IntipSeleb – Jackson Wang harus menerima dampak gak enak karena dukungannya terhadap kedaulatan China. Penyanyi kelahiran Hong Kong ini terpaksa batal tampil di festival musik 88rising, Head in the Clouds yang diadakan di Los Angeles pada 17 Agustus 2019.

Pengumuman ini dibuat 88rising di akun Instagram @88rising satu malam sebelum konser. Alasan atas pembatalan mendadak itu karena situasi yang di luar kendali. 

“Akibat situasi tak terduga di luar kendali kami, Jackson Wang tidak akan bermain di Head in the Clouds Festival. Terima kasih atas dukungan terhadap Jackson saat ini,” tutur 88rising dalam pengumumannya.

88rising merupakan perusahaan media yang mengumpulkan musisi hiphop dari Asia didirikan oleh Sean Miyashiro. Beberapa anggotanya saat ini adalah dua musisi dari Indonesia, Rich Brian dan Niki, Higher Brothers, Joji, Keith Ape, serta Keith Ape.

Seharusnya, Jackson tampil di Head in the Clouds Festival bersama anggota 88rising dan juga iKon yang menjadi penyanyi istimewa.

Perubahan Jackson Wang

Sumber foto: Allkpop.com

Dilansir dari Allkpop, di masa awal debutnya, Jackson Wang dengan bangga memperkenalkan dirinya sebagai ‘Hong Kong Pride’ atau kebanggaan Hong Kong. Pelantun lagu Oxygen ini juga sering menggunakan bendera Hong Kong di baju yang dikenakan. Enggak hanya itu, Jackson juga menggunakan kode area Hong Kong yakni 852 dalam beberapa kesempatan termasuk nama akun Instagramnya @Jacksonwang852g7.

sumber foto: allkpop.com

Namun hal tersebut berubah sejak Jackson mulai melakukan promosi di China pada 2016. Saat konser di Amerika Selatan, Jackson juga terlihat menyelimuti dirinya dengan bendera China yang diberikan oleh fans dan berteriak, “Call me China Man.” Tindakannya tersebut menuai pujian dari penggemar China. 

sumber foto: allkpop.com

Di tengah ramainya aksi demo di Hong Kong terkait rencana Undang-undang ekstradisi, Jackson ikut dalam gerakan nasionalis China. Hal ini terlihat dari unggahan di akun Weibo miliknya. Kampanye nasionalis bernama CCTV itu menekankan tagline "The Five-starred Red Flag has 1.4 billion guardians", dan Jackson mengaku sebagai salah satu penjaga bendera China berbintang lima tersebut.

Konser GOT7 di Hong Kong Ditunda

Sumber foto: Allkpop.com

Diketahui, GOT7 akan menggelar konser di Hong Kong pada 31 Agustus dan 1 September 2019. Dilansir dari Allkpop, di Weibo sempat viral rencana untuk membakar bendera China di hadapan Jackson Wang atau bendera penuh darah. Jadwal penerbangan anggota GOT7 ke Hong Kong juga bocor di internet. Khawatir akan keselamatan anggota GOT7, khususnya Jackson, penggemar mendesak JYP Entertainment untuk membatalkan konser tersebut.

Hingga akhirnya JYP Entertainment membuat pengumuman untuk menunda konser bertajuk Keep Spinning in Hong Kong tersebut pada 16 Agustus 2019. Tindakan ini dilakukan terkait isu kemanan. Seluruh tiket yang sudah dibeli akan dikembalikan karena belum tahu kapan konser akan dijadwalkan ulang.