X

IntipSeleb – Disney beberapa tahun terakhir aktif membuat ulang animasi klasik menjadi film live-action. Perusahaan ternama yang berbasis di Amerika itu ingin mengulang kesuksesan film animasi sebelumnya yang diangkat ke live-action, seperti Cinderella, Beauty and the Beast dan The Lion King.

Kali ini, Disney ingin menciptakan box office lewat animasi klasik Mulan yang dirilis tahun 1998. Disney sengaja membuat film live-action  tersebut karena ingin menghormati kisah Mulan, seorang wanita Tionghoa yang menggantikan ayahhnya berperang dengan menyamar sebagai pria.

Meski dibuat ulang, Mulan versi live-action ini sebenarnya sangat berbeda dari animasinya. Mulai dari menghilangnya Mushu hingga banyak tambahan karakter baru. Penasaran? Berikut 6 perbedaannya yang dilansir dari Jaynestars, 6 Februari 2020.

Tidak ada Mushu

Sumber foto: Forbes

Perubahan terbesar dan mungkin paling kontroversial adalah penghapusan Mushu. Di versi animasi, Mushu diceritakan sebagai penjaga spiritual Mulan berbentuk naga kecil yang menemani Mulan sepanjang perang.

Mushu pun bisa dibilang sebagai favorit para penggemar. Tapi seorang sumber mengatakan kalau peran Mushu akan digantikan oleh Phoenix, yang lebih sesuai dengan mitos tradisional Tiongkok.

Shan Yu digantikan dua penjahat baru

Mulan Live Action
Sumber foto: Jaynestars

Penjahat utama dalam animasi Mulan 1998, Shan Yu, yang diceritakan sebagai pemimpin pasukan Hun juga digantikan dengan dua penjahat baru. Mereka adalah penyihir dengan kekuatan magis yang dimainkan oleh Gong Li bernama Xian Lang, dimana dia bekerja sama dengan Bori Khan yang diperankan oleh Jason Scott Lee.

Bori adalah seorang prajurit Hun dari utara yang punya rencana untuk menguasai wilayah selatan. Kemampuan lain yang dimiliki Gong Li adalah mampu berubah menjadi seribu elang, seperti yang terlihat dalam trailer.

Pemeran utama pria baru

Sumber foto: Jaynestars

Di versi animasi, pemeran utama pria dan cinta Mulan adalah Li Shang, seorang jenderal muda yang memimpin pasukan yang diikuti Mulan. Tapi nanti dalam live-action, karakter itu akan digantikan oleh karakter baru, Chen Honghui yang diperankan aktor pendatang baru asal Selandia Baru, Yoson An.

Beredar rumor yang mengatakan kalau Chen Honghui jatuh cinta pada Mulan sebelum menyadari kalau dia seorang wanita. Hal ini menyiratkan kalau peran yang dimainkan Yoson An merupakan seorang biseksual.

Mentor baru

Sumber foto: Jaynestars

Alih-alih dipimpin ayah Li Shang seperti dalam film aslinya, pasukan Mulan dalam live-action nantinya akan dipimpin karakter baru bernama Komandan Tung yang diperankan oleh Donnie Yen. Menurut sumber, Donnie juga akan bertindak sebagai mentor Mulan.

Donnie Yen sebelumnya ragu menerima tawaran Disney untuk peran tersebut karena kesibukannya dalam film-film Ip Man dan proyek lainnya. Tapi karena tersentuh dengan ketulusan Disney yang rela mengubah jadwal syuting untuk menyesuaikan jadwal Donnie Yen, akhirnya dia setuju untuk bergabung.

Adik baru

Sumber foto: Disney Wiki – Fandom

Dalam versi live-action ini juga ada tambahan karakter adik perempuan Mulan yang dimainkan oleh aktris Cina-Vietnam, Xana Tang. Padahal dalam versi animasi, Mulan diceritakan sebagai anak tunggal. Tapi dengan penambahan karakter adik ini dinilai lebih dekat dengan sosok legendaris Mulan, yang memang memiliki saudara kandung.

Kaisar yang lebih agresif

Sumber foto: Jaynestars

Di animasi Mulan 1998, sang kaisar dinilai ramah, menjaga dan juga tenang. Tapi dalam film remake ini, kaisar digambarkan jauh lebih agresif dan memerintah. Peran itu sendiri akan dimainkan oleh aktor laga, Jet Li. Rencananya, film yang disutradarai Niki Caro ini akan tayang perdana di Amerika Serikat pada 27 Maret 2020 mendatang.

Jadi enggak sabar, nonton versi live-action dari Mulan.

Baca juga: Keren! Trailer Baru Mulan Live Action: Donnie Yen Jadi Komandan Perang