img_title
Foto : Lifestyleasia

JepangAnime telah merambah setiap genre, baik itu fiksi ilmiah, horor, thriller psikologis, romansa, atau komedi. Konon, beberapa serial anime terhebat sepanjang masa merupakan drama dengan jalan cerita dan tragedi paling menyedihkan.

Dari rasa sakit karena cinta tak berbalas hingga kisah kehilangan, dunia anime kaya dengan cerita yang menyentuh hati dan meninggalkan dampak abadi. Sedemikian rupa sehingga bahkan individu dengan ketahanan emosional yang tinggi pun mendapati diri mereka menitikkan air mata saat menonton serial anime dan film paling menyedihkan.

Jadi, jika kamu ingin menangis, berikut adalah beberapa rekomendasi anime paling sedih dan memilukan yang akan membuatmu boros tisu dan merenungkan indahnya hidup dirangkum dari Lifestyleasia.

Clannad: After Story

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 8.6/10

Sutradara: Tatsuya Ishihara

Pengisi suara: Yuuichi Nakamura, Nagisa Furukawa, Kyou Fujibayashi

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Ya

Clannad: After Story adalah sekuel dari serial anime terkenal Clannad, di mana Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa menghadapi tantangan masa dewasa bersama setelah lulus SMA. Tomoya berjuang menemukan jalan hidupnya, namun akhirnya menyadari pentingnya kerja keras dan menemukan kekuatan dalam dukungan tak tergoyahkan dari Nagisa.

Saat mereka menghadapi hambatan pribadi, memperkuat hubungan yang ada, dan membentuk koneksi baru, dedikasi dan tujuan bersama mendorong mereka maju.

Plot animenya berubah menjadi menyedihkan di paruh kedua, jadi persiapkan dirimu untuk rollercoaster emosional yang menyayat hati. Clannad: After Story adalah anime mengharukan yang tidak boleh dilewatkan jika kamu menginginkan pengalaman yang benar-benar mengharukan.

Your Lie in April

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 8.5/10

Sutradara: Kyohei Ishiguro

Pengisi suara: Natsuki Hanae, Risa Taneda, Ayane Sakura

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Ya

Your Lie in April merupakan salah satu dari sekian banyak serial anime populer yang terkenal dengan akhir yang menyedihkan. Musik dan kesedihan adalah elemen kunci dalam serial ini. Layaknya komposisi musik yang menawan, alur liris acaranya membuatmu terpaku, berakhir sebelum yang kamu harapkan.

Kousei Arima adalah mantan pianis anak ajaib, yang tidak dapat mendengar suara permainan pianonya, setelah kematian ibunya. Kousei mengembangkan suatu kondisi yang dikenal sebagai gangguan psikogenik atau konversi, yang memanifestasikan gejala fisik.

Seiring berjalannya serial ini, kita melihat perjuangan Kousei dengan kesedihan dan hambatan psikologis yang menghalanginya untuk terhubung kembali dengan kecintaannya pada musik.

Violet Evergarden

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 8.4/10

Sutradara: Haruka Fujita

Pengisi suara: Yui Ishikawa, Aya Endô, Takehito Koyasu

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Ya

Rekomendasi anime paling sedih selanjutnya adalah Violet Evergarden. Berlatar belakang perang yang baru saja berakhir, Violet Evergarden berkisah tentang seorang mantan tentara yang berjuang untuk berintegrasi kembali ke kehidupan sipil karena trauma masa lalu dan pelepasan emosi setelah perang.

Dia bekerja sebagai Auto Memory Doll, menulis surat untuk orang lain yang kesulitan mengekspresikan emosinya. Saat dia membantu orang lain menyampaikan perasaan mereka melalui tulisannya, dia mengungkap emosinya untuk mulai melakukan penyembuhan.

Violet Evergarden adalah anime yang berdampak secara emosional, membangkitkan kesedihan yang mendalam dan banyak orang menganggap serial ini sebagai salah satu dari sedikit anime yang membuat mereka benar-benar terpukul dengan kesimpulannya.

Anohana: The Flower We Saw That Day

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 8.2/10

Sutradara: Tatsuyuki Nagai

Pengisi suara: Miyu Irino, Ai Kayano, Haruka Tomatsu

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Tidak

Anohana: The Flower We Saw That Day mengeksplorasi tema kehilangan seseorang dan proses move on darinya. Pada intinya, hal ini menekankan pada fakta bahwa setiap orang mengatasi kehilangan dengan cara mereka yang berbeda.

Anime ini merangkum sentimen ini dengan sempurna, menciptakan dampak jangka panjang yang pasti akan membuat Anda merasa hancur.

Jinta Yadomi menjalani kehidupan terpencil, menghindari sekolah dan menghabiskan hari-harinya bermain video game di rumah. Suatu hari, mendiang teman masa kecilnya, Meiko 'Menma' Honma, muncul kembali dan memintanya untuk memenuhi keinginannya yang terlupakan.

Meskipun kegigihannya, Jinta tetap acuh tak acuh karena dia menganggap dia sedang berhalusinasi. Akhirnya, dia menyadari hantu Menma memang ada dan nyata.

Saat Jinta dan teman masa kecilnya bersatu kembali untuk membantu Menma menemukan kedamaian, mereka harus menghadapi rasa sakit dan rasa bersalah di masa lalu.

Tokyo Magnitude 8.0

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 7.8/10

Sutradara: Masaki Tachibana

Pengisi suara: Satomi Hanamura, Yumiko Kobayashi, Yûko Kaida

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Tidak

Seperti namanya, Tokyo Magnitude 8.0 menggambarkan bencana gempa bumi yang melanda Tokyo dan meninggalkan dampak jangka panjang bagi pemirsanya karena fokusnya pada bencana alam. Anime ini menggambarkan emosi manusia dan situasi realistis, menghasilkan gambaran yang menyayat hati setelah gempa bumi.

Mirai Onozawa dan adik laki-lakinya Yuuki sedang menghadiri pameran robot di Odaiba ketika gempa bumi dahsyat melanda wilayah Kanto, membuat kedua anak tersebut tidak berdaya saat mereka menyaksikan dampak bencana bencana alam terhadap kota tersebut.

Setelah kejadian itu, mereka bertemu Mari Kusakabe, seorang ibu tunggal dan pengendara sepeda motor, yang memutuskan untuk membantu adik-adiknya.

Untuk kembali ke rumah mereka dan bersatu kembali dengan keluarga mereka, kelompok tersebut memulai perjalanan yang menantang dan sulit melalui kota yang hancur.

Orange

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 7.6/10

Sutradara: Ichigo Takano

Pengisi suara: Micah Solusod, Jeannie Tirado, Jason Liebrecht

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Ya

Orange mengungkap salah satu kisah paling menyentuh hati di dunia anime, berlatarkan sekolah menengah. Meskipun anime ini mungkin tidak terlalu menyayat hati seperti anime lainnya dalam daftar, anime ini dipenuhi dengan alur cerita yang penuh gairah yang juga dapat menimbulkan perasaan melankolis.

Naho Takamiya, seorang siswa sekolah menengah menerima surat dari dirinya di masa depan, memperingatkan dia tentang penyesalan yang akan dia alami jika dia tidak mengubah tindakannya.

Surat tersebut berfokus pada interaksi Naho dengan murid pindahan baru bernama Kakeru Naruse. Saat Naho dan teman-temannya menerima lebih banyak surat dari diri mereka di masa depan, mereka mengetahui perjuangan Kakeru melawan depresi dan peran yang mereka mainkan dalam hidupnya.

Serial ini menggambarkan gejolak emosi Kakeru dan tantangan yang dia hadapi.

Angel Beats!

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 7.6/10

Sutradara: Seiji Kishi

Pengisi suara: Hiroshi Kamiya, Harumi Sakurai, Kana Hanazawa

Jumlah musim: 1

Berdasarkan manga: Ya

Rekomendasi anime paling sedih selanjutnya adalah Angel Beats! Anime ini berlatarkan sebuah sekolah menengah atas di akhirat, di mana individu yang menghadapi tantangan dalam hidup perlu menyelesaikan masalah tersebut sebelum melanjutkan ke tahap reinkarnasi berikutnya.

Selain populer karena visualnya yang menarik dan alur cerita yang menyayat hati, serial anime ini dimulai dengan unsur komedi ringan namun dengan cepat beralih ke nada yang lebih serius.

Setelah terbangun di akhirat, Yuzuru Otonashi bertemu Yuri Nakamura, seorang gadis bertekad yang menyampaikan undangan kepadanya untuk bergabung dengan Shinda Sekai Sensen (SSS) atau Front Pertempuran Akhirat. Organisasi yang dipimpin oleh Yuri ini bertujuan untuk memerangi Tuhan karena kesulitan yang mereka alami di kehidupan sebelumnya.

Satu-satunya musuh SSS adalah Angel, Ketua OSIS sekolah mereka yang menawan, yang memiliki kemampuan luar biasa. SSS sangat percaya bahwa Malaikat terhubung dengan Tuhan.

Plastic Memories

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Rating IMDb: 7.3/10

Sutradara: Yoshiyuki Fujiwara

Pengisi suara: Yasuaki Takumi, Sora Amamiya, Chinatsu Akasaki

Jumlah musim: 1 Berdasarkan manga: No

Rekomendasi anime tersedih selanjutnya adalah Plastic Memories. Plastic Memories adalah perpaduan antara fiksi ilmiah, kesedihan, dan bahkan AI, yang melibatkan perubahan besar pada genre tipikal irisan kehidupan.

Tsukasa Mizugaki bergabung dengan Sion Artificial Intelligence Corporation, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam pengembangan “Giftias”—android canggih yang sangat mirip dengan manusia. Giftias memiliki umur terbatas yaitu 81.920 jam (sekitar sembilan tahun empat bulan). Tsukasa ditugaskan ke Terminal Service One, sebuah divisi yang bertanggung jawab mengambil Giftia yang telah mencapai akhir masa pakainya untuk mencegah kehilangan ingatan dan agresi.

Setelah bergabung dengan Terminal Service One, Tsukasa dipasangkan dengan Isla, seorang Giftia terampil yang dikenal karena keahliannya dalam pengambilan Giftia. Segera, dia mulai jatuh cinta padanya, membuat situasinya semakin rumit.

Nah, demikianlah sederet daftar rekomendasi anime paling sedih yang bisa kamu tonton di sela-sela kesibukanmu. Eits, jangan lupa siapkan tissu ya, Inselicious!

Topik Terkait