img_title
Foto : Google Arts & Culture

ThailandLakorn Takdir Cinta yang tayang di ANTV mengambil Kota Bersejarah Ayutthaya yang terletak di Thailand tengah. Tempat ini dahulu merupakan bagian dari Kerajaan Siam yang sangat maju dan berbudaya.

Kini Ayutthaya pun masih menjadi incaran wisatawan karena terdapat banyak peninggalan kerajaan yang menarik dan langka. Seperti apa sejarah Ayutthaya yang dahulu jadi pusat perkotaan dan perdagangan terbesar?

Sejarah Ayutthaya

UNESCO Bangkok
Foto : UNESCO Bangkok

Melansir laman UNESCO, Kota Bersejarah Ayutthaya didirikan pada tahun 1350, dan merupakan ibu kota kedua Kerajaan Siam. Kota ini berkembang pesat dari abad ke-14 hingga ke-18, menjadi salah satu daerah perkotaan terbesar dan paling kosmopolitan di dunia serta pusat diplomasi dan perdagangan global.

Ayutthaya terletak strategis di sebuah pulau yang dikelilingi oleh tiga sungai yang menghubungkan kota ini ke laut. Lokasi ini dipilih menjadi ibu kota karena terletak di atas pasang surut Teluk Siam pada saat itu, sehingga mencegah serangan kapal perang laut dari negara-negara lain. Lokasi ini juga membantu melindungi kota dari banjir musiman.

Kota ini diserang dan dihancurkan oleh pasukan Burma pada tahun 1767 yang membuatnya terbakar hingga habis dan memaksa penduduknya meninggalkan kota.

Topik Terkait