X

IntipSeleb – Film Hollywood seringkali mendominasi bioskop-bioskop Indonesia. Namun, tak sedikit pula film barat dilarang tayang di Tanah Air. Terlalu vulgar, sensitif soal agama, hingga dianggap menghina merupakan beberapa faktor penyebab film barat dilarang di Indoensia.

Film-film Hollywood yang dilarang antara lain Fifty Shades of Grey (dibintangi Dakota Johnson) hingga Noah (dibintangi Emma Watson). Selain film tersebut, masih banyak film-film barat yang dilarang tayang di Indonesia. Apa sajakah itu? Yuk ulik satu per satu.

Max Havelaar (1976)


Sumber foto: Steemit

Max Haveelar mengisahkan kehidupan Indonesia saat dijajah oleh Belanda. Dalam film yang dibintangi Peter Faber, terdapat beberapa nama khas Indonesia seperti Rima Melati dan Maruli. Melansir Steemit, film Max Haveelar sempat tayang di bioskop Indonesia beberapa hari. Namun, Pemerintah Orde Baru memutuskan untuk melarang film tersebut.

The Year of Living Dangerously (1982)


Sumber foto: IMDB

Tak jauh berbeda dengan Max Haveelar, The Year of Living Dangerously menimbulkan perdebatan di Indonesia. Pasalnya, film ini menampilkan latar waktu kericuhan tahun 1965. Film ini dilarang karena dianggap menghina kepemimpinan Soekarno Presiden ke-1 Indonesia. Namun, larangan ini kemudian dilarang pada tahun 1999.

Schindler’s List (1993)

Berita Terkait :

Saksikan Juga