkan, rasa aman untuk perempuan adalah barang langka. Tak heran jika jelang pemilu, para kandidat yang menunggangi kendaraan parpol dicecar pertanyaan seputar maraknya kasus perkosaan yang hilang begitu saja di meja polisi hingga hakim.

Permasalahan-permasalah itu secara jelas dalam film Writing with Fire. Sehingga membuat film dokumenter ini menjadi lantang dalam menyatakan sikap. 

Topik Terkait